tokoternak.com

tempatnya beternak

Kesalahan Selama Periode Pemanasan Kandang Ayam

Kesalahan Selama Periode Pemanasan Kandang Ayam  Kesalahan Selama Periode Pemanasan Kandang Ayam – Dalam periode ini, kita tak bisa sembarangan untuk menanganinya, kalau sembarangan bisa berakibat fatal pada pertumbuhan embrio itu sendiri, dan tentu saja akan berakibat pada gagalnya telur itu menetas. Nah, ada baiknya sebelum kita mengalami beberapa kesalahan-kesalahan tersebut akan lebih bijak kalau kita mengenal terlebih dahulu beberapa kesalahan yang sering ditemukan.

  • Waktu pemeliharaan (istirahat) yang kurang cukup, dalam kasus ini, pada dasarnya waktu yang diperlukan untuk pemeliharaan atau istirahat kandang seusai masa panen adalah dua minggu, kenapa demikian? Kenapa tidak dalam waktu yang lebih singkat atau kurang dari dua minggu, atau bahkan lebih lama apabila pada periode sebelumnya ayam tersebut mengalami sakit. karena dikhawatirkan kandang belum steril dari penyakit atau virus. Kesalahan Selama Periode Pemanasan Kandang Ayam
  • Terkadang demi menekan biaya oprasional dari segi pengurangan biaya pemanasan yang seharusnya dikeluarkan ternyata sebuah tindakan yang salah. Intensitas pemanasan sepanjang musim, pada umumnya sama bila merujuk pada jumlah rupiah, jadi pemanasan dikeluarkan bukan berdasarkan kebutuhan ayam pada waktu tertentu. Namun, pada musim penghujan besar biaya pemanasan akan berbeda pada musim panas. Tindakan ini pun berujung pada pertumbuhan ayam tidak merata, bobot badan harian rendah, FCR tinggi dan yang paling fatal yakni tingkat kematian anak ayam akan tinggi.
  • Kesalahan lain yang sering kali ditemukan yakni peternak terlalu cepat menebar DOC pada lingkaran dan mengabaikan kondisi temperature disekitar brooding. Hal ini juga bisa berakibat fatal buat pertumbuhan DOC kenapa demikian? Karena jika DOC mengalami efek kejut atau cool shock maka stimulus dingin itu akan mengunci otak kecil dan lagi-lagi berakibat pada pertumbuhan DOC yang terhambat (slow grow) atau bisa dikatakan stagnan. Dalam kasus ini bisa dilihat dengan ciri-ciri berikut ini; ayam akan mengalami stress dingin dengan tanda bulu kumal, tumbuh bulu, kaki kering, berdiri tegak dan tidak aktif. Di kondisi ini, sering disebut juga dengan istilah sindroma burung puyuh.Kesalahan Selama Periode Pemanasan Kandang Ayam

Jadi sebelum kita memulai usaha ternak ini, ada baiknya kalau kita mengenali dan mempelajari terlebih dahulu beberapa kesalahan-kesalahan dalam kasus pemanasan agar kesalahan yang sudah ditemukan itu tidak terjadi pada kita sehingga bisa mengalami kerugian rupiah yang lebih besar, oke, semoga bermanfaat buat teman-teman peternak lainnya, akhir kata dari kami tokoternak(.)com, wassalam.

 

Updated: April 2, 2016 — 1:41 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme