tokoternak.com

tempatnya beternak

Tips Menghindari Stres dan Tes darah Ayam Broiler

Tips Menghindari  Stres dan  Tes darah Ayam Broiler

Tips Menghindari  Stres dan  Tes darah Ayam Broiler – Sobat tokoternak(.) bila sebelumnya kita sudah sedikit mambahas mengenai factor-faktor  yang menyebabkan vaksin mati, sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara menghindari stes pada ternak ayam broiler kita. Seperti kita ketahui stress erat kaitannya dengan sistem hormonal, factor-faktor pemicu stes diantaranya yakni cuaca, vaksin, serta perlakuan ayam terhadap ayam tersebut. Dari sana akan memicu stress akan direspon oleh otak besar  (hypothalamus) yang memerintahkan otak kecil ( piluitary gland) untuk menambah produksi hormone adenocorticotropik, dan kemudian hormone tersebut akan dibawa melalui peredaran darah menuju glandula adrenal yang memproduksi corticosterone.

Adanya hormone adenocorticotropik menyebabkan kadar coricosterone tinggi dan hal itu menyebabkan detak jantung bertambah serta tekanan darah meningkat, daya nafsu makan menurun, kegiatan seksualita menurun, pertumbuhan rendah,plasma glikogen rendah, antibodinya yang diproduksi berkurang dengan begitu daya tahan tubuh kepada berbagai macam penyakit menjadi rendah.Tips Menghindari  Stres dan  Tes darah Ayam Broiler

Berikut beberapa cara untuk mencegah stress pada ayam.;

  • Menghindari perlakuan kasar saat pemeliharaan serta suara yang berisk disekitar kandang ayam.
  • Memberikan multivitamin dan eletrolit bila terjadi sesuatu yang menyebabkan ayam stress saat sebelum serta sesudah vaksin.
  • Memperlakukan ayam dengan penuh hati-hati, tidak kasar saat vaksin atau saat ayam puller dipindahkan ke dalam kandang.
  • Menempatkan segala perlengkapan kandang dengan tepat dan juga memadai.
  • Terus menghindari gas anomia yang meningkat serta senantiasa menjaga kebersihan kandang yang terpenting
  • Mengupayakan agar lingkungan di sekitar kandang selalu stabil, seperti perubahan peralatan, temperature, aktivitas sehari-hari, sampai petugas tidak berubah-ubah secara mendadak.

 

Cara berikutnya untuk mengetahui perkembangan penyakit seekor ayam yakni dengan cara tes darah (blood Testing), hal ini merupakan upaya untuk mengontrol jenis penyakit di sekitar kawasan usaha peternakan ayam, nah mengenai penyakit apa saja yang bisa dideteksi melalui program tes darah ini, berikut; IB, Virus ND, flu burung, typhoid, pullorum, dan mycoplasma. Aalangkah bijaknya bila program ini harus dijalankan secara teratur ,  tak hanya bisa mendeteksi penyakit ternyata denga program tes darah ini kita bisa mengetahui tingkat titer antibody  ayam dengan program  vaksin  yang sedang berjalan.

 

Adapun beberapa tes lain yang bisa diterapkan guna mendeteksi sebuah penyakit diantaranya; exposure test, eggs swab test, fluff test, swab test, serta water test. Nah itu beberapa diantaranya mungkin ada lebih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Updated: April 19, 2016 — 4:45 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme