tokoternak.com

tempatnya beternak

Pengaruh Kecil dan Besarnya Rongga Udara

Pengaruh Kecil dan Besarnya Rongga Udara Pengaruh Kecil dan Besarnya Rongga Udara – sering matinya embrio itu karena ada beberapa factor dan salah satunya adalah rongga udara, jika rongga udaranya besar atau malah kekecilan akan berdampak pada keselamatan embrio, apalagi ini masalah pernapasan yang sangat rentan dalam keberlangsungan hidup embrio telur ayam. Nah, berikut ini beberapa penyebab kenapa rongga udara bisa terlalu kecil.

  • Pakan, lagi-lagi sangat mempengaruhi dalam pertumbuhan embrio, yang disebabkan mengecilnya rongga udara. Ayam biasanya hanya diberikan pakan dedak serta nasi aking, hal ini menyebabkan ayam tersebut mengalami kekurangan protein, vitamin dan mineral dengan begitu menyebabkan rongga udara menjadi kecil.
  • Salah satu penyebabnya bisa juga karena suhu kelembapan dalam ruang penetasan yang terlalu tinggi sehingga uap air di ruang penetasan menembus dinding telur tersebut. Dengan begitu jika volume air masuk otomatis akan mengurangi rongga udara, dan tentu saja membuat rongga udara itu mengecil.Pengaruh Kecil dan Besarnya Rongga Udara
  • Ukuran telur bisa jadi penyebab kenapa kecilnya rongga udara, mari kita simak. Telur dengan ukuran massa yang terlalu besar akan merubah bentuk telur tersebut menjadi lonjong atau bulat, jika bentukny sudah begitu maka membuat porsi rongga udara menjadi tidak proposional, jika terjadi maka telur yang terlalu lonjong dan bulat harus segera disotir.

 

Rongga Udara Terlalu Besar, untuk memastikan bahwa rongga udara tersebut sudah terlalu besar atau kecil maka bisa dilihat dari ruang kantong udara, bila ruang tersebut ukurannya sudah mencapai sepertiga tinggi telur maka bisa dikatakan rongga udara telur tersebut sudah besar. Lalu apa penyebab rongga telur tersebut bisa mengecil.

  • Lagi-lagi masalah kelembapan di ruang mesin tetas harus sangat diperhatikan, jika terlalu lembap akan membahayakan embrio itu. Nah, bila kerendahan bisa membahayakan juga jadi kelembapan di ruang tetas telur tersebut harus benar-benar dijaga sesuai dengan standar yang berlaku.
  • Volume massa telur terlalu kecil, jika pada sebelumnya kita sudah membahas penyebab kenapa rongga udara bisa kecil karena disebabkan massa telur yang terlalu besar, disini penyebabnya juga kerena masa telur terlalu kecil, ini artinya hal ini sama penting dalam menjaga kelembapan ruangan tetas telur, harus pas.

Itulah beberapa factor pengaruh mengapa bisa terjadi besar kecilnya rongga udara, yang akan mengancam keselamatan embrio telur tersebut, semoga bermanfaat.

 

 

Updated: March 26, 2016 — 4:20 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme