tokoternak.com

tempatnya beternak

7 Cara Budidaya Jamur Kuping yang Benar

3. Teknik penanaman

  1. Di buat kuda-kuda yang tingginya 1 meter, letakkan di bawah naungan pepohonan, supaya tempat tumbuh jamur kuping tetap lembab, tidak kena sinar matahari langsung.
  2. Potongan-potongan kayu saninten atau kayu lainnya yang panjangnya 1-1,2 meter (usahakan kulitnya tidak rusak dan pada salah satu sisinya.

4. Pemeliharaan tanaman

cara-budidaya-jamur-kuping

Tumbuhnya jamur kuping memerlukan kelembaban, yang dijaga dengan jalan penyiraman. Bila musim hujan, penyiraman cukup dilakukan 4 kali dalam seminggu. Selain penyiraman, juga perlu pengontrolan agar tanaman jamur kuping terjaga dari gangguan-gangguan lainnya. Usahakan agar potongan-potongan kayu yang disandarkan tidak roboh.

Kira-kira satu minggu atau lebih sudah mulai bermunculan tunas-tunas jamur kuping pada celah-celah kulit kayu yang pecah-pecah karena proses pembongkaran sebagai calon kayu keropok.

5. Hama dan Penyakit

Hama

1. Tikus: Bisa di berantas dengan diberi umpan yang di bubuhi racun (phiosphit) atau kleratfam.
2. Serangga/kutu dan kecoa: Ruangan shed di semprot dengan formalin 0,1-0,2%.

Penyakit

1. Corpinus
Jamur padi liar, tumbuhnya berkelompok dan biasanya lebih cepat tumbuh dari pada Jamur kupingnya.

Penyebab: (1) tidak dijalankannya pasteurisasi; (2) jalannya pasteurisasi kurang sempurna; (3) kontaminasi baik dari alat-alat, rak-rak shed, bibit yang kurang.

Pengendalian: (1) preventif: shed sebelum dimasuki kompos terlebih dahulu disemprot dengan kadar 2-3% atau shed kosong, terlebih dahulu dipasteurisasi sampai temperatur 60-70 derajat C; menjaga kebersihan alat-alat fisik manusia, bibit dll; usahakan pasturisasi berjalan sempurna; (2) curatif :kompos yang terken serangan (penicilium) di pisahkan dan dibuang; untuk coprinus selalu di usahakan dicabut dan dibuang bersih.

2. Penicilium
Jamur penisilin, warnanya hijau menempel pada jerami dan bisa mengalahkan mycelium jamur kuping. Penyebab: sama seperti corpinus. Pengendalian: sama seperti corpinus.

6. Panen

Ciri dan Umur Panen
Pemungutan hasil dilakukan kira-kira 3 sampai 4 bulan kemudian, pada saat jamur kuping cukup besar dan dapat dikonsumsi serta dipasarkan.

Periode Panen
Panen jamur kuping dari kayu gelondongan dilakukan satu kali dalam sebulan. Pemanenan dapat dilakukan sampai umur 2 sampai 3 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme