tokoternak.com

tempatnya beternak

Pentingnya Mengatur Ventilasi dan Temperatur Kandang Ayam

Pentingnya Mengatur Ventilasi dan Temperatur  Kandang AyamPentingnya Mengatur Ventilasi dan Temperatur  Kandang Ayam –  Pada masa pertumbuhan sekarang ventilasi sangat penting dan sama pentingnya saat masa pemanasanan. Ada dampak baik bila ventilasi berjalan sesuai prosedur dan ada pula dampak buruk bila terjadi sebaliknya. Ventilasi memilik peranan penting untuk masalah pergerakan udara, apalagi bila menggunakan sistem kandang jenis terbuka atau disebut dengan opened house, jika kandang mendapat suplai udara yang lancer sehingga menyebabkan perputaran undara di dalam kandang berjalan dengan baik dapat menghindarkan ayam-ayam dari berbagai macam penyakit.

Nah, apabila yang terjadi sebaliknya ventilasi berjalan tidak berjalan dengan baik maka yang akan terjadi temperature disekitar kandang meningkat, kelembapan pun ikut tinggi yang parah lagi penumpukan gas beracun seperti karbon dioksida, ammonia, karbon momoksida  dan terakhir persediaan oksigen minipis. Dan hal itu tentu saja menimbulkan berbagai macam penyakit yang akan hinggap di ayam-ayam tersebut.Pentingnya Mengatur Ventilasi dan Temperatur  Kandang Ayam

Idealnya kualitas udara dalam kandang itu terdiri dari;

Oksigen, 19,6%

Kelembapan, 45-65%

Karbon Dioksida, 0,3 %

Karbon monoksida, 10 ppm

Amonia, 10 ppm

Debu 3,4 mg/m3

Bagaimana dengan temperature sebuah kandang ayam?

Pada umumnya di Indonesia temperature pada siang hari bisa mencapai 27-34o C bahkan bila memasuki musim panas temperature bisa mencapai 38o C. Nah, sementara temperature yang ideal untuk ayam broiler ialah 23-26 o c temperature seperti ini bisa didapat bila ventilasi tersebut bila terkontrol dengan kandang tertutup. Dalam kasus ini, ada pengaturan temperature udara di dalam kandang yang erat kaitannya dengan sebuah sistem temperature yang diterapkan.

Pada umunya di Indonesia semua peternak menggunakan kandang terbuka dan panggung yang pada bagian atap menggunakan monitor beserta kipas guna memberikan hujan buatan. Ada hal yang harus diperhatikan bila temperature sebuah kandang terlalu tinggi, yakni sebuah pengaruh negative terhadap ayam tersebut diantaranya konsumsi terhadap minum akan meningkat, sementara konsumi pakan mengalami penurunan sementara itu frekuensi napas meningkat.

Nah itulah beberapa pemaparan mengenai  pentingnya mengatur sebuah ventilasi dan temperature kandang ayam. Semoga bermanfaat yah sobat tokoternak(.)com

Updated: April 10, 2016 — 3:47 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme