tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Udang Galah di Kolam Sawah

loading...

Cara Budidaya Udang Galah – Udang Galah merupakan jenis udang yang termasuk dalam spesies Macrobrachium rosenbergii. Udang galah memiliki ciri-ciri fisik yang lebih besar dari jenis udang lainnya. Udang galah biasanya hidup di daerah perairan air tawar yang dangkal. Udang galah termasuk dalam filum Arthropoda kelas Crutacea bangsa Decapoda dan suku Paleamonidae. Udang galah umumnya hidup di daerah perairan air tawar.(wikipedia)

Udang galah mempunyai ciri khas kepala yang bentuknya kerucut, restrum melebar pada bagian ujungnya, bentuk udang galah memanjang dan melengkung ke atas. Terdapat gigi yang menyerupai gergji pada bagian atas udang galah yang berjumlah dua belas buah dan pada bagian bawahnya sebelas buah. Udang galah jantan memiliki ciri khas dengan tubuhnya yang besar dan panjang. Bagia perut udang galah jantan juga lebih ramping dibandingkan dengan udang galah betina. Alat kelamin udang galah jantan terdapat dibagian pangkal kaki kelima.

Setelah sedikit mengulas mengenai udang galah, selanjutnya akan mengulas mengenai cara budidaya udang galah. Budidaya udang galah yang akan diulas pada artikel ini dikhususkan untuk budidaya di kolam sawah. Nah, bagi anda yang mungkin tertarik untuk terjun di bisnis udang galah silahkan ikuti saja langkah budidaya udang galah dibawah ini.

Cara budidaya udang galah

cara-budidaya-udang-galah

1. Aspek teknis

a. Lokasi

  1. Kolam sawah dekat sumber air dan mudah mendapatkan air tawar yang bersih, bebas dari pencemaran limbah industri, obat-obatan pertanian dan lain-lain.
  2. Fasilitas transportasi (jalan atau sungai) yang memadai untuk mempermudah pengangkutan sarana produksi (pakan, benur), hasil panen dan lain-lain
  3. Lokasi Kolam sawah sebaiknya terhindar dari daerah: banjir, pengendapan lumpur, kelebihan air tawar pada waktu musim hujan.

b. Sumber air

  1. Air tawar bebas/bersih dari bahan pencemaran dan perlu disaring/diendapkan sebelum dimasukan kedalam kolam sawah (menghindari masuknya jasad kompetitor dan predator).
  2. Air tawar berasal dari sungai maupun air bawah tanah (pengeboran) yang bebas pencemaran.

c. Fasilitas, Peralatan dan Mesin

  1. Tersedianya kolam sawah pemeliharaan yang bentuk dan luasnya disesuaikan, kolam cadangan air, pintu air pembuangan dan pemasukan yang terpisah dan memadai, peralatan uji kualitas air, gudang penyimpanan pakan, jaring dan lain-lain.
  2. Sumber tenaga untuk penggerak air seperti pompa air, kincir air dan perlengkapan penunjang lainnya (Jika diperlukan sesuai padat penebaran).
  3. Kapasitas sumber tenaga hendaknya disesuaikan dengan tingkat kebutuhan.

d. Ukuran dan Dasar kolam sawah

  1. Ukuran kolam sawah yang disesuaikan luas standar + 500 – 1.000 m2 per petak untuk memudahkan pemanenan, perawatan, penggantian air dan pengawasanya.
  2. Dasar kolam/sawah yang baik terdiri dari kombinasi tanah lumpur dan pasir.
  3. Udang galah mempunyai daerah produktif dibagian pinggir kolam dekat tanggul, sehingga makin panjang bentuk kolam, maka makin luas daerah produktifnya.

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme