tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengatur Ayam Mati dan Kotoran Ayam

loading...

Mengatur Ayam Mati dan Kotoran AyamMengatur Ayam Mati dan Kotoran Ayam – Pada umumnya ayam mati tak begitu diperhatikan oleh para peternak kita, mereka menganggap hal ini sepele. Padahal ayam mati dan kotoran ayam haruslah di tangani dengan serius agar tidak menjadi sumber masalah diusaha peternakan kita. Maka dari itu kami tokoternak(.)com ingin berbagi solusi setidaknya sobat semua mengerti cara menegeman dan menangani terhadap ayam mati serta kotorannya.

Kenapa harus ada pengolahan atau penanganan khusus terhadap ayam yang mati, sebab ayam mati telah  menjadi bangkai, sementara bangkai itu merupakan sumber penyakit dan pencernaan oleh kerena itu kita harus benar-benar memperhatikan pengolaan bangkai ini agar tidak menjadi sumber penyakit dan menular pada ayam-ayam yang lain.Mengatur Ayam Mati dan Kotoran Ayam

Sobat tokoternak(.)com, biasanya ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk menangani ayam-ayam  yang sudah mati, diantaranya mungkin dibakar, oke tak perlu menerka-nerka yah baiknya langsung saja kita bahas tahapan-tahapannya.

  • Diolah menjadi pakan ternak kembali. Sobat tokoternak di beberapa peternakan besar dan modern ada staf khusus yang menangani ayam mati ini hingga menjadi sebuah pakan yang menghasilkan protein untuk hewan ternak lain (animal feed), Ayam yang mati biasanya diproses lebih lanjut menjadi makan ternak seperti pakan anjing (Dog Food), Pakan Kucing (Cat Food), Pakan Ikan (fish food) dan Tepung Daging (meat mill).
  • Dibakar, cara ini merupakan hal yang paling disarankan oleh para pelaku usaha peternakan sebab penyebaran bisa dihindari secara efektif, selain itu hasil dari pembakaran berupa abu bisa digunakan untuk keperluan bercocok tanam sebagai pupuk. Nah, mengenai pakai media apa saja untuk membakar bangkai – bangkai ayam ini? Kita bisa menggunakan kayu bakar, sekam dan terakhir alat pembakar atau sering disebut Incennator.Mengatur Ayam Mati dan Kotoran Ayam
  • Nah, cara yang terakhir yakni menanam bangkai-bangkai tersebut kedalam tanah, cara ini merupakan cara yang paling mudah, namun demikian ada hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan cara ini yaitu kedalam lubang dan jauh dari sumber air, kenapa harus begitu? Jika lubang yang kita gunakan untuk mengubur ayam mati tersebut dangkal bisa menyebabkan aroma busuk disekitar bahkan menjadi sumber penyakit pula. Selain itu akan menjadi sumber pencemaran air bila dikubur di dekat sumber air. Dan tentunya akan menjadi sumber masalah barukan?

Jadi itulah beberapa cara yang harus dilakukan bagi para pelaku usaha ternak terhadap ayam yang mati, agar sekiranya dikelola dengan sebaik-baiknya guna menghindari sumber masalah baik untuk usaha peternakan kita maupun masalah bagi lingkungan sekitar, semoga bermanfaat.

Updated: April 13, 2016 — 11:18 pm

1 Comment

Add a Comment
  1. Bisa ga, dimusnahkan dgn cairan pelenyap gitu ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme