tokoternak.com

tempatnya beternak

Pengaruh Penempatan Tandon untuk Pertumbuhan Hidroponik

loading...

Pengaruh Penempatan Tandon untuk Pertumbuhan Hidroponik Pengaruh Penempatan Tandon untuk Pertumbuhan Hidroponik – Selamat malam sobat tokoternak(.)com. Seringkali kita melihat dalam rangkaian hidroponik sistem Nature Film Technique (NFT) mau pun Deep Flow Technique (DFT) penempatan tandonnya (wadah larutan nutrisi) di atas permukaan tanah.

Namun, tahukah bahwasanya, penempatan Tandon di atas permukaan tanah itu sedikit kurang tepat. Mengapa demikian? Ini penjelasannya.

Ada pengaruh penempatan Tandon untuk pertumbuhan tanaman hidroponik jika diletakan di atas permukaan tanah, pengaruh tersebut ialah penempatan Tandon sangat mempengaruhi tanaman dalam melakukan respirasi. Tanam yang melakukan respirasi secara normal akan memperlihatkan pertumbuhan yang sangat baik.

Lalu, adakah hubungannya antara penempatan Tandon dengan respirasi tanaman? Jika kita meletakan Tandon di atas permukaan tanah menyebabkan suhu air pada siang hari akan mencapai 26-27 oC, disuhu tersebut akan menyebabkan kandungan oksigen terlarut bisa mencapai 6 – 8 ppm, cukup tinggi untuk tanaman berespirasi secara normal.Pengaruh Penempatan Tandon untuk Pertumbuhan Hidroponik

Bandingkan dengan penempatan Tandon di dalam tanah yang menyebabkan suhu larutan pupuk lebih dingin dan akan sangat membantu tanaman berespirasi, karena bila tangens 2,5 % ditnggian menjadi 5 %, maka aliran akan lebih deras. Panas yang terikat oleh air pun akan melepaskan diri ke udara, dengan begitu suhu pun akan menurun. Hal, ini jauh berbanding terbalik jika kita menempatkan Tandon di atas menara, suhu didalam larutan tersebut akan meningkat, hasil dari semua itu ialah kandungan oksigen terlarut pun akan menurun. Hal, itu akan diperparah jika kita menggunakan pipa PVC (polivinil Klorida) penyaluran nutrisi ke instalasi yang terbuka dengan sorotan matahari menambah tingginya suhu larutan.

Nah, apa peran oksigen dalam pertumbuhan tanaman hidroponik?

Hal ini jelas kita ketahui bersama, pengaruh penempatanan Tandon untuk pertumbuhan hidroponik. Penempatan Tandon yang benar akan mempengaruhi kandungan oksigen apalagi factor sorotan matahari terhadap tando tersebu, sebagaimana kita ketahui, Oksigen sangat berperan pada proses respirasi.Pengaruh Penempatan Tandon untuk Pertumbuhan Hidroponik

Proses respirasi tanaman ialah proses perombakan gula (karbohidrat) hasil fotosintesis dan hasil akhir dari proses respirasi yaitu terbentuknya ATP yang merupakan sumber energy utama bagi tanaman untuk melakukan semua kegiatan seperti, transpirasi, transportasi, pembelahan sel, absorbs, pembunggan hingga fotosintesis. Adapun penggunaan oksigen ialah untuk digunakan di mitokondria untuk membantu menghasilkan adenosine trifosfat (ATP) selama fosforilasi oksidatif.

Nah, bagi sobat tokoternak(.)com yang saat ini masih meletakan Tandon hidroponiknya di atas permukaan tanah, yuk benahi. Selamat mencoba.

 

Updated: March 3, 2016 — 4:44 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme