tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenal penyakit Avian Colibacillosis, gejala dan Penyebaran

Mengenal penyakit Avian Colibacillosis, gejala dan Penyebaran Mengenal penyakit Avian Colibacillosis, gejala dan Penyebaran  – sobat tokoternak(.)com bila mana kita sudah membahas serta mengenal salah satu penyakit yang sering menghinggapi ternak ayam broiler kita. Maka kali ini kami akan membahas sedikit mengenai salah satu jenis penyakit ayam broiler.

Sobat tokoternak tahukah bahwa penyakit ini disebabkan oleh bakteri Eschersichia  Coli, bedanya dengan penyakit Aspergillosis ialah ia menyerang pada ayam semua umur sedangkan penyakit Aspergillosis menyerang pada ayam berumur 3 minggu. Selain itu penyakit ini bisa menyerang baik secara tunggal dan juga penyakit ikutan. Namun, perlu diketahui oleh sobat tokoternak bahwa infeksi penyakit ini sering terjadi pada ayam muda, atau usia di bawah tiga minggu.

Lalu, apa gejala-gejala yang harus ketahui guna menanggulangi sejak dini bila ternak kita terserang penyakit Avian Colibacillosis? Pada  nyatanya ada dua gejala yang harus kita ketahui nih sobat tokoternak.shs1

Pertama infeksi ini meliputi banyak penyakit hjarre’s , coligranuloma, peritonitis, salpaningitis, synovitis dan airsacculitis. Penyakit ini bisa didiagnosis dengan menggunakan tes biologi di laboratorium untuk menguji keberadaan bakteri di dalam kantong kuning telur (yplk sac)

Kedua, ayam yang terserang penyakit ini mengalami sakit parah  (outbreaks) terutama di farm yang standar sanitasinya sangat rendah.

Sobat tokoternak itulah beberapa gejala yang kita ketahui sedini mungkin akan tidak menumbulkan beberapa kerugian, baik secara materi maupun non materi. Nah, setelah kita mengetahu bagaimana gejala-gejalanya, akan lebih bijak kalau kita mengenal bagaimana sistem penyebaran penyakit ini, berikut akan kami uraikan.

Sebenarnya ada beberapa cara penyakit ini melakukan penyebaran sehingga menyebabkan ayam-ayam bisa tertular dan tentunya mengidap penyakit ini, salah satunya mungkin dari kotoran, udara, debu, air serta lingkungan yang sudah terkontaminasi virus bakteri Escherichia Coli ini. Bakteri ini juga bisa ditemukan di telur meskipun induknya normal.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Sesuatu yang sangat mustahil kan? Menurut pakar ternak broiler hal itu terjadi karena ovarian telah terkontaminasi oleh Escherichia coli dan oviduk terinfeksi, dengan begitu kerabang telur terkontaminasi dengan cara penetrasi.

Nah, begitulah sobat tokoternak mengapa dan apa penyebab serta penyebaran penyakit ini pada setiap ternak broiler kita, semoga bermanfaat yah.

Updated: April 24, 2016 — 7:13 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme