tokoternak.com

tempatnya beternak

Pentingnya Penanganan Telur Tetas

  Pentingnya Penanganan Telur TetasPentingnya Penanganan Telur Tetas – Perlu diketahui oleh para peternak, bahwa untuk mengetahui betapa pentingnya tahapan penanganan telur teras ini. Sebab, penanganan telur tetas ini, bisa menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan baik dari fisik maupun kimia dari telur tersebut. Di dalam telur tentu sudah ada embrio yang sedang berkembang, namun hal ini bisa rusak karena kesalahan pengemasan, atau benturan bahkan karena transportasi dan kerabang yang tipis.

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut maka ada tahapan dalam penangan telur tetas tersebut, dalam hal ini, ada beberapa tahap, setidaknya lima tahapan, apa saja?Pentingnya Penanganan Telur Tetas

  • Pengumpulan Telur, Apabila, jumlah induk ayam sudah banyak, maka sebaiknya pemanenan telur bisa dilakukan sebanyak 3 kali sehari. Akan tetapi hal itu bisa berubah menjadi 5 kali sehari, yakni 3 kali pada waktu pagi dan 2 kali pada waktu sore hal ini dilakukan jika suhu sudah melebihi 29,4 o Hal ini dilakukan agar telur tidak terpapar panas dalam waktu yang lama. Disisi lain, hal ini dilakukan agar telur terhindari dari infeksi bakteri.

 

  • Ubah Posisi Telur, Jika telur belum dimasukan kedalam mesin penetas, maka hal yang harus dilakukan ialah mengubah posisi telur, sebanyak 4-6 hari. Kenapa perlu mengubah-ubah posisi telur, karena hal ini dilakukan untuk mencegah agar kuning telur tidak sampai menyentuh kulit telur dan tentunya bisa merusak embrionya.

 

  • (Desinfeksi) Membersihkan Telur, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus membersihkan terlebih dahulu telur sebelum dimasukkan kedalam mesin tetas, namun ingat, membersihkan telur janganlah dilakukan dengan menggunakan kian atau alat-alat yang kasar dan air. Gunakanlah kain yang halus, jika membersihkan telur menggunakan air, maka sebaiknya air tersebut, haruslah dicampuri dengan disinfektan.Pentingnya Penanganan Telur Tetas

 

  • Mengangin-angin, Telur yang dingin akibat penyimpanan, sebaiknya telur tersebut diangin-anginkan dalam suhu kamar, sebelum dimasukan ke dalam mesin tetas. Mengapa perlu dilakukannya mengangin-anginkan telur, sebab strukur kulit telur bisa rusak karena perubahan suhu yang mendadak.

 

  • Penyimpanan, di tahap ini, kelembapan serta suhu lingkungan sangatlah memerlukan perhatian. Bila digambarkan suhu dan kelembapan yang baik untuk telur itu seperti kolong tempat tidur, atau bila dipersentasekan seperti 12,8 o Daya tetas telur akan menurun setelah telur tersebut berumur 7 hari. Oleh karena itu, penyimpanan telur sebelum masuk ke dalam tidak boleh melebih umur tersebut. Jika tidak telur akan memiliki daya tetas yang sangat rendah.

 

Nah, itulah beberapa tahapan penanganan telur tetas ayam, untuk diketahui oleh para peternak, atau pun buat anda yang ingin membuka usaha peternakan ayam. Sekian selamat memcoba.

Updated: March 18, 2016 — 3:02 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme