tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Jamur Tiram di Rumah untuk Pemula

Cara budidaya jamur tiram di rumah – Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetesdengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiramdengan bagian tengah agak cekung. (wikipedia)

cara budidaya jamur tiram untuk pemula

Bagian tubuh jamur tiram mempunyai tangkai yang tumbuh menyamping dan berbentuk seperti tiram (ostreatus). Bagian tudung dari jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5–20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk.

Dari hasil penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Jamur tiram merupakan bahan makanan yang sangat bernutrisi karena mengandung protein yang tinggi, kaya akan vitamin serta mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Selain itu jamur mengandung protein yang cukup tinggi yakni sekitar 10,5 – 30,4%.

Karena kandungan yang dimiliki jamur tiram sangat baik dan dibutuhkan bagi kesehatan membuat jamur ini banyak diminati dan tak sedikit pula yang menjadikannya usaha. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui cara menanam jamur tiram di rumah yang mudah dan lengkap, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Cara menanam jamur tiram di rumah

cara budidaya jamur tiram di rumah

cara budidaya jamur tiram sederhana memang cukup menjanjikan. Anda bisa memperoleh banyak keuntungan jika mengolah usaha jamur tiram ini dengan baik. Jamur adalah salah satu jenis tanaman yang bisa tumbuh pada media selain tanah dan tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme