tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Ternak Ayam Potong

Cara Ternak Ayam Potong – Karena kebutuhan akan ayam semakin meningkat dan menjadi lauk pauk paling populer setiap hari. Sebelum Anda memulai bisnis ayam pedaging, mari pelajari dulu tentang beternak ayam pedaging dari perawatan hingga panen. Jika Anda ingin memulai bisnis peternakan ayam pedaging, Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal minimal hingga maksimal.

Jika Anda bisa memanfaatkan peluang ini, Anda akan untung dalam jangka panjang. Ayam broiler dipanen jauh lebih awal daripada ayam domestik, sehingga bisa dipanen lebih awal. Ayam pedaging dapat dipanen saat bobot daging mencapai kurang lebih 2 kg. Ayam pedaging biasanya mencapai berat 2 kg pada usia sekitar 30 hari.

Cara Ternak Ayam Potong

Cara Ternak Ayam Potong

Kali ini Sinai Livestock merangkum cara beternak ayam pedaging berdasarkan pengalaman nyata penulis dan berbagai artikel media. Kami akan menjelaskan teknologi budidaya ayam pedaging mulai dari pembuatan material hingga panen. Lihat artikel berikut.

Penyakit Ayam Broiler Dan Cara Mengatasinya

Menanam ayam potong ini memang menggiurkan, namun tidak semudah yang Anda bayangkan. Ada beberapa cara untuk memulai bisnis peternakan unggas

Kandang adalah hal utama yang harus diperhatikan. Memilih lokasi kandang dapat mempengaruhi bisnis Anda di masa depan. Kandang ayam pedaging untuk ayam kampung berbeda karena ayam pedaging mengutamakan kebersihan dan juga harus memperhatikan pertumbuhan ayam.

Kandang harus cukup besar agar ayam dapat bergerak bebas dan aktif. Selain itu, Anda harus menyediakan banyak sinar matahari dan ventilasi yang baik di dalam kandang untuk mendorong ayam tumbuh.

Selain itu, suhu kandang juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan umur ayam. Anak ayam dewasa harus dipisahkan dari anak ayam, karena pencampuran dapat mempengaruhi pertumbuhan anak ayam.

Memaksimalkan Performa Ayam Dengan Enzim Phytase

Suhu kandang harus 32-34°C untuk anak ayam umur 1-17 hari, 27-29°C untuk anak ayam umur 8-14 hari, dan suhu di dalam kandang harus dinaikkan seiring bertambahnya umur ayam, harus diturunkan. Ayam-ayam tersebut kami pelihara di dalam kandang agar dapat tumbuh sehat dan menghasilkan daging yang berkualitas.

Kandang lantai terangkat: Kotoran jatuh langsung ke bawah, sehingga lantai selalu bersih, menghilangkan kebutuhan akan alas kandang dan membuat pengelolaan lebih efisien. Selain itu, pakan sisa dapat digunakan sebagai pakan ikan untuk mengurangi penyebaran penyakit akibat penumpukan kotoran.

Kandang Surat/Lantai: Peternak lebih menyukai kandang surat yang ringan dan murah, tetapi harus ditutup dengan plastik agar kandang tetap hangat. Lantai di dalam kandang terbuat dari tanah, beton, atau kayu yang mengeras. Sedangkan untuk dinding sebaiknya terbuat dari batu bata atau beton kuat dengan tinggi sekitar 30 cm.

Cara Ternak Ayam Potong

Setiap jenis kandang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kandang pasak cenderung lebih bersih karena kotoran ternak langsung jatuh ke lantai. Pembangunan kandang panggung lebih sulit dan mahal dibandingkan kandang biasa. jenis kandang pos

Cara Budidaya Ayam Potong, Bagi Pemula

Perawatan biasanya lebih kompleks. Setelah satu kali panen, alas yang berbentuk cangkang harus diganti atau dikeringkan kembali untuk mendapatkan cangkang baru dan untuk menghilangkan kotoran ayam yang menumpuk.

Kerang adalah yang paling umum digunakan karena mudah diperoleh dan jumlahnya banyak. Ada juga bahan lain yang bisa digunakan, seperti jerami, kulit kacang tanah, serbuk gergaji, kertas bekas, dan sisa kayu. ketebalan

Membutuhkan 5 s/d 10 cm dan digunakan untuk pakan ayam pedaging dari hari pertama hidup sampai panen. Jika cangkangnya basah/lembab, balikkan atau ganti dengan cangkang yang baru.

Kandang ayam pedaging memiliki ukuran kandang yang ideal. Bahkan ada standar ideal untuk ukuran kandang untuk ayam pedaging yang dibesarkan di daerah tropis untuk memastikan pertumbuhan anak ayam yang baik. Saat menentukan ukuran kandang ayam broiler yang ideal, Anda juga dapat mempertimbangkan tingkat populasi ayam pedaging Anda berdasarkan usia:

Peternakan Ayam Potong

Selain jenis kandang, Anda juga harus memperhatikan kondisi kandang. Lokasi keramba yang sesuai adalah cukup jauh dari pemukiman penduduk, dekat dengan sumber air, dan minimal dapat dilalui kendaraan roda dua.

Miliknya. Lalu apa saja breed broiler dan mana yang terbaik untuk dipelihara di Indonesia Perkembangan teknik dan genetika dalam produksi breed broiler berubah dengan cepat. Dari waktu ke waktu, kualitas setiap strain meningkat. Beberapa jenis ayam pedaging yang umum dikembangbiakkan di Indonesia, antara lain:

Karakteristik fisik dari strain Cobb adalah adanya DOC berbulu hitam di dalam DOC kuning. Ayam jenis ini memiliki keunggulan memiliki titik akupunktur untuk meningkatkan FCR, pengembangan genetik ditujukan untuk pembentukan daging dada, dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan tropis (

Cara Ternak Ayam Potong

Asal usul ayam jenis ini berasal dari persilangan keturunan ayam Cornish dengan ayam ras Inggris. DOC ini memiliki ciri khas warna bulu kuning. Tipe ini memiliki keunggulan FCR yang efisien, laju pertumbuhan yang lebih cepat, kelangsungan hidup yang lebih baik, dan fokus pada penguatan kaki sebagai penyeimbang berat badan.

Budidaya Ayam Potong

Berbasis di Belanda. Ayam-ayam ini dicirikan oleh kekuatan dan kekuatan, mampu menjaga keseimbangan sifat broiler dan breeder, berkembang biak dengan baik di iklim tropis, dan tahan terhadap penyakit.

Strain Romawi umumnya tersedia di pasaran dengan nama MB202 yang diproduksi oleh Japfa. Kekuatannya termasuk kinerja tinggi dengan FCR yang sangat baik, pertumbuhan berkualitas tinggi dan produksi karkas seimbang yang cocok untuk semua jenis masakan.

Anda juga perlu mempertimbangkan di mana Anda memberi makan dan minum ayam Anda. Pengumpan berfungsi untuk menjaga agar pakan tidak terciprat. Ayam kecil dan ayam besar memberi makan secara berbeda. Jenis pakan ayam meliputi:

Baki anak ayam pengumpan adalah tempat pengumpan untuk DOC yang berbentuk seperti nampan sehingga DOC dapat dengan mudah dimakan. Pengumpan baki anak ayam dapat digunakan dengan DOC sampai anak ayam berumur 7 hari. Perubahan dari chick tray feeder ke galon feeder dilakukan secara bertahap sehingga anak ayam dapat menyesuaikan diri dan pemberian pakan galon sepenuhnya dapat diprediksi. Kelemahan feeder ini adalah pakannya cenderung bercampur dengan cangkang dan kotoran hewan, sehingga perlu sering dibersihkan.

Perbedaan Ternak Ayam Potong Modern Yang Paling Menonjol

Pengumpan ayam biasanya digunakan untuk DOC dengan cara yang sama seperti pengumpan ayam. Keunggulannya dibandingkan dengan chicken tray feeder adalah cangkang dan kotoran ayam lebih kecil kemungkinannya masuk ke dalam chicken feeder dan bercampur dengan pakan. Ini membuat pakan tetap bersih dan kecil kemungkinannya untuk tersebar.

Dudukan saluran masuk galon terdiri dari piringan dan tabung yang dihubungkan dengan kabel. Tingginya bisa disesuaikan dengan umur ayam, jadi bisa diatur jumlah dan banyaknya makanan yang keluar dari mangkuk. Pengumpan galon digunakan saat ayam pedaging berumur 7 hari. Namun, awalnya hanya piring, tapi lama-kelamaan saya pasang pipa dan menggantungnya sesuai dengan tinggi ayam. Galon tersedia dalam 3 ukuran: 7kg, 5kg, dan 3kg.

Sistem Pemberian Makan Otomatis (Pan Feeding System) – Sebuah feeding station yang dilengkapi dengan teknologi terkini untuk mendistribusikan pakan secara otomatis ke ayam secara berkala dan mengurangi terjadinya human error. Sehingga bobot ayam tetap terjaga. Pergerakan buritan dibantu oleh motor listrik.

Cara Ternak Ayam Potong

Air mancur minum dalam jumlah yang cukup dan dalam kondisi baik harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan air ayam pedaging. Beberapa jenis tempat minum ayam adalah:

Usaha Ayam Potong Kemitraan Solusi Beternak Hemat Biaya

Waterer ini digunakan pada saat anak ayam baru lahir sampai sekitar 6 hari setelah lahir, walaupun tergantung pertumbuhan anak ayam tidak lagi. Air mancur minum ini memiliki kapasitas 3,6 liter hingga 7,2 liter.

Peminum dirancang untuk secara otomatis mengisi dengan air. Ada dua model pengumpan ayam otomatis. Artinya, lonceng dan soket.

Nah, jika sebelumnya ada cara menyiapkan ayam pedaging, berikut ini adalah langkah-langkah beternak ayam.

Ada beberapa metode dan prosedur yang harus diikuti dalam pemeliharaan ayam pedaging untuk mencapai kualitas daging. Oleh karena itu, kondisi ayam harus dipantau secara berkala. Beberapa langkah tersebut dapat dilakukan dengan:

Usaha Ternak Ayam Potong

Suhu di dalam kandang juga penting dan perlu diperhatikan. Sebagai tengara, perhatikan pola anak ayam di kandang ayam. Ayam biasanya berduyun-duyun ketika suhu terlalu dingin. Anak ayam, di sisi lain, akan menjauh dari cahaya jika mereka merasa suhunya terlalu tinggi. Kadang ayam juga sakit. Hati-hati dengan anak ayam yang menunjukkan gejala yang tidak biasa. Dalam kasus seperti itu, ayam harus segera dikeluarkan dari kawanan untuk menghindari menginfeksi ayam lain. Jika perlu, ayam dengan cepat divaksinasi dan dipulihkan kesehatannya.

Setelah memilih jenis terbaik, pakanlah yang menentukan kualitas ayam yang Anda pelihara. Perlu diketahui bahwa ayam pedaging juga perlu mendapatkan nutrisi yang cukup seperti lemak, protein, mineral, karbohidrat dan vitamin untuk menghasilkan daging yang berkualitas. Pakan yang paling umum digunakan untuk ayam pedaging adalah pakan konsentrat atau BR, tetapi dapat juga diberikan dalam bentuk biji atau dedak. Saat menggunakan pakan pabrik seperti Comfeed, jenis pakan disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan ayam dan dibagi menjadi dua level.

). Pastikan area makan dan minum ayam selalu penuh agar ayam cepat gemuk. Sedangkan untuk tinggi badan, gantung area makan dan minum setinggi dada ayam, Area tersebut harus dicuci setiap pagi. Jumlah pakan yang diberikan dan sisa pakan juga harus diperhatikan. Pakan adalah bagian terpenting dari pemeliharaan.

Cara Ternak Ayam Potong

Keberhasilan produksi ayam broiler 70% tergantung pada pemberian pakan yang baik. Selain itu, pakan menghabiskan sebagian besar biaya produksi. Efisiensi pakan merupakan faktor utama yang menentukan biaya per kilogram ayam. Sapi potong sendiri terbagi menjadi dua jenis dan diberi pakan sesuai dengan pertumbuhan ayamnya.

Rincian Biaya Pembuatan Kandang Ayam Potong 5000 Ekor

Diet umur 1-20 hari atau 1 hari sampai 3 minggu mengandung protein 22-24%. Lipid 2,5%, serat kasar 4%, kalsium (Ca) 1%, fosfor (P) 0,7-0,9%,

Updated: August 13, 2022 — 10:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published.

tokoternak.com © 2022