tokoternak.com

tempatnya beternak

Pentingnya Mengatur Pemberian Pakan Ayam

Pentingnya Mengatur Pemberian Pakan AyamPentingnya Mengatur Pemberian Pakan Ayam – Pemberian pakan ayam broiler sebenarnya tidak boleh sembarangan karena harus ada beberapa tahapan serta petunjuk-petunjuk yang harus diikuti. Nah, untuk jenis pakan pada masa pertumbuhan/pembesaran DOC itu menggunakan jenis pakan grower dengan kandungan protein kasar sekitar 19-21 % dari bentuk butiran (crumble).  Masalah pemberian pakan, peternak haruslah memberikan pakan dengan menggunakan sekop kecil seperti alat untuk mengambil beras.

Cara pemberian harus dilakukan secara terukur, seragam dan pastinya seusai pertempat pakannya, dan juga harus teratur mengenai waktu untuk memberikan pakan ayam, yakni berikan pakan pada waktu dimana cuaca lagis sejuk, dan berusahalah untuk tidak member pakan pada saat cuaca lagi panas, waktu tersebut kisaran pada pukul 11.-15.30

Mengenal berapa kali dalam sehari untuk memberi pakan pada DOC? Frekuensi pemberian pakan pada umumnya dilakukan sebanyak 3 kali sehari dengan urutan waktu pada pukul 06.00, 16.30 serta pada  petang hari pukul 18.30 untuk membudahkan pekerjaan ada cara tersendiri dalam proses pemberian pakan.Pentingnya Mengatur Pemberian Pakan Ayam

Apabila pakan masih dalam sebuah karung  maka tuangkanlah terlebih dahulu ke dalam sebuah ember, dari sana baru kemudian dituangkan secara tepat dan hati-hati ke dalam tempat pakan ayam. Cara ini memang terkesan seperti membuang banyak waktu dan tenaga, namun tahukah sobat tokoternak(.)com bahwasanya cara inilah yang  lebih baik dan berpengaruh untuk produktifivatas peternakan kita.

Apa alasannya? Dengan cara ini sebenarnya kita sudah berusaha menekan seminimal mungkin pakan yang tercecer serta pendistribusian pakan akan merata. Dari sana kita bisa  memberikan hak pada ayam untuk mendapatkan pakan yang sama, selain itu tingkat kompetisi ayam untuk mendapatkan pakan akan rendah, serta membantu laju pertumbuhan setiap ayam menjadi tinggi dan memiliki ukuran uang seragam.

Sering kali, kita menganggap proses pemberian pakan ini merupakan sesuatu yang sepele. Karena mungkin sudah merasa terbiasa dan berpengalaman dalam beternak. Sehingga pemberian pakan terhadap ayam terkesal asal-asalan yakni dengan cara memasukan pakan langsung dari karung ke tabung bila diperhatikan banyak pakan yang tercecer dan tentunya kita tidak tahu seberapa besar jumlah pakan yang dibutuhkan oleh ayam. Dengan begitu ayam tidak akan tumbuh dengna optimal, konversi pakan menjadi dingin (FCR- Feed Conversion ration) menajdi tinggi, terlebih lagi tingkat keseragaman ayam akan buruk.

Nah itulah sobat bagaimana pentingnya memberikan pakan secara detal, hati-hati dan merata pada ayam, agar kita mendapatkan hasil yang optimal, semoga bermanfaat yah.

Updated: April 7, 2016 — 10:58 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme