tokoternak.com

tempatnya beternak

Pentingnya Mengatur Luas Lantai Kandang serta Kepadatan Ayam

Pentingnya Mengatur Luas Lantai Kandang serta Kepadatan

Pentingnya Mengatur Luas Lantai Kandang  serta Kepadatan Ayam – Bila pada postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai pemanasan kandang ayam (boarding period), berikutnya kita akan mengetahui beberapa pengaruh ukuran kandang dengan kapasitas atau kepadatan ayam yang akan menghuni ayam tersebut.

Untuk memperhitungkan luas kandang serta kepadatan ayam yang ditampung itu semua tergantung pada bobot ayam yang akan dipanen atau dijual. Dari kesemua itu ada perhitungan yang harus dicermati antara kepadatan ayam berserta pertumbuhannya dengan konversi pakan sampai tingkat kematian ayam tersebut, untuk itu ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh peternak, demi meminimalisir resiko-resiko yang dihadapi apalagi resiko kematian dan berujung kerugian berbentuk rupiah lebih besar.

  • Pastikan peralatan yang dipakai, baik otomatis atau pun manual. Perlu diketahui kandang yang menggunakan perlengkapan otomatis akan memiliki daya tampung yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan perlengkapan secara manual. Darisana sudah kelihatan, tempat minum manual seperti feeder banyak memakan tempat dalam kandang dan tentunya mengurangi ruang kandang.Pentingnya Mengatur Luas Lantai Kandang serta Kepadatan
  • Rutin mengecek keadaan lingkungan (Panas atau dingin) Kandang dengan lingkungan yang berudara sejuk kepadatannya akan lebih sedikit dengan keadaan kandang dengan udara panas.
  • Perhitungkan dahulu tipe kandang yang akan digunakan apakah menggunakan kandang tertutup atau kandang terbuka, bila menggunakan kandang tertutup akan menampung ayam lebih padat bila dibandingkan dengan menggunakan kandang terbuka.
  • Sistem ventilasi yang digunakan. Hal ini erat sekali dengan sistem kandang yang kita pakai. Bila kita menggunakan tipe kandang terbuka maka bisa dikatakan ventilasi yang digunakan pun akan memiliki ventilasi alami, dan tentunya akan mendapatkan asupan udara segar. Nah, bila mana menggunakan kandang tertutup maka harus menggunakan ventilasi buatan berupa exhaust fan.Pentingnya Mengatur Luas Lantai Kandang serta Kepadatan
  • Memilah-memilih kandanga, apakah menggunakan kandang panggung ataukah menggunakan kandang postal, perbedaannya hanyalah kepadatan yang akan ditampung, dan kandang panggung tentu memiliki tingkat muatan ayam yang lebih padat ketimbang menggunakan kandang postal. Maka dari itu cermatlah dan tentunya pastikanlah berapa lama serta berapa besaran bobot ayam yang akan dipanen atau dijual.

 

Itulah beberapa cara agar kita bisa meminimalisir resiko-resiko yang akan dialami jika kita mengambil keputusan tanpa mengatur atau mempertimbangkan segala sesuatunya. Semiga bermanfaat, wassalam.

Updated: April 3, 2016 — 10:58 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme