tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenal Program Vaksin

loading...

Mengenal Program VaksinMengenal Program Vaksin – Selama ini, salah satu cara yang sering dilakukan oleh para peternak  untuk mencegah timbulnya penyakit di satu kawasan peternakan ayam.  Untuk masalah program vaksinnya sendiri setiap peternak memiliki baku antara peternakan satu dengan yang lainnya yang digunakan, tapi juga memiliki keberagaman, karena vaksin dibuat berdasarkan keluhan penyakit dan juga wilayah di sekitar.

Vaksinasi merupakan langkah sebagai aktivitas memasukan agen penyakit (bakteri, virus, atau protozoa)yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh ayam, gunanya vaksinasi ini ialah untuk meningkatkan antibody pada ayam dengan begitu ayam emiliki kekebalan tubuh dan tidak gampang terserang penyakit. Sobat, tokoternak, vaksinasi sendiri meliputi beberapa hal diantaranya;

Tipe Vaksin, Cara Melaksanakan Vaksinasi, Faktor-faktor yang harus diperhatikan saat vaksniasi, Menghindari Faktor yang bisa mematikan Vaksin, Perlakuan Pascavaksinasi.

Nah dalam hal ini kita akan membahas secara ringkas beberapa hal yang meliputi program vaksin;Mengenal Program Vaksin

  • Tipe Vaksin, sejatinya vaksin ada dua jenis yaitu vaksin virus hidup atau vaksin yang dilemahkan (Attenuated Vaccine) ialah vaksin ini dibuat dengan cara melemahkan organism aktif sehingga pada tubuh ayam terdapat beberapa kekebalan terhadap penyakit cendrung lebih ringan. Serta vaksin virus yang dimatikan (Killed vaccine) adalah organisme yang dilakukan untuk melakukan vaksin telah dimatikan dan dengan begitu tidak memiliki lagi kemampuan untuk menularkan penyakit.
  • Cara Pelaksanaan Vaksin, bisa dilakukan dengan beberapa cara yakni melalui Tetes Mata, Tetes Hidung, Mulut, Suntik daging, suntik bawah perut sampai air minum dan juga pakan ayam, penyemprotan serta Tusuk Jarum.
  • Faktor yang harus diperhatikan saat Pelaksaan Vaksin, kesuksesan vaksin ini meliputi beberapa factor antara lain; Jadwal Vaksin, Kondisi Ayam, serta Laporan kegiatan vaksin.
  • Menghindari factor-faktor yang bisa menyebabkan vaksin mati, seperti sinar matahari langsung, panas yang berlebih, deterjen, tempat penyimpanan yang tidak sesuai rekomondasi, tercampurnya vaksin antara live dan pelarut dan lain-lainnya.
  • Perlakuan setelah vaksin; memusnahkan semua bekas vaksin, seperti botol dan lainnya sebaiknya direbus bahkan dibakar, dan memberikan vitamin selama 3-5 hari.

Nah, itulah beberapa hal tentang pengenalan program vaksin untuk pelaku usaha peternakan ayam broiler yang sedang sobat tokoternak jalankan, demikian semoga bermanfaat.

Updated: April 15, 2016 — 4:17 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme