tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Durian Montong Secara Lengkap

3. Menyiapkan Lahan

Bersihkan terlebih dahulu lahan yang hendak digunakan dalam budidaya durian montong dari sisa-sisa tumbuhan dan gulma, tebang juga tanaman keras yang mengganggu masuknya sinar matahari. Pembukaan lahan sebaiknya dilakukan pada musim kemarau, sehingga pada awal musim hujan sudah bisa dilakukan penanaman.

Pada lahan dengan luas 1 hektare (ha), dapat ditanami durian hingga 190 pohon. Setelah umur 3 – 5 tahun, durian montong sudah bisa dipanen. 1 pohon bisa menghasilkan buah 100 kilogram (kg), dengan berat rata-rata satu buahnya mencapai 3-5 kg. Harga Buah Durian Montong di Pasaran bisa mencapai 25.000-30.000 per/kg.

4. Lubang Tanam

Setelah lahan siap, buat lubang dengan bentuk bujur sangkar berukuran 50 atau 100 cm. Tanah galian tersebut kemudian dicampur dengan pupuk kandang matang 20kg, lalu masukkan kembali tanah bekas galiannya. Biarkan selama 1 minggu sebelum bibit di tanam tujuanya untuk menggemburkan tanah sehingga pengakaranya lebih bagus dan kuat.

5. Jarak Tanam

Jarak tanam 7 x 7 Meter atau 10 x 10 Meter.

6. Penanaman

Proses penanaman durian montong yang paling ideal adalah pada awal musim hujan.

7. Pemeliharaan

Biaya perawatan/ Pemeliharaan kebun durian ini berkisar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 setiap pohon per tahun.

  • Pengairan

Pengairan dilakukan sejak awal pertumbuhan sampai tanam berproduksi. Pada waktu berbunga, penyiraman dikurangi dan penyiraman paling baik pada pagi hari.

  • Pemangkasan

Pemangkasan dilakukan terhadap tunas-tunas air, cabang atau rantingnya yang sudah mati dan terserang hama penyakit, serta ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari. Pemangkasan juga bertujuan untuk membentuk tanaman mencapai ketinggian tertentu 4-5 m pucuk tanaman dipangkas.

  • Pemupukan

Pupuk yang digunakan adalah pupuk organik. Dosis dan jenis pupuk tergantung pada jenis dan kesuburan tanah, menggunakan pupuk NPK yang kadar N nya tinggi. Pemberian pupuk kandang dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Sedangkan pupuk makro sesuai dengan umur tanaman. Dosis pemberian pupuk kandang yang dianjurkan tergantung pada umur tanaman, misalnya 50 kg / pohon ( umur 1 tahun ), 70 kg / pohon ( umur 2 tahun ), setiap tahun dosis pemberian pupuk di tingkatkan hingga mencapai 300 kg / pohon pada umur 10 tahun. Sedangkan pupuk anorganik dianjurkan menggunakan NPK.

8. Merangsang Pertumbuhan Bunga

Selain dengan menggunakan pupuk NP, pertumbuhan bunga pada durian montong dapat dirangsang dengan memberikan hormon tertentu seperti yang dilakukan di Malaysia dan Thailand. Zat yang bisa merangsang pertumbuhan durian diantaranya: Paclobutrasol, zat ini sebenarnya memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan daun dan merangsang pertumbuhan bunga. Karena itu bila di berikan secara tepat juga bisa meningkatkan produksi durian.

9. Pengendalian Hama Penyakit

  • Penggerek Batang

Kerusakan : menyerang dengan cara membuat lubang pada batang, dahan, atau ranting tanaman durian. Serangannya di tandai dengan kotoran dan cairan berwarna merah dari bekas kayu yang di makan oleh penggerek tersebut, akibatnya tanaman menjadi layu, daun – daun menjadi kering dan rontok akhirnya tanaman bisa mengalami kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme