tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenal Penyakit Avian Influenza (Flu Burung)

loading...

Mengenal Penyakit Avian Influenza (Flu Burung)Mengenal Penyakit Avian Influenza (Flu Burung) – Hai sobat tokoternak(.)com, lagi-lagi kami tak pernah bosannya untuk memberikan informasi-informasi terkini mengenai pengetahuan tentang permasalahan ternak ayam broiler. Bila sebelumnya kita sudah membahas beberapa penyakit yang sering kali menyerang hewan peliharaan kita sekarang kita pun akan tetap membahasnya, tapi kali ini penyakit yang berbeda yaitu Flu Burung/Avian Influenza.

Sobat tokoternak, virus Al (Avian Influenza) ini bisa dikelompokan menjadi tiga bagian yakni A,B, dan C. namun pada kenyataannya virus yang sering kali menyerang ayam itu adalah virus tipe A. Tahukah sobat, virus ini menyerang ayam pada bagian pernapasan serta sistem saraf dan tingkat kematian ayam ini mencapai 100% sangat tinggi sekali.

Bila dalam satu kawasan peternakan ayam terkena virus ini maka semua ayam harus dimusnahkan sebab itu avian influenza (flu burung) disebut sebagai highy pathogenic avian influenza (HPAI).

Sobat tokoternak, sebagai peternak yang professional kita juga harus mengenali betul-betul bagaimana gejala-gejala ayam yang terkena virus tersebut. Setidaknya ada tiga yang harus diketahui, apa saja?

  • Jengger tampak layu serta di bagian kaki, kepala, dan cuping terdapat bercak akibat terjadinya  perdarahan di jaringan kulit.
  • Ayam yang terserang penyakit ini menyunjukkan gejala penyakit seperti pernapasan seperti batuk, bersin, mata berair, dan terjadi sinusitis.
  • Terjadi pembekakan (edema) di bagian kepala dan muka.Mengenal Penyakit Avian Influenza (Flu Burung)

Yang sobat tokoternank ketahui pula ialah bagaimana cara penyebaran virus ini, virus ini menyebarkan diri dengan cara kontak langsung yang melalui  media seperti udara, pakan, air minum, kendaraan, peralatan, karyawan serta burung liar yang terkontaminasi virus flu burung (Avian Influenza).

Nah sobat lalu bagaimana cara pencegahannya? Menurut ahli pertenakan ada beberapa cara agar ternak kita bisa terhindari dari virus ini diantaranya;

  • Mengisolasi farm yang terinfeksi virus flu burung.
  • Melarang semua peralatan, orang, dan kendaraan lalu lalang ke kawasan/daerah yang terserang.
  • Memusnahkan semua ayam yang terinfeksi.
  • Melakukan vaksinasi. Berberapa jenis vaksin Al yang benar beredar di pasaran adalah afluvet, medivac Al, qilu, optimune AIV dan avimek.
  • Mengistirahatkan farm yang terinfeksi
  • Melakukan sanitasi lengkap.

Sobat tokoternak lalu bagaimana cara menyembuhkan ayam yang sudah terserang virus ini? Untuk saat ini belum ada cara atau obat untuk menyembuhkan  ayam yang sudah terserang virus Avian Influenza (Flu Burung).

 

Nah, sobat tokoternak itulah beberapa pemaparan sedikit mengenai virus Avian Influenza (Flu Burung) tak ada cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan ayam yang terkena penyakit ini yang bisa kita lakukan hanyalah mencegah, mencegah sebelum terserang. Semoga bermanfaat.

Updated: April 28, 2016 — 12:18 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme