tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal – Ikan nila adalah sejenis ikan konsumsi air tawar. Ikan ini diintroduksi dari Afrika, tepatnya Afrika bagian timur, pada tahun 1969, dan kini menjadi ikan peliharaan yang populer di kolam-kolam air tawar di Indonesia sekaligus hama di setiap sungai dan danau Indonesia. Nama ilmiahnya adalah Oreochromis niloticus, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Nile Tilapia. (wikipedia)

Ikan Nila merupakan salah satu sumber protein hewani yang harganya sangat terjangkau. Cara budidaya ikan nila memang terbilang mudah, oleh karenanya harga jualnya juga tidak terlalu mahal. Budidaya ikan nila biasanya dilakukan pada kolam atau tangki pembesaran.

Ikan jenis ini banyak digemari oleh setiap lapisan masyarakat untuk dikonsumsi setiap harinya. Meskipun sangat mudah untuk ditemui tapi kebutuhan akan ikan ini juga cukup banyak. Hal ini tentunya bisa dijadikan peluang bisnis yang baik untuk dijalankan.

Salah satu metode budidaya ikan nila yang mudah adalah membudidayakannya di kolam terpal. Ada beberapa cara yang harus anda tahu dan pahami sebelum memulai budidaya ikan nila ini. Dalam artikel ini kali ini akan dibahas mengenai cara budidaya ikan nila di kolam terpal.

Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

cara budidaya ikan nila di kolam terpal

1. Pembuatan kolam terpal ikan nila

Hal pertama yang harus disediakan sebelum memulai cara budidaya ikan nila adalah dengan membuat kolam terpal untuk meletakkan ikan nila. Letak kolam yang hendak digunakan baiknya terletak pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung serta pada area yang cukup luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme