tokoternak.com

tempatnya beternak

Tips Ternak Ayam Petelur

Tips Ternak Ayam Petelur – Telur ayam terlihat pada Senin (23/7) di sebuah peternakan di kawasan Depok, Jawa Barat. Akibat tingginya permintaan pada saat Lebaran lalu, harga telur ayam ras mengalami kenaikan di pasaran. (Liputan6.com/Emmanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta Cara beternak ayam petelur pemula membutuhkan kehati-hatian dan langkah. bagaimana? Karena cara beternak ayam petelur untuk pemula selain memperhatikan aspek lingkungan juga memperhatikan kondisi ayam petelur itu sendiri.

Tips Ternak Ayam Petelur

Tips Ternak Ayam Petelur

Jika Anda mengabaikan cara yang benar untuk membiakkan ayam petelur untuk pemula, itu akan meningkatkan kemungkinan kegagalan, yang pasti akan merugikan peternak yang akan datang. Namun jangan khawatir, selama Anda memahami dan mengikuti cara beternak ayam petelur pemula yang benar akan sangat mengurangi kemungkinan gagal.

Menghitung Modal Dan Potensi Untung Ternak Ayam Petelur 100 Ekor

Jika Anda salah satu peternak ayam, pilihan Anda mungkin tepat. Karena beternak ayam petelur sangat menarik dari segi hasil usaha. Hal ini bisa dikatakan karena bisnis ini berpotensi menghasilkan banyak keuntungan dengan margin kerugian yang sangat kecil.

Jika Anda memulai bisnis seperti ini dan tidak ingin menderita banyak kerugian, ikuti cara beternak ayam petelur untuk pemula yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (20/7/2020).

Pekerja mengambil telur yang dikumpulkan di sebuah kontainer di Cibeber, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (30/11). Peternakan ayam menghasilkan satu ton telur per hari dari 20.000 ayam. (Liputan6.com/Faisal Fanani)

Mengapa perlu? Hal ini diperlukan untuk mengurangi risiko yang akan dihadapi. Anda bisa mencari berbagai informasi dan referensi dari berbagai sumber mengenai informasi tentang bisnis ayam petelur ini, cara memasarkan telur ayam dari modal, serta skala bisnis yang akan Anda buat. Dengan begitu, akan membantu Anda memantau perkembangan bisnis ayam petelur Anda.

Cara Ternak Ayam Bangkok Sukses Untung Berlipat Lipat

Langkah selanjutnya dalam beternak ayam petelur untuk pemula adalah memilih tempat yang tepat untuk menggunakan kandang. Lokasi merupakan pondasi utama yang tidak boleh dilewatkan dan harus benar-benar diperhitungkan. Karena peternakan unggas memiliki resiko besar menimbulkan bau tidak sedap akibat kotoran hewan tersebut.

Selain bau kotoran ayam, juga berisiko tinggi menularkan penyakit ke manusia, misalnya flu burung. Karena itu, untuk mencegahnya, sebaiknya pilih sarang yang jauh dari penduduk.

Faktor lainnya adalah potensi ayam menjadi stres ketika lingkungan kandang terlalu bising. Namun jangan lupa, usahakan agar lokasi sarang mudah dijangkau untuk memudahkan saat melakukan perawatan. Akan lebih baik jika posisi drum adalah tempat yang tetap dan angkanya tidak bergerak.

Tips Ternak Ayam Petelur

Jika langkah pertama di atas sudah selesai, selanjutnya Anda perlu menentukan jenis drum yang akan digunakan. Secara umum, ada dua jenis kandang ayam yaitu jenis umpan atau koloni dan jenis baterai. Arti dari kedua jenis kendang tersebut adalah sebagai berikut:

Inilah 4 Cara Memilih Bibit Yang Baik Dan Unggul Pada Budidaya Unggas Petelur

Kandang jenis ini memungkinkan peternak untuk menampung semua ayam campur dalam 1 kandang. Oleh karena itu ukuran kandang biasanya sangat besar. Tentunya model ini biasanya digunakan sebagai drum untuk ayam pedaging. Namun karena strukturnya yang sederhana, gendang jenis ini terkadang digunakan sebagai kandang ayam petelur.

Sebenarnya gendang jenis ini sebenarnya lebih cocok untuk ayam petelur, apalagi jika Anda seorang pemula. Menggunakan kandang baterai jenis ini akan memudahkan pengumpulan telur. Namun, jika jumlah ayam sangat besar, ukurannya lebih kecil dari kandang dan mungkin perlu menggunakan ruang yang lebih besar.

Gambar ayam peternakan. Pasangan yang sedang berkembang biak mencoba untuk menempatkan ternak mereka di kandang pada malam hari agar ayam tidak berkokok. (sumber a2ua.com)

Ada 2 jenis ayam ras yang dikembangkan di Indonesia yaitu ayam petelur putih dan ayam petelur coklat. Biasanya ayam petelur putih memiliki bulu berwarna putih dan telur berwarna putih kecoklatan. Biasanya ayam petelur jenis ini memiliki berat sekitar 1,7 kg saat dewasa.

Bincang Kandang, Tips Sukses Bisnis Budidaya Ayam Petelur

Ayam petelur coklat memiliki bulu dan warna telur coklat. Umumnya ayam petelur coklat memiliki berat 2,1 kg.

Selain jenis benih yang akan dipilih, kondisi ayam petelur juga harus diperhatikan kesehatannya, benih tidak boleh cacat dan bulu-bulunya harus tertutup merata. Tidak berhenti sampai di situ saja, bibit ayam harus memiliki pertumbuhan yang normal, pastikan Anda membeli dari penjual bibit yang baik dan terpercaya.

Pekerja mengumpulkan telur pada Senin (23/7) di sebuah peternakan ayam di kawasan Depok, Jawa Barat. Akibat tingginya permintaan pada saat Lebaran lalu, harga telur ayam ras mengalami kenaikan di pasaran. (Liputan6.com/Emmanuel Antonius)

Tips Ternak Ayam Petelur

Ayam biasanya diberi makan berbagai pakan seperti konsentrat, tepung ikan, jagung giling dan dedak. Semua makanan ini memiliki sifat dan fungsinya masing-masing. Yang terpenting, pakan ayam harus mengandung protein, karbohidrat, kalsium, mineral dan vitamin dalam jumlah tinggi.

Budidaya Ayam Petelur Poyowa Sangat Menjanjikan

Juga, pasokan pakan ayam harus memadai. Hal ini karena jika rendah akan mempengaruhi produktivitas ayam petelur. Perawatan harus diambil dengan makanan serta minuman. Pada hari-hari awal, bayi diberi minuman yang dicampur dengan gula dan obat anti-stres. Berikan obat agar ayam tenang dan cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk menjaga nutrisi dan vitamin bagi ayam. Vaksinasi juga membantu ayam mengembangkan kekebalan yang baik. Vaksin ini biasanya diberikan langsung dengan makanan. Juga, jangan lupa untuk memeriksa kesehatan ayam secara teratur.

Cara beternak ayam petelur sangat penting bagi pemula. Jika diberikan, kebersihan kandang ini akan mempengaruhi kesehatan ayam. Selain itu, jika kandang tidak dijaga kebersihannya, ada risiko kuman dan bau tidak sedap. Mungkin ada orang di sekitar ini dengan bersarang di ikan lele. Namun kondisi tambak yang tidak sehat menyebabkan tumbuhnya nyamuk yang berbahaya bagi ayam. Dan tahukah Anda jika ayam dibagi menjadi beberapa jenis? Salah satunya adalah ayam petelur. Dimana ayam ini dipelihara hanya untuk diambil telurnya saja. Bagi anda yang tertarik, berikut ini cara beternak ayam petelur yang perlu anda ketahui.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ayam petelur ada baiknya untuk mengetahui apa saja jenis ayam petelur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ayam ini merupakan ayam betina dewasa yang diternakkan khusus untuk telurnya.

Ayam Petelur: Jenis, Kandang, Memilih Bibit, Pakan, Minum, Cara Ternak

Menurut sejarah, ayam jenis ini merupakan jenis ayam yang hidup di hutan dan biasanya diternakkan oleh penduduk desa. Juga, ayam ini sering menjadi sumber makanan utama. Pada akhirnya, produsen makanan memilih untuk menemukan gen terbaik untuk ayam petelur dan ayam pedaging.

Dengan cara ini, ayam petelur yang ada memiliki kualitas yang lebih baik. Tujuannya adalah untuk menyingkirkan kualitas buruk dan hanya mempertahankan yang baik. Ayam yang terbaik akan dijadikan bibit yang berkualitas. Untuk memulai beternak ayam jenis ini biasanya dimulai pada umur 5 bulan. Ayam akan terus menghasilkan telur selama 1 sampai 2 tahun.

Ayam petelur tidak hanya menguntungkan dari segi ekonomi. Anda juga bisa mempertimbangkan keuntungan lainnya agar Anda lebih percaya diri untuk memasuki bisnis ini. Telur ayam masih banyak diminati masyarakat. Jadi peluang bisnis ini masih terbuka lebar. Nantinya akan mendatangkan keuntungan, karena jumlah penjualannya stabil dan meningkat.

Tips Ternak Ayam Petelur

Apalagi Anda yang terlibat dalam bisnis ini akan memiliki pangsa pasar yang lebih luas. Bahkan industri makanan skala besar, menengah hingga kecil membutuhkan telur sebagai bahan baku. Belum lagi anggota keluarga yang juga membutuhkan telur ayam. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai beternak ayam petelur.

Modal Awal Ternak Ayam Petelur 100 Ekor

Keuntungan lainnya adalah produksi per ayam akan lebih tinggi. Lebih banyak ayam yang dipelihara, lebih banyak produksi. Kotoran unggas yang dihasilkan juga memiliki nilai ekonomis sehingga dapat dijadikan sebagai tambahan pendapatan. Ada juga beberapa periode pemijahan yang berlangsung 1 hingga 2 tahun yang dapat tetap produktif.

Bagi Anda yang tertarik dengan ayam petelur, Anda harus terlebih dahulu menyiapkan rencana bisnis. Anda bisa mengumpulkan informasi dan menyiapkan modal terlebih dahulu. Juga, jangan lewatkan cara memasarkan sesuai dengan skala bisnis yang ingin Anda tuju. Dengan begitu Anda tidak akan ceroboh dalam mengelola peternakan ayam ini.

Jika Anda ingin menggeluti bisnis ini, Anda sudah harus melihat di mana kandangnya. Tentu saja tidak dekat dengan pemukiman, tetapi aksesnya cukup. Karena jika anda memiliki ternak, otomatis menimbulkan bau tidak sedap atau resiko penyakit. Untuk jenis kandang, Anda dapat memilih koloni sesuai dengan jenis baterai atau lokasinya.

Di Indonesia, ayam petelur dibagi menjadi ayam putih dan ayam coklat. Masing-masing pasti akan menghasilkan telur yang berbeda. Pastikan memilih bibit terbaik sebagai cara budidaya ayam yang tepat. Benih tidak boleh cacat, harus sehat, dan bulunya harus menutupi mata. Bibit ayam juga harus memiliki pertumbuhan yang normal.

Tips Cara Membuat Kandang Ayam Petelur

Jika Anda memelihara ayam ini, Anda juga harus memperhatikan makanan yang mereka makan. Ayam jenis ini biasanya akan memakan ikan, konsentrat dan biji-bijian. Ketiga jenis pakan tersebut bergizi dan tinggi protein. Selain makanan, peternak juga bisa memberikan minuman yang sesekali dibubuhi anti stres.

Saat beternak ayam, jangan lewatkan merawat kandang. Sarang yang bersih akan menjamin kualitas telur sehingga proses penjualan juga akan lancar. Selain itu, ayam tetap sehat dan tidak mudah stres. Terkadang pembersihan harus dilakukan setiap hari.

Vaksinasi kurang penting dalam perkembangbiakan ayam petelur. Vaksinasi bukan hanya tentang kesehatan ayam. Namun vitamin dan nutrisi ayam tetap terpenuhi. Jika ada ayam yang sakit sebaiknya segera pisahkan

Tips Ternak Ayam Petelur

Updated: August 13, 2022 — 10:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

tokoternak.com © 2022