tokoternak.com

tempatnya beternak

10 Langkah Cara Budidaya Jangkrik untuk Pemula

Perawatan Bibit & Calon Induk

Perawatan jangkrik yg sdh dikeluarkan dari kotak penetasan berumur 10 hari harus benar-benar diperhatikan & dikontrol makanannya, karena pertumbuhannya sangat pesat. Sehingga kalau makanannya kurang, maka anakan jangkrik akan menjadi kanibal memakan anakan yg lemah. Selain itu perlu juga dikontrol kelembapan udara serta binatang pengganggu, yaitu, semut, tikus, cicak, kecoa & laba-laba. utk mengurangi sifat kanibal dari jangkrik, maka makanan jangan sampai kurang. Makanan yg biasa diberikan antara lain ubi, singkong, sayuran & dedaunan serta diberikan bergantian setiap hari.

  • Sistem Pemuliabiakan

Sampai saat ini pembiakan Jangkrik yg dikenal adalah dengan mengawinkan induk jantan & induk betina, sedangkan utk bertelur ada yg alami & ada juga dengan cara caesar. Namun risiko dengan cara caesar induk betinanya besar kemungkinannya mati & telur yg diperolehtidak merata tuanya sehingga daya tetasnya rendah.

  • Reproduksi & Perkawinan

Induk dpt memproduksi telur yg daya tetasnya tinggi ± 80-90 % apabila diberikan makanan yg bergizi tinggi. Setiap peternak mempunyai ramuan-ramuan yg khusus diberikan pada induk jangkrik antara lain: bekatul jagung, ketan item, tepung ikan, kuning telur bebek, kalk & kadang-kadang ditambah dengan vitamin.

Disamping itu suasana kandang harus mirip dengan habitat alam bebas, dinding kandang diolesi tanah liat, semen putih & lem kayu, & diberi daun-daunan kering seperti daun pisang, daun jati, daun tebu & serutan kayu.

Jangkrik biasanya meletakkan telurnya dipasir atau tanah. Jadi didalam kandang khusus peneluran disiapkan media pasir yg dimasukkan dipiring kecil. Perbandingan antara betina & jantan 10 : 2, agar didapat telur yg daya tetasnya tinggi. Apabila jangkrik sudah selesai bertelur sekitar 5 hari, maka telur dipisahkan dari induknya. Hal ini bertujuan agar tidak dimakan induknya. Lakukan penyemprotan bagian dalam kandang dengan larutan antibiotik (cotrymoxale).Selain peneluran secara alami, dpt juga dilakukan peneluran secara caesar. Akan tetapi kekurangannya ialah telurtidak merata matangnya (daya tetas).

  • Proses kelahiran

Sebelum penetasan telur sebaiknya terlebih dahulu disiapkan kandang yg permukaan dlm kandang dilapisi dengan pasir, sekam atau handuk yg lembut. dlm satu kandang cukup dimasukkan 1-2 sendok teh telur dimana satu sendok teh telur diperkirakan berkisar antara 1.500-2.000 butir telur. Selama proses ini berlangsung warna telur akan berubah warna dari bening sampai kelihatan keruh. Kelembaban telur harus dijaga dengan menyemprot telur setiap hari & telur harus dibulak-balik agar jangan sampai berjamur. Telur akan menetas merata sekitar 4-6 hari.

7. Pemeliharaan

  • Sanitasi & Tindakan Preventif

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa dlm pengelolaan peternakan jangkrik ini sanitasi merupakan masalah yg sangat penting. utk menghindari adanya zat-zat atau racun yg terdapat pada bahan kandang, maka sebelum jangkrik dimasukkan kedalam kandang, ada baiknya kandang dibersihkan terlebih dahulu & diolesi lumpur sawah. utk mencegah gangguan hama, maka kandang diberi kaki & setiap kaki masing-masing dimasukkan kedalam kaleng yg berisi air.

  • Pengontrolan Penyakit

Untuk pembesaran jangkrikn dipilih jangkrik yg sehat & dipisahkan dari yg sakit. Pakan ternak harus dijaga agar jangan sampai ada yg berjamur karena dpt menjadi sarang penyakit. Kandang dijaga agar tetap lembab tetapi tidak basah, karena kandang yg basah juga dpt menyebabkan timbulnya penyakit.

  • Perawatan Ternak

Perawatan jangkrik disamping kondisi kandang yg harus diusahakan sama dengan habitat aslinya, yaitu lembab & gelap, maka yangtidak kalah pentingnya adalah gizi yg cukup agartidak saling makan (kanibal).

  • Pemberian Pakan

Anakan umur 1-10 hari diberikan Voor (makanan ayam) yg dibuat dari kacang kedelai, beras merah & jagung kering yg dihaluskan. Setelah vase ini, anakan dpt mulai diberi pakan sayur-sayuran disamping jagung muda & gambas. Sedangkan utk jangkrik yg sedang dijodohkan, diberi pakan antara lain : sawi, wortel, jagung muda, kacang tanah, daun singkong serta ketimun karena kandungan airnya tinggi. Bahkan ada juga yg menambah pakan utk ternak yg dijodohkan anatar lain : bekatul jagung, tepung ikan, ketan hitam, kuning telur bebek, kalk & beberapa vitamin yg dihaluskan & dicampur menjadi satu.

  • Pemeliharaan Kandang

Air dlm kaleng yg terdapat dikaki kandang, diganti setiap 2 hari sekali & kelembapan kandang harus diperhatikan serta diusahakan agar bahaya jangan sampai masuk kedalam kandang.

8. Makanan Untuk Jangkrik Yang Tepat

cara-beternak-jangkrik-untuk-pemula

Makanan jangkrik yang tepat memang harus di sediakan apabila ingin mendapatkan hasil panen yang bagus. Pakan ini terdiri dari pakan utama dan tambahan. Pakan tersebut bisa dapatkan dengan mudah di toko-toko pakan ternak terdekat di Kota Anda. Makanan Jangkrik yang tepat adalah :

  • Voor/konsentrat untuk pakan Ayam

Voor/Konsentrat adalah pakan utama Jangkrik, memang seharusnya untuk pakan Ayam, namun pakan buatan ini sangat di butuhkan oleh Jangkrik agar dapat tumbuh dengan optimal. Voor yang baiknya di berikan adalah produk dari Phokpan dengan seri 511. Phokpan 511 memang kandungan gizinya sangat cocok untuk Jangkrik. Alasan lain memakai produk dengan seri ini adalah harganya yang sangat miring dan juga mudah di dapat. Pemberian Phokpan 511 ini harus di haluskan terlebih dahulu karena dapat membantu pencernaan Jangkrik dan juga agar lebih mudah di makan.

Memang pakan utama ini sangat penting dan sebaiknya harus tetap di berikan, peternak lain banyak menggunakan merk atau jenis voor lainnya untuk selingan. Sudah banyak yang menggunakan pelet ikan, voor puyuh dan lain sebagainya, namun pada intinya pemberian voor sangat wajib jika ingin Jangkrik dapat tumbuh optimal.
Pakan Jangkrik Khusus HI-PRO-VITE medicated 371
Untuk yang kebingungan memilih voor/konsentrat yang tepat untuk Jangkrik dapat memakai pakan Jangkrik khusus, yaitu dengan memberikan pakanHI-PRO-VITE medicated 371, yang merupakan pakan komplit tepung untuk Jangkrik yang di produksi oleh PT Charoen Pokphand Indonesia yang berikisar dengan harga 365.000.

  • Sayuran-Sayuran dan Buah (pakan tambahan)

Pemberian pakan tambahan/pendamping/selingan juga sangat penting agar Jangkrik tidak bosan memakan pakan utama saja. Pakan pendamping ini bisa menggunakan sayur, buah, atau dedaunan hijuan lainnya. Pemberian pakan pendamping ini sebaiknya di berikan yang berkarakter memiliki kandungan air yang tinggi agar dapat menjadi sumber minuman untuk Jangkrik.

Perlu di ketahui bahwa di dalam alam bebas, Jangkrik sangat gemar menyantap dedaunan hijau yang segar. Hal ini tentunya juga menjadi pelajaran buat para peternak Jangkrik supaya juga memberi asupan makanan berupa tumbuhan hijau dan buah. Jika di alam bebas Jangkrik sangat menyukai daun krokot maka di dalam box budidaya sebaiknya di berikan pakan pendamping. Pakan pendamping seperti buah pepaya muda yang sudah di iris-iris, daun pepaya muda/tua, pohon pepaya (bagian dalam pohon), daun pisang, gedebog pisang (bagus untuk minuman Jangkrik), daun ketela, sawi putih, gambas, dan sayuran lainnya yang sekiranya murah dan mudah di dapat.

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme