tokoternak.com

tempatnya beternak

Penyakit Infectious Coryza (Coryza) pada Ayam Broiler

loading...

Penyakit Infectious Coryza (Coryza) pada Ayam BroilerPenyakit Infectious Coryza (Coryza) pada Ayam Broiler – sobat tokoternak(.)com tahukah tentang penyakit ini? Yang disebabkan oleh bakteri  Hemophilus Paragallinarum. Penyakit ini bisa dikatakan penyakit ganas yang menyerang, apalagi bila berkomplikasi lain seperti infeksi Mycoplasma galliseptium (Cronic Respiratory Disease). Penyakit ini menyerang secara cepat dengan tingkat morbidity (tingkat serangan) tinggi.

Sobat tokoternak untuk lebih lanjut ada baiknya kalau kita pun harus mengetahui beberapa gejala yang  akan terlihat bila ayam broiler peliharaan kita terserang penyakit. Nah, lalu apa saja gejala-gejalanya yuk disimak.

  • Terjadi peradangan (conjunctivis) di saluran penghubung antara saluran pernapasan.
  • Terjadi pembengkakan di daerah mata yaitu daerah kelopak mata dan muka (terutama daerah cuping ayam)
  • Terjadi penyumbatan lendir yang mengental (eksubat) di lubang hidung sehingga ayam selalu menggelengkan kepala berupaya membebaskan sumbatan (oculonasal discharge)
  • Jika serangan menjadi kompleks, terutama adanya infeksi Mycoplasma gallisepticum, gajala di atas berlangsung lebih lama dan akan tampak lebih jelas.
  • Napas ayam berbunyi dan ayam mengalami diare.
  • Terdapat lesion di sepanjang saluran pernapasan berupa catarrhal inflammation. Satu atau kedua belah sinus infraorbital akan berisi eksudat .
  • Konsumsi pakan dan produksi telur menurun secara dratis.images

 

Sobat tokoternak meskipun penyakit Infectious Coryza ini tergolong penyakit ganas dan memiliki tingkat kematian yang tinggi namun sebenarnya penyakit ini bisa diatasi dengan beberapa cara, diantaranya dengan pencegahan dan pengobatan.

Dipencegahan sendiri  ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu;

Pertama, Melakukan vaksinasi denga menggunakan bacterin. Vaksinasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh ayam. Pada ayam dara (pullet) yang dipelihara dengan sistem umur banyak (multiple age) dan pernah terinfeksi disarankan memberikan vaksinasi daua kali dnegan interval 3-5 minggu.

Kedua, Melakukan desinfeksi atau memberikan antibiotic yang terdiri dari spectinomycin, foruxone, neomycin, novobiocin dan tetracycline.

Lalu bagaimana cara pengobatan ayam ternak kita bila terserang penyakit ini? Sama halnya dengan pencegahan, untuk tahap pengobatan penyakit ini bisa dilakukan dengan dua cara, apa saja?

  • Beberapa obat dan antibiotic yang sering digunakan adalah streptomycin, erythromycin, spectinomycin, sulfadimethoxine, dan tylosin tartrate.
  • Menambahkan preparat sulfonamides dan antibiotic ke dalam pakan atau air minum. Ayam akan memberikan respon yang baik, tetapi akan kambuh lagi jika pengobatan dihentikan.

 

Nah, begitulah sobat-sobat tokoternak, mengenai penyakit Infectious Coryza ini, semoga bermanfaat.

Updated: May 1, 2016 — 5:20 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme