tokoternak.com

tempatnya beternak

Pentingnya Mengatur Keadaan Litter dan Penerangan

  Pentingnya Mengatur Keadaan Litter dan PeneranganPentingnya Mengatur Keadaan Litter dan Penerangan  – Litter adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan, sebab banyak masalah kalau kita menyepelekan hal ini. Kali ini tokoternak(.)com akan membahas mengenai litter dan penerangan. Biasanya litter digunakan pada jenis kandang postal, mengenai jenis litter yang akan digunakan biasanya ialah sekam dan serutan geregaji. Di Indonesia  pada umumnya, peternak menggunakan litter sekam padi dengan ketebalan biasanya mencapai 10 cm.

Mengenai hal apa saja yang harus diperhatikan dan dijaga dari litter tersebut yakni tingkat kekeringan dan kebersihan litter itu sendiri. Lalu, apa pasalnya bila litter tersebut basah? Bila litter basah maka kandungan ammonia akan meningkat dan menjadi wadah yang baik untuk berbagai penyakit berkembang biak serta membuat bulu menjadi kotor.Pentingnya Mengatur Keadaan Litter dan Penerangan

Bila kita lalai dalam hal mengatur litter ini akan berakibat fatal, selain menumpuknya berbagaimacam penyakit. Litter yang dibiarkan saja basah hingga mengumpal karena jarang dibalik akan berakibat ayam terinfeksi Escherichia coli dan juga batuk yang tak pernah sembuh, dan hal itu juga diikuti dengan melambatnya pertumbuhan seekor ayam atau lebih disering slow growth, tingkat pertumbuhan ayam yang tak seragam, kasus ascites dan yang paling menyeramkan ialah tingkat kematian tinggi.

Maka, alangkah bijaknya bila kita untuk sering-sering membalik litter tersebut guna menjaga agar litter tetap kering, tidak menggumpal selama proses pemeliharaan, dan tentunya  akan berpengaruh pada perkembangan ayam tersebut.

Mengenai penerangan, hal ini juga penting untuk diperhatikan  bila tidak akan berujung pada kerugian secara meteri loh. Standarnya bila kita memiliki kandang berukuran 93 m2 maka perlu menggunakan penerangan berintensitas 0,35-0,50 fc atau bisa disetarakan dengan satu bohlam berkekuatan 150mwatt. Penerangan sendiri sangat berguna untuk ayam apabila malam hari, hal ini untuk memudahkan aktivitas ayam seperti makan dan minum.

Pentingnya Mengatur Keadaan Litter dan Penerangan Pada kasus-kasus sebelumnya banyak ayam mati seketika pada saat mati lampu, hal ini dikarenakan peternak memberikan penerangan pada hampir setiap hari. Untuk mencegah matinya ayam karena lampu mati bisa dilakukan dengan cara dilatih. Waktu yang tepat untuk melatihnya yakni sejak anak ayam memasuk proses pemanasan, nah dari sana rutinkanlah mematikan lampu pada setiap satu jam dalam sehari, dengan begitu ayam tidak akan terkejut apalagi mengalami kematian.

Berikut ini beberapa manfaat pencahayaan/penerangan pada masa pertumbuhan;

  • Kerangka dan jaringan jantung ayam bisa berkembang dengan baik dan sempurna
  • Ayam tumbuh dengan keseragaman yang baik.
  • Membaiknya pertambahan berat badan ayam dalam kurun waktu harian
  • Gelap menjadi waktu di mana saat itu kebutuhan alami dengan begitu ayam terhindar dari stress
  • Konversi pakan menjadi lebih baik dikarenakan saat istirahat energy berubah menjadi daging.
Updated: April 9, 2016 — 4:18 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme