tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Semut Rangrang Media Toples

loading...
  • Nampan

Nampan nantinya diisi air agar semut tidak bisa lari kemana-mana.

  • Isolasi

Berfungsi untuk menutup toples agar semut cepat bersarang dan membuat jaring-jaring.

  • Batu bata

Digunakan untuk alas toples yang ditaruh di nampan yang berisi air agar toples tidak terendam air bisa juga diganti alas lain yang penting toples tidak terendam air.

2. Mencari Bibit Koloni Semut Rangrang

Agar budidaya semut rangrang ini berhasil dan berjalan lancar maka anda harus mencari sarang semut rangrang yang didalamnya terdapat ratunya. Mencari semut rangrang memang agak susah-susah gampang, karena kita harus mencari langsung ke alam bebas dan tak sedikit kita akan kesulitan mendapatkan sarang semut rangrang yang didalamnya terdapat semut rangrang. Selain itu, kita harus menerima konsekuensi di gigit semut rangrang ini.

3. Cara Budidaya Semut Rangrang Media Toples

cara budidaya semut rangrang media toples

Media yang paling umum digunakan dalam cara budidaya semut rangrang ini adalah toples. Beberapa peternak juga menggunakan media lain seperti paralon atau bambu.

Namun, jika anda mencari cara budidaya semut rangrang penghasil kroto yang mudah makan media toples ini bisa menjadi pilihannya. Adapun langkah cara budidaya semut rangrang untuk pemula agar budidaya lancar hingga panen adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama adalah membuat media tempat budiaya semut rangrang. Gunakan toples yang telah disediakan dan lubangi toples tersebut pada bagian bawahnya dengan diameter lubang 5 – 7 cm, kemudian tutup kembali lubang tersebut dengan isolasi atau lakban.
  2. Sarang semut rangrang yang telah di dapatkan, dimasukkan kedalam media toples yang telah dibuat dan ditutup rapat.
  3. Usahakan mendapatkan koloni semut yang lengkap, yaitu terdiri dari anggota – anggota koloni yang sudah Kami jelaskan diatas agar semut dapat bertelur dengan sempurna.
  4. Langkah selanjutnya dalam cara budidaya kroto adalah menyiapkan nampan plastick datar. Setelah itu, nampan tersebut di isi dengan air setinggi setengah nampan. Lalu diberikan batu bata yang permukaannya datar ditengah-tengah nampan. Tujuan pemberian air adalah agar semut tidak kabur saat dipindah ke lokasi tersebut.
  5. Berikutnya taruhlah toples yang telah diisi oleh bibit sarang semut rangrang tesebut diatas batu bata dengan posisi terbalik yaitu bagian toples yang dilubangi tadi berada menempel pada batubata tersebut. Setelah posisinya benar – benar tegak, lepaslah lakban pentutp lubang toples tersebut agar semut bebas keluar untuk mencari makan.

 

4. Cara Memberi Pakan dalam Budidaya Semut Rangrang

Langkah berikutnya dalam cara budidaya semut rangrang rumahan adalah masalah pemberian pakan. Makanan yang bisa diberikan pada semut rangrang bisa serangga mati seperti kecoa, ulat, jangkrik, maupun sisa – sisa makanan.

Selain itu untuk menghasilkan semut rangrang yang berkualitas dan cepat panen maka dibutuhkan asupan nutrisi tambahan berupa air gula yang ditambahkan sedikit madu. Gunakan potongan gelas bungkus bekas air mineral sebagai tempat air gula tersebut, lalu tempatkan di samping stoples agar mudah dijangkau oleh semut saat keluar dari sarangnya.

5. Masa Panen Budidaya Semut Rangrang

Jika langkah budidaya semut rangrang telah anda ikuti dengan baik dan benar, maka dalam waktu kurang lebih 2-3 bulan anda sudah bisa melakukan proses panen semut rangrang.

Pada penggunaan media toples sebagai media budidaya semut rangrang, biasanya menghasikan panen kroto seberat 1 ons, dan Anda tinggal hitung saja berapa stoples yang Anda punya dan kalikan dengan harga jual dari kroto tersebut di pasaran.

Demikianlah artikel cara budidaya semut rangrang media toples, semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda yang ingin mulai terjun ke usaha ternak semut rangrang atau kroto ini. Terimakasih telah berkunjung 🙂

1 Comment

Add a Comment
  1. Apakah semut rangrang setelah panen akan b

    erkurang junlahnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme