tokoternak.com

tempatnya beternak

7 Cara Budidaya Jamur Kuping yang Benar

Cara budidaya jamur kuping – Artikel kali ini akan mengulas secara lengkap mengenai bagaimana cara budidaya jamur kuping yang benar agar menghasilkan produksi jamur kuping yang berkualitas dan bernilai jual tinggi. Dalam budidaya jamur kuping banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari media tanamnya, iklim, dan ketinggian yang tepat. Tidak hanya itu memilih bibit yang berkualitas, pengolahan media tanam, pemeliharaan, hingga proses panen semua harus diperhatikan secara seksama agar betul-betul budidaya jamur kuping yang dilakukan berjalan dengan baik dan sesuai dengan target.

Untuk itu budidayaid.com, akan mengulas secara lengkap mengenai apa saja yang harus diperhatikan mengenai cara budidaya jamur kuping. Silahkan langsung simak saja pembahasannya dibawah ini.

Syarat pertumbuhan jamur kuping

1. Iklim yang tepat

Suhu udara yang baik bagi pertumbuhan jamur ini berkisar antara 22-28 derajat C. Kelembaban udara ideal berkisar antara 80-90% agar diperoleh pertumbuhan yang baik.

2. Media tanam

Di alam asli, jamur kuping tumbuh menempel pada kayu-kayu yang telah lapuk. Oleh karena itu, dahulu jamur ini dibudidayakan dengan cara ditanam pada potongan kayu gelondongan berdiameter 10-20 cm. Saat ini, kayu gelondongan sulit dicari, dan harganya tinggi, maka dicaril media tanam lain, dari bahan limbah organik, seperti serbuk gergaji, ampas sagu, pucuk tebu, kertas bekas atau kertas koran, dan kapas bekas pabrik pemintalan. Ternyata kayu karet merupakan jenis kayu yang paling baik untuk pertumbuhan jamur kuping. Setelah disiram atau terkena air hujan, selang beberapa bulan jamur kuping akan tumbuh pada batang kayu tersebut.

3. Ketinggian tempat

Jamur kuping dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Cara Budidaya Jamur Kuping

budidaya-jamur-kuping

1. Pembibitan

Bibit jamur kuping agak sulit diperoleh, untuk mendapatkannya dapat menghubungi Dinas Pertanian Bogor untuk menanyakan pengusaha bibit jamur kuping ini. Bibit jamur kuping diperoleh dengann cara khusus, teknologinya berbeda sama sekali dengan teknik produksinya. Oleh karena itu, dalam pemeliharaan jamur tidak pernah/jarang membibitkannya sendiri, melainkan dengan membelinya dari pengusaha pembibitan. Maka disarankan untuk membeli bibit jamur sehingga kualitas bibit akan lebih terjamin, dan dengan cara demikian dapat lebih kosentrasi pada usaha produksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme