tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Menanam Cabe di Polybag dengan Benar

loading...

Cara Menanam Cabe di PolybagCabe merupakan buah dan tumbuhan berasal dari anggota genus Capsicum. Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana digunakan. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa makanan.

Cabe merupakan salah satu jenis komoditas pertanian yang harganya sangat berfluktuasi di pasar. Pada hari-hari besar, seperti hari lebaran harga cabe akan meroket sangat tinggi hingga 60-120rb/kg setara dengan harga per kg daging sapi. Hal tersebutlah yang menjadikan budidaya cabe sangat menguntungkan apabila hasilnya dijual ataupun untuk digunakan sendiri. Untuk melakukan budidaya cabe merah, pastinya dibutuhkan lahan untuk menanamnya. Hal tersebutlah yang menjadi masalah bagi orang diperkotaan yang ingin membudidayakan cabe, karena terbatasnya lahan. Untuk mensiasati terbatasnya lahan tersebut, maka solusinya adalah dengan cara menanam cabe di polybag.

Menanam cabe dalam polybag cukup mudah dilakukan. Menanam cabe dapat dilakukan di dataran tinggi ataupun di dataran rendah. Tanaman cabe dapat di tanam di ketinggian 0-2000 meter diatas permukaan laut. Suhu optimal bagi tanaman cabe ada pada kisaran 24-27oC hingga lebih dari itu, tergantung dari jenis varietas cabe. Cabe rawit dan cabe keriting adalah salah satu jenis cabe yang paling pas jika ditanam di pekarangan rumah ataupun bertanam cabe di polybag. Nah, untuk anda yang mungkin tertarik untuk budidaya cabe merah dalam polybag, berikut langkah yang dapat anda ikuti.

Cara Menanam Cabe di Polybag

budidaya-cabe-rawit-dalam-polybag

1. Memilih benih cabe yang baik

Benih cabe yang dijual di pasaran ada banyak sekali jenisnya, mulai dari cabe hibrida hingga benih cabe lokal. Mengenai cara budidaya cabe hibrida dan lokal ini relatif sama, hanya saja untuk cabe hibrida membutuhkan pemberian obat-obatan tertentu agar pertumbuhannya lebih maksimal. Varietas hibrida kebanyakan di impor dari Taiwan dan Thailand, sedangkan varietas lokal banyak ditanam di Rembang, Kudus, hingga Tanah Karo, Sumatera Utara.

Saat ini mayoritas petani lebih memilih benih cabe lokal yang telah melalui proses seleksi karena produktivitasnya lebih baik dibandingkan dengan benih cabe yang tidak melalui proses seleksi. Cabe lokal juga secara teknis lebih mudah dalam hal menanamnya dibandingkan dengan cabe hibrida. Cuma dari segi produktivitas cabe hibrida lebih unggul dari cabe lokal, meskipun cabe lokal lebih adaptif dibanding dengan cabe hibrida. Untuk pemula yang baru belajar cara budidaya cabe sebaiknya menggunakan bibit cabe lokal.

2. Melakukan penyemaian benih cabe

Cara menanam cabe dalam polybag baiknya tidak dilakukan secara langsung dari benihnya. Ada baiknya jika dilakukan terlebih dahulu proses penyemaian. Hal ini bertujuan agar benih cabe yang dipilih adalah benih yang unggul dan tidak mengalami cacat atau memiliki penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme