tokoternak.com

tempatnya beternak

Pentingnya Sanitasi di Dalam dan Sekitar Kandang Ayam

loading...

Pentingnya Sanitasi di Dalam dan Sekitar Kandang Ayam Pentingnya Sanitasi di Dalam dan Sekitar Kandang Ayam – Sobat tokoternak(.)com, bila pada postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai mensanitasi di pintu gerbang kandang ayam maka alangkah baiknya bila kita pun membahas tentang sanitasi di dalam dan sekitar kandang guna mendapatkan hasil yang maksimal dari peternakan kita.

Setidaknya ada kurang lebih 11 hal yang harus dilakukan guna menjalankan program biosecurity di sekitar dan di dalam kandang ayam kita, berikut ini kami coba uraikan satu persatu;

  • Bila kita sudah mengetahui ada ayam yang terserang penyakit, maka baiknya peternak segera mengambil tindakan untuk memisahkan ayam tersebut atau dipisahkan ke dalam kandang karantina bahkan bila perlu dimusnahkan.
  • Jangan sesekali membawa binatang yang kita ketahui bakalan membawa penyakit ke sekitar kandang ayam, bila perlu kita basmi bintang tersebut.
  • Untuk kepentingan bersama maka sebaiknya kita membatas arus lalu lalang karyawan, mobil, peralatan kandang, bahkan perpindahan karyawan antara kandang satu dengan yang lainnya.
  • Senantiasa membersihkan kandang baik sekitara maupun didalamnya, termasuk perlengkapan kandang yang selalu kita gunakan dalam rangka produksi, baik itu tempat makan mau pun tempat minum.Pentingnya Sanitasi di Dalam dan Sekitar Kandang Ayam
  • Hal ini terlihat sepele, namun hal ini termasuk hal yang penting untuk dilakukan, yakni memastikan air di dalam parit sekitar kandang agar selalu mengalir.
  • Rutin-rutinlah melakukan penyemprotan disinfektan di dalam kandang dan disekitar kandang setidak-tidaknya berjangka 2-3 hari sekali. Tujuan penyemprotan ini dilakukan guna menekan tumbuh kembangnnya organism yang ada disekitar kandang dan juga di sekitar kandang.
  • Usahakan untuk menghindari pemeliharaan dengan umur yang beragam, usahakan semuanya sama dalam satu flock.
  • Sama halnya dengan menyemprot, peternak juga harus menambahkan kaporit ke dalam air minum dengan dosis 3-5 ppm hal ini juga berguna untuk mencegah berkembang biaknya organisme yang ada disekitar kandang.
  • Menjaga sirkulasi udara di daalam kandang dengan memperhatikan ventilasi yang ada, agar memastikan bahwa udara tetap dalam keadaan baik.
  • Mengontrol parasit. Banyak program pengontrolan parasit luar (ekstenal parasite control) dan bisa dilakukan di antaranya menggunakan antiparasit (Antipar, Cyperkiller, atau Sevin) untuk mengontrol kutu ayam bisa dilakukan dengan menggunakan belerang (sulfur) dosisnya 1 kg belerang untuk kandang seluas 20 m2
  • Terakhir yakni memastikan bahwa litter yang digunakan yakni dalam keadaan kering tidak berdebu dan bersih.

 

Nah, itulah sobat beberapa poin penting yang harus dilakukan agar kandang baik di dalam maupun diluar bersih dari berbagaimacam serangan penyakit  yang tidak kita inginkan agar peternakan kita mendapatkan hasil yang  maksimal, semoga bermanfaat.

Updated: April 12, 2016 — 11:29 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme