tokoternak.com

tempatnya beternak

Pengaturan Kelembapan danTemperatur Mesin Tetas Telur Ayam

  Pengaturan Kelembapan danTemperatur Mesin Tetas Telur AyamPengaturan Kelembapan danTemperatur Mesin Tetas Telur Ayam – Pada dasarnya ada dua jenis mesin tetas telur yang sering digunakan oleh para peternak, yakni mesin tetas sederhana manual dan mesin tetas otomatis. Secara modal antara mesin tetas manual dan mesin tetas otomatis memang sangatlah berbeda, mesin tetas manual cendrung lebih murah dibandingkan dengan mesin tetas otomatis.

Sistem kerjanya pun berbeda, pada mesin tetas manual sistem kerjananya masih dilakukan dengan tangan, pengaturan kelembapan telur dilakukan dengan air bak di bawah mesin, sementara sumber pemanasan didapat dari lampu pijar, sementara mesin tetas otomatis, semua sistem kerjanya sudah serba digital.

Nah, lalu bagaimana cara pengaturan kelembapan dan temperature mesin tetas telur ayam dengan menggunakan kedua alat ini, berikut;Pengaturan Kelembapan danTemperatur Mesin Tetas Telur Ayam

  • Mengontrol Kelembapan Mesin Tetas. lakukan hal itu secara hati-hati agar tidak hilangnya cairan telur secara berlebihan, baiknya persiapkan terlebih dahulu 3 hari sebelum menggunakan mesin. Kelembapan yang baik digunakan kira-kira 58-60% atau 28,9 – 30 o diukur dengan thermometer basah atau wet bulb.

 

Cara terbaik untuk mengukur ketepatan kelembapan adalah dengan menerawang kantong udara atau air cell pada hari ke-7, 14 dan ke-17. Apabila kantong udara tampak lebih kecil atau lebih besar dari standar maka perlu dilakukannya pengaturan kelembapan.

Kelembapan yang efektif diruang incubator dapat dilihat dari pecahan kerabang pada saat penetasan. Jika kelembapan terlalu tinggi maka, kerabang akan dipecah dekat ujung telur. Bila proses inkubasi telur dilakukan dengan benar, maka berat telur akan berkurang sebanyak 12-15% selama penetasan. Tapi, hal ini bisa berubah tergantung pada besar kecilnya ukuran tersebut.

  • Memperhatikan Temperatur, Pengecekan temperature memang harus dilakukan secara akurat pada thermometer yang akan digunakan, bila perlu kaliberasi thermometer dilakukan di laboratorium terdekat. Akibatnya bisa fatal jika kesalahan satu derajat saja selama 21 hari. Namun, jika thermometer tersebut menggunakan air raksa, perlu adanya pemeriksaan apakah diantara cairan itu ada celah atau ronggah. Seandainya ada maka thermometer tersebut baiknya tidak digunakan karena sudah pasti tidak akurat.

Pengaturan Kelembapan danTemperatur Mesin Tetas Telur Ayam

Pengukuran thermometer yang benar ialah dengan melihat ujung temometer apakah sejajar dengan puncak telur atau tidak (jika peletakan telur secara horizontal). Suhu yang baik untuk embrio berkisaran 38,9 oC suhu ini sangat cocok untuk embrio. Perlu diingat, janganlah meletakan ujung thermometer itu menyentuh mesin bahkan telur sekalipun Karena hal ini bisa menyebabkan thermometer salah baca.

 

Itulah beberapa cara pengaturan kelembapan dan temperature mesin telur teras ayam, dipostingan berikutnya akan kami sajikan mengenai mesin tetas manual. Terima kasih selamat mencoba.

Updated: March 19, 2016 — 1:51 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme