tokoternak.com

tempatnya beternak

Tips Ternak Kambing

Tips Ternak Kambing – Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya ingin mengajak anda untuk mengulas tentang peluang bisnis peternakan kambing, apa saja prospek bisnis di dalamnya dan bagaimana anda bisa memikirkan bagaimana memulai peternakan kambing.

Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang memiliki ciri-ciri sedang, kambing merupakan hewan ruminansia yang artinya kambing dapat mengunyah makanan hampir 24 jam sehari kecuali saat sedang tidur. Selain digunakan dalam daging kambing, diketahui juga bahwa susu dapat digunakan.

Tips Ternak Kambing

Tips Ternak Kambing

Daging kambing merupakan bahan makanan utama dalam berbagai jenis olahan di Indonesia. Selain itu, kambing memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran.

Ternak Kambing Etawa Pemula Yang Menguntungkan

Daging kambing merupakan sumber makanan yang memiliki berbagai macam nutrisi dan vitamin yang baik untuk pencernaan tubuh manusia. Dan juga jumlah peminat daging kambing terus meningkat dari waktu ke waktu.

Kambing memiliki prospek yang menjanjikan karena tingginya permintaan daging kambing terutama menjelang hari raya idul fitri dan juga idul adha atau hari raya kurban dimana kambing menjadi salah satu hewan kurban yang banyak diminati.

Proses beternak kambing sebenarnya tidak sulit, apalagi jika Anda tinggal di lingkungan desa yang masih banyak terdapat pakan alami untuk kambing peliharaan berupa rumput hijau. Namun untuk memaksimalkan usaha peternakan kambing Anda, ada beberapa fasilitas yang harus Anda sediakan, antara lain:

Kandang merupakan tempat tinggal yang di berikan untuk proses pembibitan kambing nantinya, di dalam kandang ini akan dilakukan pemberian pakan sehingga penting untuk membuat kandang yang baik agar kambing tersebut sehat.

Cara Penggemukan Ternak Kambing, Langkah Mudah

Kandang yang baik adalah kandang dengan tiang-tiang yang lantainya terbuat dari kayu gelondongan (kayu) yang dilubangi untuk kotoran kambing agar tidak mengumpul dan masuk ke dalam tubuh kambing yang dapat menimbulkan penyakit.

Selain itu kandang lapangan juga memudahkan untuk membersihkan kotoran, hal ini dikarenakan kotoran kambing berbentuk bola-bola kecil sehingga langsung jatuh ke dasar kandang.

Kandang ini juga memiliki kelebihan yaitu saat hujan lantai tidak akan tergenang sehingga kambing anda tidak masuk angin.

Tips Ternak Kambing

Kandang ini memiliki kelemahan dimana lubang lantai yang terlalu lebar terkadang dapat menyebabkan kaki kambing terjepit, sehingga sebaiknya dibuat lubang yang lebih kecil dari ukuran kaki kambing.

Alternatif Ternak Kambing Tanpa Rumput

Dua hal ini wajib anda miliki jika akan berternak kambing, untuk wadah makanan anda bisa membuat kardus dengan lubang untuk keluar masuknya kepala kambing. Jangan lupa mencabut batangnya jika daun pada feeder sudah matang karena jika dibiarkan mengering bisa membusuk dan membuat area feeder menjadi kotor.

Oh ya, persediaan minumannya harus diperhatikan dengan baik agar kambing tidak terlalu banyak minum karena bisa mengurangi nafsu makannya.

Selain itu, kambing memiliki rasa yang enak terhadap garam, jadi sesekali Anda harus menambahkan garam ke dalam minuman kambing Anda karena garam itu sendiri memiliki efek yang baik untuk mengurangi bakteri di dalam mulut kambing.

Pengalaman saya beternak kambing selama beberapa tahun menunjukkan bahwa jika kambing dirawat dengan baik, jarang sakit, bahkan bisa dikatakan tidak pernah jika hanya penyakit ringan seperti:

Harga Kambing 1 Ekor Untuk Qurban

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan sukses dalam bisnis anda. Kambing merupakan salah satu ternak yang paling banyak diternakkan di Indonesia, kambing masih banyak diternakkan secara tradisional, dan sebagian besar dalam skala kecil sebagai usaha sampingan.

Dalam beternak kambing ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, Berikut langkah-langkah cara beternak kambing yang baik dan benar.

Ada dua jenis kandang untuk beternak kambing yaitu tipe kolonial dan tipe individu. Pada kandang jenis ini, koloni kambing diisolasi dalam ruangan yang luas. Setiap ruangan diisi 3-10 ekor kambing. Meski tipe individu dalam satu ruangan hanya diisi seekor kambing. Jenis individu biasanya bertujuan untuk perawatan yang tinggi.

Tips Ternak Kambing

Pemilihan bibit kambing harus disesuaikan dengan tujuan awal pembibitan. Apakah tujuannya hanya untuk mengambil dagingnya atau juga mengambil susunya? Baru kemudian, putuskan jenis kambing mana yang cocok untuk tujuan ini. Namun secara umum, ada beberapa acuan dalam memilih ayah perempuan dan laki-laki, sebagai berikut:

Panduan Investasi Ternak

Kambing dapat dipelihara secara konvensional, semi otomatis dan intensif. Cara tradisional biasanya diambil di daerah pedesaan, dan peternakan adalah subsisten atau bukan yang paling penting.

Secara tradisional, kambing biasanya disingkirkan atau diternakkan di daerah yang memiliki banyak pakan ternak, atau diangon. Pada sore hari atau setelah kambing makan, mereka dibawa kembali ke kandang. Sehingga pasokan pakan ternak para peternak akan lebih mudah karena kambing sudah makan di acara tersebut.

Pada saat yang sama, metode intensif dan semi intensif biasanya dilakukan di tempat-tempat dengan area terbatas. Kambing dipelihara selamanya di dalam kandang, dan peternak menyediakan kebutuhan makanannya kapan saja tanpa terombang-ambing.

Kambing sangat menyukai hijauan berupa daun-daunan, tidak seperti domba yang lebih menyukai rumput. Pakan ini merupakan pakan dasar untuk kambing. Jenis pakan yang disukai kambing antara lain kambing toro, gamal, daun nangka dan lainnya.

Tutorial Beternak Kambing Bebas Bau Prengus Halaman 1

Asupan pakan harus mencapai 3% dari berat badan, diukur dalam keadaan kering. Jika pakan basah atau segar, sekitar 10-15% dari berat badan.

Selain pakan, kambing harus mendapat pakan tambahan berupa hijauan. Feed supplement ini bisa berupa pakan jadi yang bisa diproduksi di pabrik atau bisa juga dibuat sendiri. Pada umumnya seperti konsentrat kambing yang terbuat dari bungkil kedelai, dedak dan tepung ikan. Konsentrat untuk pakan kambing memiliki kandungan protein minimal 16%.

Pemberian pakan konsentrat sangat penting dilakukan pada saat kambing hamil atau setelah melahirkan. Saat itu kambing sangat membutuhkan nutrisi untuk perkembangannya, ransumnya sekitar 1,5% dari bobot tubuhnya.

Tips Ternak Kambing

Selain pakan dan hijauan, kambing membutuhkan vitamin dan mineral. Konsentrat produksi pabrik biasanya dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral juga dapat diberikan secara terpisah.

Panduan Lengkap Cara Beternak Kambing Etawa Untuk Pemula

Kambing membutuhkan sekitar 1,5 hingga 2,5 liter air per hari. Pasokan air umumnya tidak terbatas. Air dapat disediakan 24/7 dan diisi ulang ketika hampir habis. Air perlu diganti setiap hari dengan air bersih, dan wadah air perlu diperiksa secara teratur agar tetap bersih.

Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam usaha peternakan kambing adalah menjaga kondisi higienis di dalam kandang dan kambing itu sendiri. Kandang kambing harus selalu bersih, kotoran dibersihkan 1-2 kali sehari, karena kotoran bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyakit.

Sebelum memasukkannya ke dalam kandang, ada baiknya untuk memeriksakan kesehatan kambing. Singkirkan parasit seperti cacing dengan memberikan obat cacing. Juga, mandikan kambing sebelum memasukkannya ke dalam kandang untuk pertama kalinya.

Khusus untuk kambing perah seperti Etawa, dimungkinkan untuk memerah susu setelah 4-7 hari setelah lahir. Frekuensi pemerahan dapat dilakukan dua kali sehari, pada sore dan pagi hari.

Kaedah Mudah Mulakan Ternakan Kambing “rm900” Seekor Potensi Pendapatan Lumayan.

Peralatan pemerahan harus steril, bahan terbaik adalah stainless steel atau kaca. Juga, bersihkan puting Anda dengan air hangat sebelum Anda mengejan.

Kambing betina yang baik dapat melahirkan minimal 3 kali dalam setahun. Kambing menjadi siap kawin pada usia 6-10 bulan. Namun, lebih baik mulai kawin pada usia 10-12 bulan atau ketika beratnya mencapai 55-60 kg, mana yang lebih dulu.

Kambing yang sedang berahi akan menunjukkan tanda-tanda gelisah, nafsu makan dan minum berkurang, ekor sering bergoyang-goyang, sering buang air kecil, alat kelamin bengkak, dan diam saat menunggangi pejantan. Biasanya terpisah 17-21 hari di dada kambing, dengan 24-45 jam.

Tips Ternak Kambing

Demikian cara beternak kambing yang baik dan benar beserta penjelasannya semoga dapat menambah wawasan anda dalam beternak kambing.

Cara Ternak Kambing Modern Bagi Pemula Yang Menguntungkan

Anda bisa bergabung dengan komunitas petani (HCS Community) untuk berbagi tentang beternak ikan, unggas atau ternak lainnya, klik di sini untuk bergabung.

Updated: August 13, 2022 — 10:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

tokoternak.com © 2022