tokoternak.com

tempatnya beternak

10 Langkah Cara Budidaya Jangkrik untuk Pemula

loading...

Cara Budidaya Jangkrik untuk Pemula – Di era modern ini persaingan akan dunia bisnis semakin ketat, kita harus pandai mencari bisnis yang menjanjikan dan belum terlalu banyak persaingan. Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan adalah bisnis jangkrik. Jangkrik berasal dari bahasa latin (Gryllidae), hewan ini adalah jenis hewan yang aktif di malam hari dan memiliki suara khas. Alasan utama mengapa usaha ternak jangkrik bagus untuk dimulai adalah untuk mendapatkan penghasilan karena hasil panen jangkrik akan di jual dan di gunakan sebagai sumber pakan binatang peliharaan seperti; burung, ikan hias, musang, garangan, ular, aneka reptil, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Dalam cara ternak Jangkrik, jenis ternak yang paling sering di budidayakan adalah jangkrik jenis kalung madu, upo, aduan, sliring alam, genggong, gangsir putih. Jenis jangrik tersebut memang paling banyak dibudidayakan untuk dijadikan sebagai pakan binatang peliharaan. Cara berternak jangkrik memang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Budidaya jangkrik kalung dan sliring berbeda dengan cara beternak jangkrik aduan, karena jangkrik aduan indukannya di ambil dari alam bebas, sedangkan untuk jangkrik sliring dan kalung madu indukan dan bahkan telurnya di dapatkan melalui pembelian.

Pada postingan ini, akan dibahas secara lengkap mengenai cara budidaya jangkrik untuk pemula dalam usaha ini. Pada postingan ini akan diulas mendalam budidaya jangkrik lengkap hingga menghasilkan ternak jangkrik yang berkualitas. Cara budidaya jangkrik juga sangat mudah dan tidak ribet. Ada banyak metode mengenai cara ternak jangkrik untuk pemula mulai dari metode tradisional hingga metode modern dengan menggunakan ember dan pasir sebagai media telur Jangkrik, kardus dan triplek sebagai kandang utama Jangkrik. Tapi pada postingan ini yang akan dibahas mengenai Cara Budidaya Jangkrik untuk Pemula yang paling simpel dan mudah tentunya sudah banyak di lakukan dalam usaha ternak Jangkrik skala kecil/rumahan. Silahkan simak langkahnya di bawah ini.

Cara Budidaya Jangkrik untuk Pemula

cara-budidaya-jangkrik-untuk-pemula

1. Penyiapan lokasi budidaya

Untuk Beternak jangkrik memang sebaiknya memilih lokasi dan model kandang jangkrik yang sesuai dengan kriteria lingkungan hidup jangkrik. Seperti yang kita ketahui Jangkrik bisa dibilang hewan musiman bukan berarti hanya ada pada musim tertentu namun ini lebih pada kehidupan/populasi normal hanya saat-saat musim tertentu. Misalnya saja jangkrik banyak hidup diarea persawahan dimana tanah kering dan udara panas. Menjelang musim penghujan Populasi Jangkrik meningkat tajam namun juga tidak semua area disinggahi oleh populasi jangkrik ini. Misalnya saja dari sekitar 100 petak sawah hanya sekitar 12-15 petak saja yang banyak terdapat Jangkrik sedangkan lainya sangat jarang bahkan hampir tidak ada. Ini juga dapat menjadi pelajaran bahwa jangkrik memilih lokasi yang cocok untuk hidupnya, jika lokasi kurang sesuai maka akan ditinggalkan atau tidak dapat bertahan walaupun lokasi masih dalam satu area.

Hal ini juga berlaku pada kegiatan Budidaya Ternak Jangkrik, beda tempat beda juga hasilnya walaupun pada area yang sama. Jadi kita harus jeli sebagai Peternak Jangkrik harus paham betul mengenai lingkungan hidup yang baik bagi Jangkrik jika lokasi yang kita punya seperti ini maka seperti apa kita harus mengatur kandangnya! Intinya tetap pada pemilihan lokasi/mengatur lokasi yang kurang sesuai menjadi lokasi yang disukai oleh jangkrik. Jika Jangkrik adalah hewan musiman maka desain Kandang Jangkrik dibuat agar suhu lingkungan seperti pada musim Jangkrik di alam bebas. Sehingga kegiatan Budidaya dapat dijalankan sepanjang tahun dan sepanjang masa tanpa mengenal musim yang silih berganti. Ini adalah PR yang sulit untuk di adaptasi karena kita akan melawan kehendak alam, namun untuk keberhasilan Budidaya Jangkrik PDF semua dapat diatur! Jadi jangan takut menjadi Pembudidaya Jangkrik meskipun masih pemula.

1 Comment

Add a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme