tokoternak.com

tempatnya beternak

Tata Cara Melaksanakan Vaksin

Tata Cara Melaksanakan Vaksin Tata Cara Melaksanakan Vaksin –  Hai, sobat tokoternak(.)com setelah kita mengenal apa itu program vaksin, kini saatnya kita tahu bagaimana tata cara melaksanakan vaksin pada ayam broiler pada peternakan kita, agar kita tidak salah dalam pemberian vaksin. Vaksin pada umumnya dilakukan dengan 9 cara, diantaranya; melalui pakan dan minuman, tetes mata, hidung dan  mulut, suntik daging, suntik bawah kulit, penyemprotan serta tusuk jarum, di sini kita akan bahas satu persatu yah;

Oke sobat tokoternak mari kita mulai dari Tetes Hidung (Intra Nasal), cara ini sepertinya emang terlihat mudah nih sobat, cukup dengan cara pelarut dituangkan ke dalam botol. Botol ditutup lalu dikocok kemudian tutup botol diganti dengan tutup botol tetes mata agar mudah untuk proses pentetesannya dan tentu agar lebih hemat.  Agar vaksin cepat habis maka ada baiknya kalau vaksin dibagi menjadi empat bagian oleh pelaku vaksin secara bersamaan.

Tetes Mata, cara sebenarnya hampir sama dengan cara tetes hidung, vaksin yang sudah dilarutkan kedalam botol lalu diteteskan ke mata, cara sama persis kok dengan memvaksin melalui hidung.ayam1

Tetes Mulut (Oral), kalau vaksin ini sedikit berbeda dengan vaksin melalui hidung dan mata melainkan dengan cekok, namun cara ini hampir sama dengan cara  lewat air minum akan tetapi bedanya hanyalah setiap ayam dikasih vaksin secara indivindu.

Subcutaneous (Suntik bawah dagin) cara vaksin ini ialah dengan cara menyuntikan di bawah kulit sekitar leher dan persiapannnya sama dengan vaksin suntik daging, yang akan kita bahas dibawah ini.

Vaksin daging (Intramuscular), sesuai namanya vaksin ini dilakukan dengan cara menyuntikan vaksin ke dalam daging, biasanya dibagian paha dan dada. Nah, sebelum menyuntikan vaksin ke dalam daging, ada hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu yakni;

  • Vasksin harus dikocok terlebih dahulu, secara hati-hati sampai tercampur merata.
  • Semua peralatan yang digunakan haruslah seteril dari berbagaimacam ancaman virus, baik ketika melaksanakan vaksin maupun setelahnya.
  • Setelah itu, vaksin disuntikan ke bagian daging dengan dosis sesuai anjuran yang berlaku.

 

Feeding (Pakan), sebagaimana judulnya vaksin ini dilakukan dengan cara mencampurkan vaksin ke dalam makanan ayam. Seperti biasanya cara ini dilakukan sekedar pengaplikasi vaksin cocci. Pakan yang digunakan pun sebaiknya pakan yang bebas dari preparat anticocci (sulfaquinoxaline, amprolium, dan preparat sulfa lainnya) cara menggunakannya simple sekali, mencampurkan makanan dengan vaksin lalu diberikan kepada ayam.

Nah, itu beberapa cara yang kami sajikan untuk sobat tokoternak semuanya, semoga bermanfaat.

 

 

Updated: April 16, 2016 — 3:11 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme