tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Jamur Merang Agar Panen Melimpah

loading...

Cara Budidaya Jamur MerangJamur merang yang dalam nama latinnya Volvariella volvacea, sinonim: Volvaria volvacea, Agaricus volvaceus, Amanita virgata atau Vaginata virgata atau kulat jumpung dalam bahasa Aceh adalah salah satu spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggarayang beriklim tropis atau subtropis. Sebutan jamur merang berasal dari bahasa Tionghoa cǎogū (Hanzi:草菇). (wikipedia)

Bentuk tubuh dari jamur merang muda menyerupai bulat telur dengan warna cokelat gelap dan abu-abu serta dilindungi dengan selubung. Sedangkan pada jamur merang dewasa tudung berkembang seperti cawan berwarna coklat tua keabu-abuan dengan bagian batang berwarna coklat muda. Jamur merang yang dijual untuk dijadikan konsumsi adalah jamur merang yang masih muda yang bagian tudungnya belum berkembang.

Jamur ini dibudidayakan pada bangunan kumbung. Sesuai dengan namanya jamur ini tumbuh dengan baik pada media tanam merang atau jerami yang telah di kompos. Selain dapat tumbuh di media merang atau jerami ternyata jamur merang juga bisa tumbuh pada kompos sampah kertas, tandan kosong sawit, kompos batang pisang dan kompos bio massa. Berdasarkan hasil penelitian hingga saat ini, media yang paling baik dalam hal hasil produksi dan pertumbuhan yang paling baik untuk jamur merang adalah limbah kapas. Jamur merang juga sering disebut dengan warm mushroom, karena jenis jamur ini dapat hidup dan bertahan kondisi suhu yang ekstrim, antara 30-38 °C dengan suhu optimum pada 35 °C.

Nah, untuk anda yang tertarik untuk usaha yang satu ini budidayaid.com akan mengulas bagaimana cara budidaya jamur merang yang baik agar menghasilkan hasil panen yang melimpah. Silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Budidaya Jamur Merang

cara budidaya jamur merang

Persiapan Media Tanam 

Hal paling awal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan budidaya jamur merang sederhana  adalah dengan memperhatikan media tanam yang hendak dipakai. Media tanam jamur merang yang baik sebagai berikut:

  • Media tanam jamur merang diantaranya yakni jerami, onggok, bekatul, dolomite dan kapas.
  • Satu kumbung dengan ukuran 5 x 4 x 4,5 meter, membutuhkan sekitar 8 kwintal jerami dan onggok, 8 kilogram kapas kering, 24 kilogram dolomit dan 40 kilogram bekatul.
  • Setelah semua bahan untuk media tanam tersebut disiapkan, lalu dilakukan pengolahan (pengomposan).
  • Pengomposan media tanam ini melalui beberapa tahapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme