tokoternak.com

tempatnya beternak

6 Langkah Cara Menanam Seledri di Polybag

Cara Menanam Seledri di Polybag  – Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran daun dan tumbuhan obat yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Beberapa negara termasuk Jepang, Cina dan Korea mempergunakan bagian tangkai daun sebagai bahan makanan. Di Indonesia tumbuhan ini diperkenalkan oleh penjajah Belanda dan digunakan daunnya untuk menyedapkan sup atau sebagai lalap. Penggunaan seledri paling lengkap adalah di Eropa: daun, tangkai daun, buah, dan umbinya semua dimanfaatkan. (wikipedia)

Seledri dikenal sebagai tumbuhan yang multiguna, bisa dijadikan sebagai tanaman obat ataupun sebagai sayuran. Sebagai sayuran, daun, tangkai, serta umbi dari daun seledri bisa dijadikan sebagai campuran sup. Daunnya juga biasa dijadikan sebagai lalap, atau dipotong kecil kemudian ditaburkan di bakso, soto, ataupun sop lainnya, bisa pula dicampurkan di bubur ayam.

Seledri sendiri memliki beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan, tumbuha ini dikenal sebagai sayuran anti-hipertensi. Selain itu seledri juga memiliki manfaat sebagai peluruh peluruh (diuretika), anti reumatik serta pembangkit nafsu makan (karminativa). Umbi dari seledri berkhasiat sama dengan daun tetapi digunakan juga sebagai afrodisiaka (pembangkit gairah seksual).

Aroma khas yang dimiliki seledri berasal dari komponen yang mudah menguap dari kandungan minyak atsirinya. Kandungan utama yang dimiliki seledri adalah butilftalida dan butilidftalida sebagai pembawa aroma utama. Terdapat juga sejumlah flavonoid seperti graveobiosid A (1-2%)dan B (0,1 – 0,7%), serta senyawa golongan fenol. Komponen lainnya apiin, isokuersitrin, furanokumarin, serta isoimperatorin. Kandungan asam lemak utama dalah asam petroselin (40-60%). Daun dan tangkai daun mengandung steroid seperti stigmasterol dan sitosterol.

Setelah membahas sedikir mengenai seledri ini, ada baiknya jika anda mengetahui pula cara menanam daun seledri, terkhusus pada artikel tokoternak kali ini akan mengulas mengenai cara menanam daun seledri di polybag.

Cara Menanam Daun Seledri di Polybag

cara menanam seledri di polybag

Ada dua macam cara menanam seledri yang baik yang biasaya dilakukan, yakni cara menanam seledri dari biji (generatif) atau cara menanam seledri dari anakan (vegetatif). Cara generatif biasanya dilakukan pada budidaya seledri skala luas atau untuk keperluan usaha tani. Sedangkan cara vegetatif biasanya dilakukan untuk cara menanam seledri di rumah, contohnya melalui pot atau polybag.

cara menanam seledri di polybag dengan cara generatif dilakukan dengan meyemai biji terlebih dahulu. Setelah biji berubah menjadi bibit, barulah kemudian dipindahkan ke dalam polybag. Adapun langkahnya sebagai berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme