tokoternak.com

tempatnya beternak

Apa itu Bisul Penyebab dan Cara Mengobatinya

Apa itu Bisul? Anda pastinya tahu apa itu bisul? Terdapat di kulit, rasanya sakit, seperti bengkak, bulat, namun ada cairan kental di dalamnya. Masalah ini biasanya disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Penyakit ini bisa tumbuh dibagian tubuh manapun. Namun tahukah anda bahwa penyakit kulit banyak macamnya lho. Nah biar jelas, di artikel ini akan kami jelaskan apa itu bisul.

Dalam istilah medis atau kedokteran dinamai dengan abscessus atau furunkel. Lumayan susah juga ya disebutnya. Memang sih istilah kedokteran banyak yang diambil dari nama Yunani jadi ya terasa asing di telinga kita.

Nah abscessus atau furunkel ini ternyata sebuah penamaan untuk infeksi lokal pada kulit dalam. Jadi memang karena ada di kulit dalam, infeksi yang terjadi menyebabkan bengkak. Sakit deh ya, kalau Anda sudah pernah merasakan.

Penyakit ini ternyata bisa menyerang siapa saja lho, bahkan pada bayi sekalipun. Dan ternyata menurut riset, yang paling sering menderita penyakit ini adalah bayi dan juga anak – anak. Ini dikarenakan daya tubuh mereka masih rentan.

Dan parahya ternyata bisul bisa menular juga lho. Karena terjadi oleh kuman yang mengakibatkan infeksi, maka sang kuman ini bisa berpindah-pindah. Contohnya jika digaruk dan tangan orang yang menggaruknya memegang orang lain, maka pindah juga kumannya. Kemungkinan ini bisa dikurangi dengan rajin mandi dan mencuci tangan.

Ciri-ciri Bisul

Gambar Foto Bisul dan PengobatannyaUntuk tahu apakah suatu benjolan dikategorikan sebagai bisu1, Anda harus tahu ciri-ciri nya. Karena jika berbeda penyakit maka akan berbeda pula penanganannnya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri bi5ul yang kami dapatkan dari berbagai sumber :

  • Biasanya terdapat bengkak di area kulit di tubuh
  • Warna bengkak biasanya merah dan juga bernanah
  • Bengkak tersebut akan terasa gatal tetapi sakit ketika digaruk atau bahkan dipegang
  • Ketika nanah sudah keluar biasanya meninggalkan bekas luka yang relative sulit untuk di sembuhkan
  • Bengkak tersebut bisa muncul di bagian tubuh seperti tengkuk, paha, selangkangan, ataupun juga di area ketiak. Di area yang terjadi gesekan biasanya rentan sekali muncul.
  • Ketika bengkak muncul terjadi suhu badan yang kurang enak dan akan mengalami demam dan juga menggigil

Nah bi5ul ini seperti yang dijelaskan di atas bahwa bisa muncul di mana saja, dan ternyata bisa muncul di area yang tak terduga misalnya di kepala dan di ketiak. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai bagaimana penyebab bisu1 ini muncul di kepala atau di ketiak.

Bisul di kepala

Bisul bukan hanya memberi rasa sakit yang luar biasa tetapi sangat mengganggu aktivitas kita apalagi kalo bisulnya itu di kepala. Ya, bisul ternyata bisa tumbuh juga loh di kepala dan anda tentu bisa menebak betapa ganggunya bisul di kepala. Pakai helm, topi, kopiah, ataupun kerudung, akan terasa kurang nyaman jika ada bisul di kepala seperti ini. Bakteri atau kuman yang masuk ke pori- pori akar rambut menimbulkan infeksi pada kulit kepala. Infeksi ini efek buruknya akan mengalami pembengkakkan dan biasanya berwarna merah. Adapun penyebab dari bisul di kepala adalah

  • Adanya bakteri yang menyebabkan infeksi
  • Gigitan serangga, cedera kecil seperti ini akan mudah bagi bakteri masuk kedalamnya
  • Alergi karena zat kimia
  • Gatal gatal di kulit kepala dan terjadi benjolan besar

Bisul di Ketiak

Ketiak adalah bagian tubuh yang sangat retan sekali terkena bisul karena di area ketiak sering terjadi pergesekan dan juga pengeluaran keringat yang sangat banyak. Bukan hanya itu saja, bisul di area ketiak ini bisa terjadi karena folikel rambut yang infeksi di sebabkan oleh peradangan. Rasa sakit yang hebat ketika bisul itu muncul di area ini menyebakan aktivitas terganggu. Penyebab bisul di ketiak adalah sebagai berikut:

  • Ketika mencukur bulu ketiak dengan cara yang salah menyebabkan kulit tertutup dan bulu akan tumbuh ke dalam sehingga menyebabkan bisul yang besar
  • Tidak menjaga kebersihan badan atau tubuh kita
  • Jika terdapat luka di ketiak maka bakteri Stap adalah salah satu pemicu utamanya.
  • Cacar air yang menjadikan kelenjar getah bening, kelenjar ini bisa membentuk benjolan yang cukup besar
  • Mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Sehingga di area timbulnya rambut terjadi peradangan

Bisul pada Anak Anak

Bisul yang sering terjadi atau terkena pada kalangan anak anak ini di sebabkan bukan karena terlalu banyak memakan telur. Secara medis penyebab bisul dikarenakan terlalu banyak mengkonsumi telor itu hanyalah mitos. Bisul ini sebenarnya adalah hampir sama dengan gejala peradangan pada kulit yang berbulu. Mengapa sering terjadi pada anak? karena, anak anak sering beraktivitas. Dan karena sering bergerak maka terjadi gesekan, goresan, ataupun mudah terkena gigitan serangga, dan luka itu akan mudah masuk bakteri bakteri yang nantinya akan membentuk menjadi bengkak merah, bernanah, dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Walaupun bisul itu menurut kita sama-sama saja tapi Menurut medis ada lima jenis bisul yang terjadi pada Anak-anak

  1. Kelenjar keringat atau suka di sebut Abses multiple yakni bisul yang tidak bermata tetapi bergerombol. Bisul ini biasanya muncul dan terdapat di area dahi dan dada, walaupun di area lain bisa juga muncul.
  2. Kelenjar apokrin atau Hidra adinnitis. Jenis yang kedua ini biasanya tumbuh di area ketiak.
  3. Skrofulo derma adalah benjolan getah bening dan biasanya terjadi karena penyakit TBC.
  4. Furunkel losis adalah sejenis furunkel dan berjumlah banyak.
  5. Peradangan pada umbi bakar atau furunkel yang berjumlah satu.

Walaupun menurut dokter atau ahli medis bisul pada anak-anak ini banyak jenisnya tetapi gejalanya hampir sama dengan gejala bisul pada umumnya.

Bisul pada Bayi

Kulit bayi tentu saja berbeda dengan kulit orang dewasa kulit bayi selain halus dan lembut kulit bayi merupakan kulit yang rentan terkena bakteri yang mudah di serap karena ketahanan di dalam tubuh bayi belum cukup untuk melawan bakteri-bakteri yang menghampirinya. Fungsi yang belum sempurna dalam tahap perkembangannya menjadikan daya fungsi komponen komponen membuat bayi mudah dan rentan sekali terserang organisme yakni bakteri, virus, atau jamur. Penyebab bisul yang di derita oleh bayi adalah

  • Pertama, Faktor di dalam diri bayi misalnya alergi. Bayi yang mempunyai alergi sebaiknya harus kita cermati karena terkadang kita tidak tahu bayi itu alergi teradap apa saja, jadi harus jeli. Jadi apa yang menyebabkan alergi pada bayi sebaiknya di hindarkan pasalnya bila anak mempunyai alergi gatal, maka bayi pastinya akan menggaruknya. Dan akibat garukan itulah maka akan terjadi luka dan infeksi. Kalau sudah begini kuman akan masuk dan mengakibatkan bisul.
  • Kedua, Faktor lingkungan misalnya area tempat tidur yang tidak bersih. Karena kalo sampe tidak di bersihkan maka kuman kuman akan menempel dan ketika kulit luka maka kuman tersebut akan masuk kemudian terjadi peradangan dan bisul ataupun minimal terjadi gatal-gatal.
  • Ketiga, Faktor kebersihan yakni misalnya berpakaian yang bahannya kurang menyerap keringat maka akan terjadi perkembang biakan kuman.

Jadi ringkasnya kuman dan bakteri adalah penyebab utama bisul. Tentunya selain pengobatan, pencegahan adalah hal yang utama. Dengan hidup bersih dan rajin maka gaya hidup seperti ini mengurangi kemungkinan terjadinya berbagai macam penyakit termasuk bisul. Namun jika sudah terjadi anda pasti ingin tahu cara mengobat bisul kan? Nah berikut ini penjelasannya :

Cara mengobati Bisul

Banyak cara untuk mengobati penyakit bisul yang pada umumnya masyarakat sudah mengetahuinya. Penyakit bi5ul ini relatif sulit penyembuhannya makanya disini akan di paparkan bagaimana cara mengobati dengan baik dan benar.

Secara garis besar cara mengobati penyait ini ada dua cara, tradisional dan juga modern. Kalau yang tradisional maksudnya cara-cara manual yang bisa dilakukan oleh kita dengan bahan-bahan yang juga biasanya ada di sekitar rumah kita. Adapun cara-cara modern adalah dengan cara-cara yang sudah praktis, yang tadinya kita harus ngulek atau rebus, sekarang sudah tinggal beli di apotik begitu maksudnya

Cara mengobati Bisul secara sederhana

  1. Cuci tangan terlebih dulu
  2. Siapkan air hangat kedalam mangkuk besar pake lap kemudian kompres di area bisulnya ini akan mempercepat kematangannya,mengurangi rasa nyeri dan lebih membantu penyembuhannya. Kurang lebih 15 menit
  3. Jangan menekannya karena bisa memperluas penyebaran bakterinya
  4. Sesudah mengobati bisul maka basuhlah kembali kedu tangan biar terhindar penyebarannya bakteri.

(di bagian bawah artikel ini akan dijelaskan lebih detail mengenai cara memecahkan dan juga cara mengobatinya setelah pecah juga)

Obat bisul Tradisional

Ada beberapa cara pengobatan yaitu diantarnya pengobatan secara tradisional dengan cara pengobatan tradisional ini lebih di yakini aman dan hemat pula biayanya. Karena memakai bahan-bahan yang biasanya sudah ada di dapur atau kulkas, kecuali memang anda tidak punya dapur atau memang jarang sekali masak hehe. Adapun beberapa obat tradisional dan juga cara penggunaanya adalah sebagai berikut :

  1. Daun Asam Jawa dan Kunyit

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu beberapa daun asam jawa dan kunyit secukupnya
  • Kedua, tumbuk atau ulek secara bersamaan daun asam jawa dan kunyit
  • Ketiga, barulah setelah lembut bahan yang sudah diulek tersebut dibalurkan di area bisul.
  • Lakukan hal ini secara berulang sampai kempes
  1. Bawang putih

Obat tradisional selanjutnya adalah Bawang putih. Bawang putih adalah Bumbu dapur yang efektif mengatasi bisul. Kenapa? Karena di dalam bawang putih ini terdapat anti bakteri jadi bisa membunuh bakteri penyebab infeksi.

Cara memakai bawang putih ini sederhana saja, pertama siapkan beberapa suing bawang putih yang tentu saja sudah dibuang cangkangnya, kemudian diulek atau ditumbuk hingga lembut. Terakhir barulah balurkan merata dimana area penyakit berada.

Selain daun asam jawa, kunyit dan juga daun bawang, bahan-bahan lain yang bisa dipergunakan dan disajikan dengan cara diulek adalah mentimun.

  1. Daun ubi jalar

Kalau obat-obat bisul tradisional sebelumnya disajikan dengan cara yang cukup sederhana yaiu diulek. Maka berbeda dengan daun ubi jalar, daun yang memiliki kandungan anti bakteri ini dibakar terlebih dahulu. Hingga agak layu, jangan terlalu lama cukup sampai layu saja, dan kemudian ketika masih hangat tempelkan ke area kulit yang berbisul.

Obat bisul di Apotek

Bagi anda yang ingin yang praktis-praktis saja maka berikut ini adalah beberapa obat bisul di apotek yang bisa anda dapatkan di apotek terdekat. Dan obat modern ini bersifat antibiotic, jadi menghilangkan bakteri dan infeksi.

  1. Ichtyol salep

Obat ini berbentuk salep, jadi bisa langsung dioleskan ke area yang sakit. Obat salep ini terbilang efektif walaupun beraroma agak kurang sedap

  1. Gentamicin

Obat ini ada yang berbentuk salep dan ada juga yang berbentuk krim, jadi tinggal dipilih saja, walaupun sebenarnya sama fungsi dan cara penggunaanya. Gentamicin ini tidak beraroma kurang sedap seperti ichtyol. Jadi bagi anda yang alergi dengan bau yang tidak enak, ya gentamicin bisa jadi pilihan yang tepat. Secara sederhana obat ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bisul.

  1. asam fusidat (fucidic acid).

Asam fusidat adalah antibiotik yangcara kerjanya mirip gentamicin yaitu menghambat berkembang-biaknya bakteri.

  1. amoksisilin

Jika anda sudah pernah mendegar amoksilin, sebagai obat panas atau demam, ternyata obat antibiotic ini ampuh juga loh. Obat ini diminum ya bukan dioles karena berbentuk kapsul bukan salep.

  1. Klindamisin

Obat ini juga diminum dan diminum maksimal 2 kali sehari 1 kapsul. Obat ini memiliki kemampuan yang baik untuk mengobati b1sul karena dapat mengobati nanah dan jaringan lunak dalam tubuh yang terkena infeksi.

  1. Jika obat-obat di atas kurang kuat maka cobalan antibiotik yang punya dosis lebih kuat seperti dicloxacillin atau flucloxacillin.

Yang perlu diingat adalah baca aturan pakainya dan bila perlu konsultasikan dahulu dengan dokter

Cara memecahkan Bisul

Sebenarnya jika cara-cara di atas sudah dilakukan, biisul tidak usah dipecahkan atau dipencet karena sering kali keluar sendiri maksudnya akan terasa tidak sakit dan nanah lambat laun keluar. Namun dalam beberapa kasus, nanah itu berkepanjangan dan perlu dipecahkan ataupun ketika anda melihat ada sebagian nanah yang sudah keluar, maka ia sudah matang, jadi bisa dipecahkan. Nah berikut ini cara memecahkannya dengan aman dan mengurangi rasa sakit.

  1. Siapkan air hangat dan kompres bisull tersebut
  2. Dari cara-cara tradisional yang penulis tahu, untuk memecahkannya bisa dengan memanaskan minyak kelapa dan kemudian dioleskan ke sekitaran yang sakit.
  3. Ataupun memanaskan jarum agar tidak ada bakteri dan kuman, kemudian ditusukan. Ketika sudah ditusukan, panaskan gelas, ataupun sediakan kapas, bakar kapasnya di gelas kemudian dengan segera mungkin tempatkan di area bisul. Nantinya bisul akan terhisap. Cara ini seperti yang dipakai oleh para ahli bekam. Nantinya lambat laun nanah beserta cairan-cairan inti yang menjadi penyebab infeksi akan keluar terhisap oleh gelas tersebut.

Cara Mengobati Bisul yang sudah Pecah

  1. Jika sudah pecah maka hindari infeksi dengan cara tetap mengkompres dengan air hangat dan menjaga kebersihannya
  2. Bisa juga anda mencampurkan cairan anti bakteri untuk menghilangkan bakteri di area penyakit.
  3. Jika penyakit ini terletak di area-area yang sulit dijangkau misalkan di dalam hidung atau di area yang perlu penanganan khusus seperti di belakang telinga. Maka praktisnya anda bisa datang ke puskesmas atau rumah sakit saja untuk mendapatkan penanganan khusus
  4. Hal ini juga berlaku bila ternyata bbisul itu mendapat infeksi yang lebih parah setelah dipecahkan.

Baca Juga: Benjolan di Belakang Telinga yang Berbahaya

Semoga Artikel tentang bisul ini dapat memberikan manfaat bagi Anda dan orang sekitar Anda. Jangan lupa untuk di LIKE dan Share ke media sosial. Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme