tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Cacing Tanah Secara Lengkap

Cara Budidaya Cacing Tanah – Cacing tanah adalah cacing berbentuk tabung dan tersegmentasi dalam filum Annelida. Mereka umumnya ditemukan hidup di tanah, memakan bahan organik hidup dan mati. Sistem pencernaan berjalan melalui panjang tubuhnya. Cacing tanah melakukan respirasi melalui kulitnya. Cacing tanah memiliki sistem transportasi ganda terdiri dari cairan selom yang bergerak dalam selom yang berisi cairan dan sistem peredaran darah tertutup sederhana.

Cacing tanah adalah jenis cacing yang sangat mudah untuk dibudidayakan karena siklus pertumbuhannya yang cepat. Selain itu, jenis cacing tanah sangat mudah dalam hal memlihara dan merawatnya karena dapat dikembangkan di media organik. Oleh karena itu, tidak heran jika budidaya cacing banyak dilakukan di bidang pertanian, peternakan, dan farmasi. Di Dunia farmasi cacing tanah banyak dimanfaatkan sbeagai bahan kosmetik dan obat. Hingga saat ini, permintaan akan cacing tanah meningkat, oleh karena itu bisnis ternak cacing menjadi sesuatu yang menjanjikan.

Namun, karena ketersediannya masih kuran mengingat permintaan akan cacing tanah sangat banyak untuk memnuhi pakan ternak. Maka ada baiknya jika cara budidaya cacing tanah dibahas pada kesempatan kali ini, agar anda yang sedang mencari peluang usaha bisa mencoba untuk melakukan ternak cacing tanah sebagai lahan bisnisnya. Berikut langsung simak saja, cara beternak cacing tanah.

Cara Budidaya Cacing Tanah

cara-budidaya-cacing-tanah

1. Menyiapkan lokasi budidaya cacing

Tanah yang akan diguanakan sebagai emdia budidaya cacing tanah adalah tanah yang mengandung bahan organik yang banyak. Bahan organik yang bisa digunakan adalah dedaunan yang gugur, kotoran ternak ataupun tanaman atau hewan yang sudah mati. Cacing tanah lebih menyukai bahan yang sudah mengalami pembusukan karena mudah dicerna.

1 Comment

Add a Comment
  1. saya sebenarnya berminat buat budidaya cacing, cuma pemasarannya yang masih bingung, nah kira2 pemasarannya cacing kemana saja ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme