tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Kolam yang dibuat harus mempunyai kedalaman setidaknya 50 cm. Hasil dari galian tanah bisa digunakan sebagai tanggul pada bagian tepi kolam. Bagian permukaannya baiknya diberi batako agar permukaannya rata. Setelah itu, dasar kolam diberikan sekam secara merata. Langkah selanjutnya adalah memasang terpal agar kolam bisa diberi air. Pada bagian pinggir terpal, ada baiknya jika diberi pengganjal untuk menahan terpal agar tidak terbang atau menerbangkan terpal pada saat ada hembusan angin kencang.

2. Fasilitas Kolam

Sebelum memulai memasukkan air ke dalam kolam terpal, anda harus memperhatikan pematang kolam serta sirkulasi air dari kolam. Anda juga bisa melakukan penyemprotan pestisida terlebih dahulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Pasang juga saringan pada pintu masuknya air. Setelah mengisi air dengan kolam, tutup pintu keluar masuknya air dan biarkan air tergenang. Setelah 5 – 7 hari anda sudah bisa memulai melakukan budidaya ikan nila di kolam terpal.

3. Memilih benih ikan nila yang berkualitas

Benih ikan nila yang hendak disebar di kolam ada baiknya jika berukuran 8 – 12 cm dengan berat sekitar 30 gram. Untuk perbandingan jumlah benih yang disebar dengan ukuran kolam yang disarankan adalah 5 – 1o ekor benih ikan nila per meter kolam jangan melebihi ini. Pembesaran benih ikan nila di kolam terpal ini hingga masa panen adalah sekitar 6 bulan hingga ikan besar dan memiliki berat sekitar 400 – 600 gram per ekor.

4.Pakan Ikan Nila dan Asupan gizi

Dalam budidaya ikan nila di kolam terpal hal yang harus diperhatikan adalah pemberian asupan gizi yang baik agar ikan nila yang dibudidayakan tumbuh dengan baik dan berkualitas. Pakan yang diberikan baiknya terdiri dari makanan yang mengandung protein sekitar 20-30% dan mengandung lemak sekitar 70%, serta karbohidrat 63-73%. Pakan yang baik untuk pembesaran ikan nila di kolam terpal adalah kaliandra, kipat, kecubung, dan kihujan.

Deikianlah informasi mengenai Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal semoga bermanfaat :).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme