tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Secara Lengkap

Langkah-langkah sebagai berikut :

  • Siapkan Bak / Ember.
  • Masukan air kolam yang akan dijadikan tempat budidaya ikan lele ke dalam Bak / ember tersebut.
  • Masukan Benih Lele yang akan ditebar ke dalam Bak / ember tadi.
  • Diamkan sekitar 30 Menit (hal ini bertujuan agar benih ikan lele beradaptasi dengan air kolam terpal) dan untuk menghilang stres ikan setelah di pindahkan dari habitat penangkaran dan akan masuk kehabitat baru.
  • Setelah 30 menit, masukkan ikan ke dalam kolam terpal. Penebaran benih ikan lele, baiknya dilakukan pada pagi atau malam hari karena di waktu pagi atau malam hari kondisi air relatif lebih stabil. Setelah lele berumur lebih dari 20 hari, lele perlu disortir dengan menggunakan bak penyortir berukuran 9 -12 cm.

Proses penyortiran bertujuan untuk memisahkan lele besar dan lele kecil. Karena lele kecil akan sulit mendapatkan makanan karena kalah cepat dengan lele yang lebih besar sehingga akan memperlambat laju pertumbuhan ikan sebagian. Oleh karena itu, ada baiknya sejak awal disediakan dua kolam ukuran dengan yang sama yang tujuannya untuk memisahkan ikan yang sudah di lakukan sortir.

Akan tetapi jika, lokasi yang ada tidak cukup luas. Maka ikan kecil hasil sortiran tadi diletakkan saja di kolam yang kecila atau di bak penyimpanan.

5. Pengaturan Kualitas air

Proses penguapan, pastinya akan membuat air di dalam kolam lambat laun akan berkurang. Oleh karena itu perlu dilakukan penambahan air. Pada tingkat air 20 cm (bulan pertama), 40 cm (bulan kedua), dan 80 cm (bulan ketiga).

Warna hijau pada kolam terpal ikan lele menunjukkan bahwa kualitas air yang baik untuk ikan lele. Lele tidak suka air jernih. Air akan berubah merah ketika ikan lele sudah dewasa dan siap di panen.

6. Kedalaman air

Air pada kolam sebaiknya jangan dibiarkan terlalu rendah, karena penguapan akan membuat ikan panas. Jadi, sebaiknya ketika air sudah terlihat sangat rendah maka tambahkan air ke kolam. Tambahkan pula tanaman air seperti kangkung, daun talas / talas, dan eceng gondok. Fungsi tanaman tersebut sebagai tanaman peneduh, selain itu juga dapat menyerap racun yang terkandung dalam air kolam. tingkat air kolam 20 cm (bulan pertama), 40 cm (bulan kedua), dan 80 cm (bulan ketiga).

7. Perhatikan Tingkat Kejernihan Air

Pada dasarnya lele tidak suka dengan air yang jernih. Sistem pernapasan ikan lele menggunakan labirin, sehingga lele bernafas tidak bergantung pada oksigen terlarut dalam air. Sehingga meskipun dalam kondisi oksigen yang kuran, lele tetap dapat bertahan hidup.

8. Pemberian Pakan

Cara budidaya lele kolam terpal untuk pemberian pakannya, sebaiknya dilakukn sebanyak 3 kali sehari yaitu pukul 07:00 pagi, 17:00 dan 22:00. Makanan tidak selalu harus 3 kali sehari, bisa jadi 4 kali, tergantung pada kebutuhan ikan akan makan. Pakan yang diberikan pada ikan lele kolam terpal baiknya menggunakan jenis sentrat ikan 781-1 karena di dalamnya mengandung nutrisi yang di butuhkan ikan protein minimal 35%, lemak 10-16%, karbohidrat 15-25%, vitamin dan mineral. .

Pemberian pakan tidak boleh terlalu berlebihan karena akan menimbulkan berbagai macam jenis penyakit akibat pakan yang mengendap yang tidak termakan oleh ikan. akan menyebabkan amonia beracun.

9. Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit tidak bisa dianggap remeh karena hal ini akan mempengaruhi volume produksi dan tingkat keberhasilan dalam budidaya ikan lele kolam terpal. Hama yang biasanya menyerang adalah berang-berang, burung pemakan ikan, kucing, dll Adapun penyakit seperti virus dan bakteri.

Pencegahan adalah dengan menggunakan semacam penghalang sehingga tidak ada hewan liar yang masuk ke kolam dan makan benih lele. Untuk penyakit dapat diberikan obat-obatan yang banyak tersedia di toko perikanan, tergantung pada jenis penyakit yang menjangkit ikan lele.

10. Panen Lele Kolam Terpal

Setelah waktu Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal mencapai 90 hari, maka ikan lele siap untuk dipanen. Biasanya ikan yang layak panen untuk dikonsumsi atau dijual 4 sampai 7 ekor per kg atau sesuai dengan keinginan pembeli.

Sekian postingan mengenai Budidaya ikan lele di kolam terpal, semoga postingan ini bermanfaat dan menambah informasi untuk anda yang ingin memulai bisnis ikan lele. Terimakasih telah berkunjung , jangan lupa share artikel ini ke teman anda 🙂

1 Comment

Add a Comment
  1. Pingback: betterscooter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme