tokoternak.com

tempatnya beternak

Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Pelaksanaan dan Menghindari Kematian Vaksin

Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Pelaksanaan dan Menghindari  Kematian  Vaksin Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Pelaksanaan dan Menghindari  Kematian  Vaksin – selamat malam sobat tokoternak(.)com. Tahukah bila kita menjalani sesuatu dan menginginkan sebuah kesuksean pastinya memiliki factor-faktor tertentu nah untuk itulah kami akan membahas beberapa factor sebuah kesuksesan dalam menjalankan roda peternakan ayam broiler ini, untuk itu berikut ini beberapa factor yang harus diperhatikan oleh para pelaku peternak.

Melihat kondisi ayam, pertama tentunya ayam harus sehat, memperlakukan ayam secara hati-hati saat melaksanakan vaksin agar ayam terhindari dari stres fisik berlebihan, dan melaksanakan vaksin terhadap ayam haruslah sesuai dengan rekomendasi.

Jadwal vaksin, mengenai masalah ini seorang peternak haruslah mengetahui terlebih dahulu waktu-waktu kapan penyakit biasa menyerang sebelum penyakit itu menyerang, disisi lain umur ayam yan akan divaksin juga harus diperhatikan, Kemudian tanggal rencana melaksanakan vaksin serta jenis vaksin yang akan digunakan.Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Pelaksanaan dan Menghindari  Kematian  Vaksin

Setelah kesemua itu sudah dilakukan ada baiknya seorang peternak membuat pelaporan, baik dari tanggal pelaksanaan vaksin harus dicatat sebagai bahan untuk mengontrol hasil vaksinasi dan adminstrasi. Mencatat semua nomor seri dan nama perusahan tempat kita membeli vaksin agar mempermudah bila masalah dengan vaksinnya, terakhir pelaksanaan vaksin juga perlu dicatat sebab kebanyakan yang gagal vaksin karena kesalahan saat pelaksanaan.

Selanjutnya sobat tokoternak(.)com kita akan ngebahas factor-faktor yang bisa mematikan vaksin, apa saja sih, mari kita simak yuk;

Organisme yang terdapat didalam vaksin bisa saja mati karena tempat penyimpanan serta penangannya kurang baik diperparah lagi bila tidak dilakukan secara hati-hati.

Faktor pertama yakni terpaan sinar matahari langsung, Diterjen serta disfektan, pelaksanan vaksin tidak sesuai dengan prosedur, panas yang berasal dari bara rokok oleh sebab itu para pelaku peternakan agar tidak meroko k saat melakukan vaksinasi.

Saat melakukan pencampuran vaksin live dengan pelarut kemudian dikocok dengan keras hal itu seuatu kesalahan dan bisa menyebabkan vaksin mengalami kematian, bagusnya ketika semua telah tercampur antara vaksin live dan pelarut kocoklah secara perlaha.

Terakhir penyebab kematian organisme dalam vaksin yakni tempat penyimpanan vaksin yang tidak sesuai dengan procedur, sebagai contoh vaksin harusnya disimpan ditempat dengan temperature 4-8oC, tapi yang terjadi dilapangan kebanyakan vaksin disimpan dalam freezer yang bertemperatur dibawah 0oC.

Kira-kira begitulah sobat tentang pemaparan mengenai factor-faktor yang harus diperhatkan serta yang harus dihindari agar pelaksanaan vaksin kita berjalan dengan baik dan kemudian bisa mengantarkan kita pada hasil yang lebih optimal, semoga bermanfaat.

 

Updated: April 18, 2016 — 3:13 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme