tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Ternak Kambing

Cara Ternak Kambing – Oleh karena itu, kami mengajak Anda untuk memikirkan peluang bisnis dan prospek usaha ternak kambing serta bagaimana memulai usaha ternak kambing.

Kambing adalah salah satu hewan berukuran sedang, dan karena kambing adalah hewan ruminansia, mereka dapat mengunyah makanannya hampir 24 jam sehari, kecuali saat mereka tidur. Diketahui bahwa susu kambing dapat digunakan selain daging kambing.

Cara Ternak Kambing

Cara Ternak Kambing

Daging kambing merupakan bahan utama dalam berbagai olahan di Indonesia. Selain itu, kambing yang dijual cukup tinggi di pasaran.

Mari Kira Untung Menternak Kambing

Daging kambing merupakan sumber makanan yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk pencernaan manusia. Selain itu, pecinta daging kambing semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Kambing sangat diminati daging kambing terutama pada saat Idul Fitri, maupun Idul Adha, atau hari raya kurban, dimana kambing merupakan salah satu hewan kurban yang banyak diminati, sehingga prospek ternak kambing cukup tinggi.

Proses beternak kambing sebenarnya tidak sulit, apalagi jika anda tinggal di lingkungan desa dan masih terdapat pakan alami berupa rumput hijau untuk kambing peliharaan. Namun, untuk mengembangkan usaha peternakan kambing Anda, Anda harus menyediakan beberapa fasilitas, antara lain:

Kandang adalah tempat tinggal kambing untuk berkembang biak nantinya dan pemberian pakan akan berlangsung di kandang ini, jadi penting untuk membuat kandang yang baik agar kambing Anda tetap sehat.

Panduan Ternak Kambing Pemula, Cuan Dengan Modal Hanya Rp9 Juta!

Kandang yang baik adalah kandang yang lantainya berlubang-lubang dari papan (kayu) untuk menampung kotoran kambing dan mencegah penyakit, dan dengan jangkungan untuk mencegah kambing mengenai tubuhnya.

Selain itu, kandang panggung memudahkan pembersihan kotoran, karena kotoran kambing berbentuk bola-bola kecil dan akan langsung jatuh ke dasar kandang.

Kandang ini juga memiliki kelebihan yaitu lantai tidak akan tergenang saat hujan, dan kambing anda tidak akan masuk angin.

Cara Ternak Kambing

Kekurangan kandang ini adalah lubang lantai yang terlalu lebar terkadang dapat menyebabkan kaki kambing terjepit, jadi sebaiknya lubang dibuat lebih kecil dari ukuran kaki kambing.

Cara Ternak Kambing Dengan Pakan Murah

Jika ingin beternak kambing, dua hal ini harus ada, untuk wadah makanan bisa dibuat kotak kayu yang dilubangi untuk kepala kambing. Jika daun pada feeder habis, jangan lupa untuk membuang batangnya, karena jika dibiarkan kering akan membusuk dan mencemari feeder.

Oh ya, persediaan minumannya harus diperhatikan dengan baik agar kambing tidak minum terlalu banyak karena bisa menekan nafsu makannya.

Selain itu, kambing menyukai rasa asin, sehingga Anda harus menambahkan garam ke dalam minuman kambing Anda dari waktu ke waktu, karena garam sendiri baik untuk mengurangi bakteri di dalam mulut kambing.

Memelihara kambing selama beberapa tahun telah menunjukkan bahwa jika kambing dirawat dengan benar, penyakit jarang terjadi, dan Anda tidak akan pernah tahu apakah itu ada, dan itu mungkin hanya penyakit ringan.

Penataran Cara Ternak Kambing Etawa August 2022

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan dan semoga bermanfaat untuk bisnis anda dan sukses selalu. Kambing merupakan salah satu hewan ternak yang paling umum di Indonesia, dan kambing masih diternak secara tradisional, biasanya dalam skala kecil.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam beternak kambing. Berikut langkah-langkah beternak kambing yang baik dan benar.

Ada dua jenis kandang kambing: tipe koloni dan tipe mandiri. Pada kandang jenis ini, koloni kambing diisolasi dalam ruangan yang luas. Setiap ruangan diisi 3-10 ekor kambing. Hanya satu kambing yang mengisi tipe individu di dalam ruangan. Tipe mandiri biasanya berfokus pada perawatan intensif.

Cara Ternak Kambing

Pemilihan bibit kambing harus sesuai dengan tujuan awal penanaman. Apakah tujuannya hanya untuk mendapatkan daging atau susu? Baru kemudian memutuskan jenis kambing yang cocok untuk tujuan ini. Namun secara umum, ada beberapa kriteria dalam memilih kuda jantan atau betina.

Cara Agar Sukses Beternak Kambing Etawa Super Bagi Pemula || Cara Budidaya Kambing Etawa

Kambing dapat dipelihara secara konvensional, semi intensif atau intensif. Cara tradisional banyak dilakukan di pedesaan dan usaha ternak bukanlah mata pencaharian atau hal utama.

Secara tradisional, kambing biasanya dibesarkan di daerah yang banyak kulit kayunya atau pakannya, atau diangon. Sore hari atau setelah makan kambing dibawa ke kandang. Karena kambing makan selama pameran, pasokan pakan dari para peternak akan dipermudah.

Pada saat yang sama, metode intensif dan semi intensif sering dilakukan di tempat-tempat dengan permukaan terbatas. Kambing disimpan di kandang selamanya, dan peternak memenuhi kebutuhan nutrisi mereka tanpa harus berkemas.

Kambing sangat menyukai hijauan berdaun, tidak seperti domba yang lebih menyukai rumput. Pakan ini merupakan pakan dasar untuk kambing. Pakan favorit kambing antara lain lamtoro, gamal, daun buah, dll.

Pelatihan Ternak Kambing Domba((profesional))

Asupan pakan harus mencapai 3% dari berat badan bila diukur dalam bentuk kering. Jika pakan basah atau segar, itu adalah 10-15% dari berat badan.

Selain pakan, kambing harus diberi pakan tambahan berupa konsentrat. Suplemen ini dapat berupa pakan siap pakai yang diproduksi oleh pabrik atau dibuat sendiri. Biasanya kambing menyukai bungkil kedelai, dedak, dan konsentrat tepung ikan. Konsentrat pakan kambing memiliki kandungan protein minimal 16%.

Pemberian konsentrat pada kambing sangat penting dilakukan selama hamil dan setelah melahirkan. Pada saat itu, kambing sangat membutuhkan nutrisi untuk perkembangannya, dan dosisnya sekitar 1,5% dari bobot badan.

Cara Ternak Kambing

Selain pakan dan konsentrat, kambing juga membutuhkan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral sering ditambahkan ke konsentrat industri. Vitamin dan mineral juga dapat diberikan secara terpisah.

Apa Itu Pmk Pada Hewan Ternak? Ini Cara Tahu, Cegah, Dan Obati Sapi, Kambing, Domba Kena Sakit Mulut Dan Kuku

Kambing membutuhkan 1,5-2,5 liter air per hari. Pasokan air umumnya tidak terbatas. Air disediakan 24/7 dan dapat diisi ulang jika habis. Air harus diganti setiap hari dengan air tawar dan tangki air harus diperiksa secara teratur untuk memastikannya bersih.

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat beternak kambing adalah menjaga kebersihan kandang dan kambing Anda. Kandang kambing harus selalu bersih dan dibersihkan dari kotoran 1-2 kali sehari, karena kotoran merupakan tempat berkembang biaknya bakteri penyakit.

Ada baiknya untuk memeriksa kesehatan kambing sebelum memasukkannya ke dalam kandang. Pencahar akan membantu menyingkirkan parasit seperti cacing. Juga mencuci kambing sebelum dimasukkan ke dalam kandang untuk pertama kalinya.

Secara khusus, kambing perah seperti Etawah dapat diperah 4-7 hari setelah melahirkan. Frekuensi pemerahan dapat dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari.

Cara Beternak Kambing Yang Baik Dan Benar

Peralatan susu harus steril, bahan terbaik adalah stainless steel atau kaca. Juga, bersihkan payudara dengan air hangat sebelum mengejan.

Kambing yang baik dapat melahirkan minimal 3 kali dalam setahun. Kambing betina siap kawin pada umur 6-10 bulan. Tapi lebih baik dari 10-12 bulan atau ketika beratnya mencapai 55-60 kg, mana yang lebih dulu.

Kambing yang sedang berahi menunjukkan tanda-tanda gelisah, kehilangan nafsu makan, minum-minum, ekor bergoyang, sering buang air kecil, alat kelamin bengkak, dan tidak bersuara saat jantan jatuh. Siklus estrus kambing biasanya berjarak 17 hingga 21 hari dan berlangsung selama 24 hingga 45 jam.

Cara Ternak Kambing

Demikian cara beternak kambing yang baik dan penjelasannya benar dan semoga menambah pemahaman anda tentang beternak kambing.

Cara Buat Pakan Kambing Fermentasi Kering Secara Efisien

Anda dapat bergabung dengan komunitas pertanian (Komunitas SKT) dan berbagi tentang ikan, burung, dan ternak lainnya, klik di sini untuk bergabung.

Updated: August 13, 2022 — 10:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

tokoternak.com © 2022