tokoternak.com

tempatnya beternak

Membedah Bangkai Ayam Broiler

Membedah Bangkai Ayam BroilerMembedah Bangkai Ayam Broiler –  Sobat tokoternak(.)com, bilamana sebelumnya kita sudah membahas mengengenai bagaimana cara menghindari ayam stress dan mengotrol darah. Pada postingan kali ini kami akan menyajikan mengenai pembahasan seberapa pentingnya membedah bangkai ayam broiler untuk keperluan mengontrol  atau mendiagnosis suatu penyakit.

Dari hasil diagnosis itu kita bisa mengetahui penyakit/virus yang sedang menyerang ayam-ayam ternak kita, atau yang sedang menyerang kawasan peternakan kita. Untuk melihat ada atau tidaknya penyakit yang menyerang bisa dilihat dari adanya perubahan dibagian organ tubuh.

Oko sobat tokoternak, sekeragn kita akan membahas bagaimana cara membedah bangkai ayam broiler agar mempermudah kegiatan mendiagnosis ayam tersebut. Pertama-tama ayam yang kita curigai sudah terkena penyakit itu dimatikan terlebih dahulu, lalu bagaimana cara mematikan ayam tersebut?images

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mematikan ayam selain yang sudah mati. Begini caranya, mungkin agak terkesan kejam dipandangan sebgaian orang, namun cara ini sebenarnya sudah dikaji, bagiamana caranya agar saat mematikan ayam bisa berlangsung cepat dan tidak menyebabkan ayam menderita.

Pertama yakni memegang kedua pangkal sayap ayam ke arah belakang kemudian dengan tangan lain memegang kepala ayam dengan cara menjepit leher ayam tersebut dengan posisi vertical. Tarik secara berlawanan arah antara tubuh dan kepala  secara bersamaan dengan cepat, cara ini akan mematahkan tulang leher serta tulang spinal.

Mengenai peralatan yang harus dipersiapkan dan digunakan pada saat pembedahan antara lain; pisau bedah, gunting pisau, pinset serta alat memotong tulang. Berikut ini cara membedah.

  • Sebelumnya ada baiknya kalau bulu ayam dibasahi dengan larutan disinfektan agar bulu-bulunya tersebut tidak berterbangan kemana-mana.
  • Ayam diletakan dengan cra bagian punggung di bawah dan posisi kepala mengarah ke luar dari pelaku pembedahan
  • Bila dilakukan dilaksanakan ditempat khusus seper ti dilapangan gitu, maka ada baiknya untuk menggunakan alas yang bersih seperti plastic atau Koran.
  • Langkah selanjutnya memotong kedua kulit paha selanjutnya paha ditekan ke arah atas perut, hingga persendian tulang paha muncul.
  • Kulit dibagian tulang dada dan perut dipotong melintang, tegak lurus dnegan sternum.
  • Amati keadaan otot di sekitar pada dan dada.
  • Memeriksa organ bisa dilakukan dengan cara memotong otot perut, tulang rusuk hingga ke tulang selangkangan, untuk selanjutnya seluruh bagian dada dibuka.
  • Amati semua organ tubuh ayam, mulai dari kantung udara, dan kesuluruh organ lain.
  • Bila ada perubahan pada bagian organ tubuh ayam secara kasat mata, langkahselanjutnya identifikasi dugaan penyakit yang menyerang ayam itu.
  • Langkah selanjutnya guna memastikan peyakit yang menyerang tersebut perlu dilakukan uji pemeriksaan di laboratorium.

 

Nah itulah beberapa cara bagaimana membedah bangkai ayam broiler, semoga bermanfaat.

Updated: April 20, 2016 — 3:58 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme