tokoternak.com

tempatnya beternak

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Secara Lengkap

 Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal – Lele merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dengan cara budidaya yang terbilang cukup mudah dan simpel. Ada beberapa macam jenis ikan lele, diantaranya lele seperti lele sangkuriang, lele dumbo dan lele lokal. Mengenai cara membudidayakan ikan lele tidak memerlukan teknik khusus, cukup dengan menyediakan kolam serta pakan yang cukup maka ternak ikan lele akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

Budidaya ikan lele tergolong bisnis yang cukup menjanjikan dan tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya. Tiap tahun, permintaan pasar akan ketersediaan ikan ini meningkat dengan pesat. Jenis ikan lele yang paling banyak di budidayakan adalah jenis ikan lele dumbo.

Salah satu teknik budidaya ikan lele adalah budidaya ikan lele di kolam terpal. Budidaya ini memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan cara budidaya ikan lele lainnya. Keuntungannnya diantaranya:

  • Bisa dilakukan dengan sumber daya air yang terbatas dengan jumlah tebar benih tinggi.
  • Aman dari hewan pemangsa ikan, seperti ular.
  • Dilengkapi dengan volume air yang berguna untuk memfasilitasi perubahan air dan tanaman dan untuk memfasilitasi penyesuaian ketinggian air sesuai dengan usia ikan.
  • Kualitas ternak ikan lele yang dihasilkan lebih baik, ikan terlihat lebih bersih.
  • Lebih mudah saat melakukan panen.
  • Feksibel, sehingga kolam dapat dipindah jika diperlukan.
  • Ikan lele yang dihasilkan tidak berbau lumpur.

Cara Budidaya Ikan Lele di kolam terpal

budidaya-ikan-lele-di-kolam-terpal

Budidaya ikan lele kolam terpal memang terbilang sangat mudah, hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Penyedian Kolam Terpal Lele

Hal pertama yang harus disediakan dalam beternak lele kolam terpal adalah penyedian kolammnya. Terlebih dahulu sediakan terpal yang tebal yang mampu menahan tekanan air yang besar. Kemudian terpal dicuci dengan menggunakan sabun untuk menghilankan lem dan bahan kimia yang dapat membahayakan bibit lele. Setelah itu, siapkan bambu untuk kerangka kolam, usahakan bentuk kerangka cukup kokoh agar suapaya tidak rusak atau roboh ketika dimasukkan air. Untuk dasar dan dinding kolam dapat anda tambahkan papan kayu biar kuat. Setelah itu taruh terpal diatasnya dan ikat dengan kuat. Ukuran kolam dapat di sesuaikan dengan lahan. Umumnya 2×4 atau 3×4 meter dengan kedalaman sekitar 0,5 meter. Setelah itu bilas terpal hingga bersih dan keringkan selama 1 hari. Setelah itu isi air setinggi 20 cm dan diamkan diamkan selama kurang lebih 1 minggu agar lumut tumbuh dan fito plankton tumbuh.

 

2. Pemilihan tipe budidaya ikan Lele

Setelah ternak lele kolam terpal tersedia. Hal selanjutnya adalah menentukan tujuan budidaya ikan lele terpal. Ada 2 tipe budidaya ikan di kolam terpal, yaitu budidaya ikan lele anakan dan untuk konsumsi. Yang dimaksud dengan budidaya ikan lele anakana adalah budidaya yang bertujuan untuk diambil anakannya semata, tujuanya untuk dijual dalam bentuk bibit anakan lele. Umur anakan ini antara 1-2 bulan. Sedangkan budidaya lele konsumsi adalah budidaya yang tujuannya untuk konsumsi dan sudah berumur 4 bulan atau sudah masuk ukuran siap dijual ke pasar.

3. Pemilihan Benih ikan lele

Dalam pemilihan benih ikan lele yang hendak di budidayakan, harus dipilih benih yang unggul. Ciri benih ikan lele yang unggul diantaranya:

  • Benih Terlihat aktif Melakukan oksigenasi.
  • Gesit, Agresif Dan cerah.
  • Ukuran Terlihat Sama Rata.
  • Warna Sedikit Lebih Terang.

4. Penebaran Benih

Jika ukuran kolam yang tersedia adalah 2m x 1m x 1m maka benih yang disebar sebanyak 1000 lele dumbo/sangkuriang ukuran 1,5-2 inci. Namun, jika budidaya ikan lele dalam terpal dilakukan dalam kuota yang besar maka penebaran benih lele, silahkan anda akumulasikan sendiri dengan perbandingan sesuai ketentuan diatas. Benih ikan lele yang hendak dibudidaya jangan segera dimasukkan ke dalam kolam terpal, tetapi lakukan peredaman terlebih dahulu untuk menyesuaikan benih ikan dengan air di kolam budidaya.

1 Comment

Add a Comment
  1. Pingback: betterscooter.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme