tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenal Penyakit Avian Encephalomyelitis

loading...

Mengenal Penyakit Avian Encephalomyelitis Mengenal Penyakit Avian Encephalomyelitis –  Sobat tokoternak(.)com tahukah kalau penyakit ini disebabkan oleh infeksi picornavirus, yang biasa menyerang pada ayam muda dengan usia kitaran 1-3 minggu. Bila dicermati penyakit ini, sama dengan Aspergillosis yang menyerang ayam-ayam muda 1-3 minggu.

Bila dilihat dari gejalanya penyakit Avian Encephalomyelitis sangat berbeda dengan penyakit Aspergillosis, gejalanya bisa dilihat dari dua cara yakini;

  • Terjadi kelumpuhan.
  • Kepala dan leher terlihat bergetar. Gejala tersebut bisa terlihat sejak telur menetas, tetapi biasanya terlihat pada minggu pertama dan ketiga.

 

Sobat tokoternak(.)com, mengenai penyebaran penyakit ini bisa melalui telur tetas yang sudah terkontaminasi dari induk yang terinfeksi AE. Virus dapat berkembang dalam kantong kuning telur embrio ayam tidak memiliki kekebalan induknya. Virus juga terdapat dalam kotoran ayam dan dapat hidup selama empat minggu.Mengenal Penyakit Avian Encephalomyelitis

Sobat tokoternak(.)com, bila pada sebelumnya kita sudah membahas mengenai gejala serta penyebaran penyakit ini, alangkah bijaknya kalau kita juga membahas mengenai cara pencegahannya, agar kita bisa menghindari kerugian yang mendalam baik secara materi maupun yang lainnya.

Baik setidaknya ada dua langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah terserangnya penyakit ini, apa saja?

  • Lakukanlah vaksinasi AE kepada ayam agar memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga DOC yang dihasilkan dapat terhidar dari penyakit ini. Pemberian vaksinnya baik killed atau live merupakan cara yang paling efektif untuk pencegahannya.
  • DOC yang dihasilkan dari pembibitan harus berasal dari induk yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik agar bisa member perlindungan yang baik dari penyakit tersebut.

 

Nah, dari dua langkah di atas sebenarnya kita bisa mencegah agar ayam tidak terserang penyakit ini, sebab bila ayam kita sudah terserang maka sulit sekali untuk diobati, sebab sampai saat ini belum ditemukan juga obat yang bisa menyembuhkan ayam yang terkena penyakit Avian Encephalomyelitis ini, makanya dari itu langkah yang tepat ialah mencegah, bukankah mencegah lebih baik dari mengobati, oke sobat semoga bermanfaat.

 

Updated: April 25, 2016 — 3:20 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme