tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengulas Mesin Tetas Telur Otomatis

Mengulas Mesin Tetas Telur Otomatis

Mengulas Mesin Tetas Telur Otomatis – Jika pada postingan sebelumnya kami sudah membahas mengenai mesin telur teras manual sederhana dan cara pengoperasiannya, maka dalam postingan kali ini, kami akan membahas juga mengenal mesin telur tetas otomatis. Prinsip kerja mesin tetas telur otomatis dan manual sederhana sebenarnya sama saja, akan tetapi ada yang sedikit berbeda, jika mesin telur teras manual sederhana itu masih banyak campur tangan manusia, nah di mesin tetas otomatis itu berbanding terbalik, alias tidak ada campur tangan manusia.

Menggunakan mesin tetas telur otomatis itu, bisa meminimalisir semua factor yang bisa merusak telur tersebut. Akan tetapi masih banyak hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan mesin tetas telur otomatis.

  • Kelembapan, Bila pada mesin tetas telur manual untuk mendapatkan kelembapan dengan cara meletakan air dibawah rak telur, nah di mesin otomatis ini tidak seperti itu. Kelembapan diatur dengan menggunakan digital higro-controller. Jika kelembapan berkurang maka secara otomatis akan berbentuk kabut uap air di mesin. Tapi, jika kelembapan berlebih maka secara ototmatis pula kabut akan dikurangi berdampak kelembapan menurun.

 Mengulas Mesin Tetas Telur Otomatis

  • Pemutaran telur, untuk masalah ini, kita tidak perlu direpotkan memutar telur, kerena menggunakan mesin tetas telur secara otomatis ada program yang mengatur semua melalui timer digital sehingga telur diputar secara otomatis oleh mesin.

 

  • Ventilasi, pada mesin tetas telur manual, ventilasi keluar masuknya udara didapat dengan cara membuat lubang di kotak mesin tetas telur. Namun, pada mesin tetas telur otomatis, ventilasi dilakukan melalui mekanisme, inlet-outlet yang merata ke seluruh ruangan.

 

  • Umumnya, Pemanasan setiap mesin tetas telur modern (otomatis) menggunakan elemen nikelin. Tapi, mesin ini dapat juga menggunakan pemanasan lain yang bersumber pada gas elpiji, minyak tanah, panas sinar matahari, sampah kayu mebel dab lain-lainnya. Penggunaan kombinasi sebagai sumber panas itu semua tergantung dari harga masing-masing yang mana bisa menguntungkan sebuah perusahaan peternakan.

 

  • Ruangan Mesin tetas otomatis, terdapat pemisahan antara ruang inkubasi (setter) dan ruang penentasan (hatcher) kedua ruangan itu tidak berbeda secara fisik akan tetapi yang membedakannya hanyalah bentuk rak telurnya. Di dalam incubator rak telurnya dilengkapi dengan pemutar telur otomatis.

Kira-kira begitulah gambaran mengenai mesin tetas telur secara otomatis, semoga dengan artikel ini bisa menjadi rujukan buat para pelaku peternak ayam, sebelum membuka usaha ternak ayamnya. Selamat mencoba.

 

Updated: March 21, 2016 — 2:56 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme