tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Durian Montong Secara Lengkap

Cara Budidaya Durian Montong – Durian, anda pastinya sudah kenal dengan buah yang satu ini bahkan mungkin menjadi penggemar berat buah ini. Buah ini memiliki daging yang legit dan enak serta memiliki aroma khasnya tersendiri. Permintaan dan harga dari buah ini yang selalu tinggi membuat budidaya durian sangat menjanjikan. Ada banyak sekali jenis durian, salah satu yang memiliki banyak peminat adalah jenis durian montong. Oleh karena itu, agar dapat menikmati sendiri ataupun mendapatkan keuntungan dari durian montong ini baiknya dilakukan budidaya durian montong.

Bisnis durian montong saat ini memang sangat ketat persaingannya, sehingga anda harus pandai-pandainya mengetahui cara menanam durian montong agar cepat berbuah dan menghasilkan buah yang enak dan berdaging tebal. Nah, bagi anda yang mungkin tertarik untuk mengetahui cara bertanam durian montong ada baiknya jika anda membaca postingan kali ini.

Cara Budidaya Durian Montong

cara budidaya durian montong

1. Memilih bibit durian montong yang berkualitas

Agar budidaya durian montong yang hendak anda mulai nantinya tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah durian yang lezat maka perlu dilakukan pemilihan bibit durian montong yang berkualitas. Untuk mendapatkan bibit yang berkualitas, anda bisa mendapatkannya di tempat pembibitan yang terpercaya di kota anda. Umumnya bibit durian yang dijual dalam bentuk okulasi, dan bibit yang sudah siap tanam sudah memiliki ketinggian mencapai ½ sampai 1 ½ meter dan sudah memiliki akar yang kuat. Harga bibit durian montong juga tidak terlalu mahal.

2. Syarat Tumbuh

Durian montong baiknya ditanam di daerah dengan ketinggian 50 – 600 meter diatas permukaan laut. Durian ini dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungan, sehingga bisa tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi hingga ketinggian 800 meter diatas permukaan laut dan dataran rendah yang memiliki ketinggian mencapai 10 meter di atas permukaan laut. Durian montong juga dapat tumbuh dengan baik pada suhu 22 – 30 derajat celcius.

Selain memperhatikan ketinggian daerah yang baik untuk menanam durian montong, tipe tanah yang akan dijadikan tempat menanam durian montong juga harus diperhatikan. Tipe tanah yang bagus adalah media tanah lempung berpasir yang sangat baik untuk mengikat dan menyerap air serta tidak gampang tergenang oleh air apabila terjadi hujan, serta subur dan kaya akan kandungan bahan organic.

Kadar keasaman atau PH yang cocok agar durian ini dapat tumbuh dengan baik adalah PH 6 – 7 dan berkembang dengan baik pada curah hujan angka 6 – 7 dan dapat tumbuh serta berkembang secara baik pada daerah yang memiliki curah hujan mencapai 1500 – 2500 mm/tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme