tokoternak.com

tempatnya beternak

Tips Ternak Bebek Petelur

Tips Ternak Bebek Petelur – Beternak itik kering cara yang tepat untuk pemula – Bisnis peternakan itik merupakan salah satu bisnis yang menarik, apalagi jika dipelihara secara intensif dan dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan.

Hingga saat ini, bebek yang suka berada di air, seperti bebek teal dan mustard, membutuhkan banyak ruang. Karena beternak itik yang bertelur dengan cara tradisional melibatkan kolam tempat kita berada.

Tips Ternak Bebek Petelur

Tips Ternak Bebek Petelur

Biasanya, bebek berdiri dibesarkan di masyarakat pedesaan. Namun, peternakan itik saat ini sedang meningkat di daerah perkotaan. Perbedaannya adalah bagaimana Anda menanamnya. Penduduk desa secara tradisional memelihara itik bertelur di ladang sempit atau kandang darurat dan merumput di sawah kosong atau yang baru dipanen. Sedangkan di perkotaan digunakan cara beternak itik yang modern, dengan peralatan yang modern dan pemeliharaan yang intensif seperti kandang itik tanpa tangki air.

Ternak Bebek Petelur Sistem Baterai

Sistem ini biasa disebut dengan bebek kering berdiri atau bebek berdiri kering. Hal ini sesuai dengan kondisi perkotaan dengan lahan yang kecil dan tentunya tidak jauh dari pemukiman, sehingga tujuannya untuk menghindari pencemaran bau jika digunakan peternakan itik kering atau tanpa air.

Tak heran jika peternak memilih sistem budidaya itik tanpa air. Ada banyak hal yang mendukung pemeliharaan itik asap kering atau sistem peternakan itik kering tersebut. Sistem penjemuran ini sering disebut sebagai usaha atau bebek berdiri tanpa air. Peternak itik molting tanpa menggunakan air juga termasuk, pada prinsipnya, sistem bertelur tanpa oosit. Nah, jika kedua sistem beternak dan beternak itik digabungkan, maka akan menjadi itik atau pembibitan itik yang intensif. Ini berarti mengawinkan bebek yang mengalir bebas dan bebek yang bertelur tanpa air, tanpa bebek yang berdiri.

Keuntungan memelihara itik pemijahan secara intensif tanpa air dan air bebas adalah sebagai berikut. 1. Produktivitas telur tinggi.

Manfaat pertama dari menjaga itik bebas dari angon dalam sistem pengeringan adalah produktivitas telur yang lebih tinggi. Karena bebek akan fokus pada mangsa eksklusifnya di dalam kandang. Ini juga memastikan kesehatan dan keselamatan bebek, dan biaya pemeliharaan bebek lebih rendah. Memelihara kandang kering yang bertelur dan memelihara itik bebas gonad menghasilkan 203 butir telur per ekor per tahun. Di sisi lain, dengan menggunakan sistem yang ada dengan lumbung dan tambak, produktivitas telur hanya 80 butir per orang per tahun. Bukankah itu jauh dibandingkan? Oleh karena itu, cara beternak bebek atau janggut kering lebih menguntungkan dibandingkan dengan cara tradisional.

Tips Agar Itik Petelur Bertelur Setiap Hari

Cara bertelur itik di kandang kering adalah cara memelihara itik dalam sistem kandang. Bebek tidak merumput untuk mencari mangsanya sendiri, melainkan menyimpannya di kandang. Ini karena makanan dan minuman disajikan di dalam kandang. Kebutuhan akan sumber makanan juga terjamin, karena makanan disediakan dengan hati-hati dan sesuai rencana. Dibandingkan dengan Kepulauan Angon, itik memakan sisa makanan yang tidak bisa mereka makan setiap hari karena makanannya bergantung pada saat padi dipanen di ladang.

Selain itu, residu zat tersebut dapat meracuni itik dan menyebabkan kematian akibat pestisida yang dioleskan ke sawah. Dengan sistem tambak dan agon, pertumbuhan itik berlangsung lebih lama dibandingkan dengan itik kering dan kandang (tanpa angon). Di sisi lain, tanpa sistem kering dan aliran bebas, tidak ada permainan kandang atau kolam renang. Hal ini untuk memastikan bahwa energi tidak terkuras dan cukup digunakan untuk bertelur.

Dengan pemberian pakan yang teratur dan perawatan yang tepat, itik dapat bertelur pada usia 6 bulan, bahkan tanpa ayam jantan. Telur yang dihasilkan steril (tidak berbiji) dan tidak dapat menetas, sehingga telur hanya layak untuk dikonsumsi. Jika tujuan pemeliharaan adalah untuk menghasilkan telur reproduktif, maka perlu untuk mempertahankan jantan.

Tips Ternak Bebek Petelur

Disarankan agar pejantan membuahi hingga 6 ekor itik betina untuk menghasilkan telur tetas yang baik. Karena mereka takut sel telur yang telah dibuahi akan menyusut. Juga, sistem teknis tidak dapat dikunci di dalam kandang, tetapi turun ke air untuk memungkinkan kawin secara alami.

Analisis Usaha Ternak Bebek Petelur Dari Anakan Sampai Panen

Untuk cara beternak itik yang baik atau beternak tanpa air, salah satu hal yang perlu diperhatikan selain modal awal untuk beternak itik adalah kandang.

Kekhawatiran terbesar saat memelihara bebek di kandang atau di tanah kering adalah kandang. Terkadang, pembiakan itik secara intensif membutuhkan persiapan yang matang. Obat-obatan ini termasuk:

Sarang bebek dapat ditemukan di pohon, daerah berbatu, atau dekat pantai yang dilindungi oleh rumput, di pegunungan. Namun, Anda tidak bisa memelihara bebek di tempat yang ramai atau bising, sehingga membuat suasana menjadi ribut dan ribut. Bebek tidak mau bertelur karena mudah stres. Kandang bebek juga tidak boleh terlalu dekat dengan pemukiman, karena bebek biasanya memiliki bau yang menyengat.

Untuk membangun kandang yang intensif, Anda bisa menggunakan bahan yang murah namun tahan lama. Salah satunya adalah bambu yang cukup tua. Bambu dapat digunakan untuk rangka bangunan, pagar dan lantai. Cara membuat kandang bebek dari bambu sangat sederhana. Atapnya bisa dari alang-alang, ijuk, jerami, genteng, plastik daur ulang atau bahan lainnya. Selain bambu, bagian bawah kandang bisa berupa tanah biasa, semen atau batu. Selain itu, bagian bawah kandang harus ditutup dengan jerami, kulit kayu, serbuk gergaji atau kotoran lainnya.

Tips Membangun Bisnis Bebek Yang Etikal Dan Profitable

Dengan sistem kering bebas, tidak perlu menambahkan kolam di sekitar kandang kecuali saat telur itik menetas.

Salah satu perlengkapan yang harus dimiliki dalam kandang adalah tempat menyimpan makanan dan minuman, yang bisa terbuat dari bahan seperti kayu atau plastik, dan tidak perlu membangun kolam jika tujuan peternakan adalah untuk makan telur. .

Ini termasuk orientasi dan luas kandang agar sesuai dengan volume yang akan dikumpulkan. Karena bebek tidak boleh diganggu. Bebek merupakan hewan ternak yang mudah dikejutkan dan dikejutkan oleh bebek yang bertabrakan atau kawin. Selain itu, kandang yang terlalu sempit dapat dengan cepat menjadi becek dan mempengaruhi kesehatan itik. Sebaliknya, jika kandang terlalu lebar, bebek bergerak terlalu bebas.

Tips Ternak Bebek Petelur

Aliran udara di dalam kandang harus lancar. Untuk menjaga kondisi tersebut, tinggi kandang minimal harus 2 meter. Selain itu, dengan ketinggian tersebut, peternak tidak perlu membungkuk saat membersihkan kandang atau melakukan aktivitas lain di dalam kandang.

Cara Membuat Pakan Bebek Bertelur

Dinding kandang tidak tertutup rapat dengan dinding atau bahan lain. Disarankan agar dinding tertutup hanya naik 60 cm dari lantai, biarkan sisanya terbuka dan cukup tutupi dengan kawat atau lembaran bambu. Akibatnya, banyak energi yang terbuang, yang dapat menurunkan produksi telur.

Tergantung pada lahan yang tersedia dan selera Anda, Anda dapat menyesuaikan bentuk kandang bebek kering. Umumnya, peternak tetap menempatkan itik di kandang pos dan kandang baterai. Jika Anda menggunakan kandang surat, Anda akan mendapatkan telur di bagian bawah kandang saat panen tiba. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat sistem tiang kandang bebek adalah bambu. Tapi ingat, dalam sistem penangkaran intensif Anda tidak perlu menambahkan kolam di dekat kita. Bebek berdiri cukup untuk dipelihara di kandang.

Contoh kandang itik bersarang yang baik yang dapat digunakan selain kandang pos adalah sistem baterai bebek bertelur. Kandang ini berbentuk persis seperti induk ayam yang bertelur, dan dibuat dengan menyusun kandang-kandang kecil berjajar. Kandang ini bisa terbuat dari bambu atau kawat. Lantai dibuat sedikit miring agar telur yang dihasilkan mengkilat.

Idealnya, satu ekor itik dewasa diberikan seluas 0,25 m2. Artinya setiap 1m2 kandang berisi 4 ekor itik. Misalnya ukuran kandang bebek 100, jadi luas kandang sekitar 100:4 = 25m2. Rumusnya adalah:

Cara Ternak Entok Di Belakang Rumah Untuk Pemula. Kaya Khasiat!

Lalu bagaimana dengan itik pedaging? Bisakah Anda melakukannya dengan sistem perawatan intensif? Jawabannya tentu saja bisa. Anda bisa membuat bebek pedaging tanpa air. Pembibitan itik pedaging dalam sistem kering atau intensif sama dengan itik berdiri yang dipelihara hanya dalam keramba tanpa kolam.

Perawatan juga harus diambil ketika memilih benih. Hal ini dikarenakan benih merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha peternakan. Hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bibit yang baik antara lain membeli bibit dari sumber terpercaya. Atau, Anda dapat membeli telur tetas dan menetaskannya, tetapi lebih berbahaya jika Anda tidak memiliki pengalaman menetas. Jadi mendapatkannya langsung dari breeder atau hatchery adalah pilihan terbaik Anda. Tidak perlu bingung mencari itik pemijahan dan ayam pedaging yang berkualitas. Kami menyediakan bibit bebek berkualitas tinggi dan siap dikirim ke lokasi manapun di Indonesia.

Merawat seorang DOD harus teliti dan kerja keras. DOD yang baru menetas harus dipuasakan selama kurang lebih dua hari. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan sistem pencernaan. Saat berpuasa, DOD tidak kelaparan atau mati karena ada sisa makanan di dalam tubuh.

Tips Ternak Bebek Petelur

Penerapan sistem penaburan itik intensif dengan keramba kering dapat mencapai hasil yang maksimal.

Tips Beternak Bebek Untuk Pemula Ala Natura

Pada hari ketiga, kami mulai menyiapkan bebek. Jika bagian bawah kandang terbuat dari bambu, Anda dapat melakukannya dengan menutup kandang dengan karung atau tikar lainnya (agar makanan tidak jatuh ke tanah). Kemudian tiriskan dan sebarkan beras yang sudah ditiriskan ke dalam air. Kemudian anak ayam akan melompat dan memakannya. Saat bulir habis, tambahkan nasi lagi dan teruskan sampai bebek terasa kenyang (tidak ada lagi yang mati).

Pelatihan berlangsung setiap hari selama sekitar 10 hari. Setelah itu, anak itik diberi makan dan diperas dari konsentrat yang direndam air. Saluran dapat bertipe BR.

Updated: August 13, 2022 — 10:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

tokoternak.com © 2022