tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenali Daya Tetas Telur Ayam

Mengenali Daya Tetas Telur  Mengenali Daya Tetas Telur Ayam – Bagi seorang peternak mengenali daya tetas telur itu sangat penting guna mendapatkan kualitas telur yang baik serta ternak ayam yang unggul. Telur yang berkualitas bisa dilihat dari nilai indeks telur. Dimaksud indeks telur yakni perbandingan lebar maksimal dan tinggi maksimal.

Jika dalam bentuk persentase kira-kira 74% itu artinya daya tetas paling tinggi dan dilihat bentuk telur tersebut jangan terlalu bulat dan jangan terlalu lonjong. Untuk mendapatkan telur yang berkualitas harus dari induk yang juga berkualitas, kalau pun ingin mendapatkan indukan yang berkualitas maka harus dipelihara sebaik mungkin.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai ini, alangkah lebih baiknya kalau kita, mengenali dulu beberapa hal yang mempengaruhi daya tetas telur tersebut diluar porses penetasan.

Pertama ialah Sistem Pemeliharaan Induk, disini pun masih terbagi dua tahapan yakni – Indukan Betina, jika peternak ingin mendapatkan indukan yang baik maka harus memenuhi beberapa persyaratan berikut ini, Umur Induk Ayam, untuk mendapatkan DOC yang berkualitas maka disarankan agar induk ayam berumur kurang dari 25 minggu, serta tak kurang dari 55 minggu.

Mengenali Daya Tetas Telur

 

Kenapa demi kian? Ketika umur indukan masih terlalu muda (kurang dari 25 minggu) maka telur yang dihasilkan terlalu kecil, massa makanan untuk embrio tidak akan mencukupi, kalau terjadi hal seperti itu, maka DOC yang dihasilkan pun tidak baik alias DOC kerdil atau terganggu tumbuh kembangnya.

 

Sebaliknya jika induk ayam sudah leboh dari umur 55 minggu, kerabang telur itu tipis menyebabkan air mudah masuk bercampur dengan bakteri. Disana akan terjadi proses pembusukan oleh bakteri mengakibatkan timbunan gas dan telur akan meledak tidak jadi menetas.

 

Suhu Kelembapan Lingkungan, Jika ditelisik lagi, suhu yang ideal untuk seekor indukan ayam itu berkisar 28 oC jika lebih sekitar 32-33o C maka bisa dikatakan suhu tersebut sudah tidak bagus lagi.

Mengenali Daya Tetas Telur

Alangkah bagusnya kalau ditempatkan di penyimpanan cold storage dengan suhu 13 – 18o C. Di daerah tropis menyebabkan meningkatnya kelembapan, putih telur pun mudah encer serta menyebabkan tali pengikat kuning telurnya mudah putus. Di daerah tropis, malah disaat musim hujan justru daya tetas telur lebih baik, bahkan bisa mencapai 80 %.

 

Cahaya atau Sinar Matahari, Induk ayam sangat membutuhkan sinar matahari setidaknya 16 jam perhari, dengan kekuatan 0,5 foot candela atau setidaknya 4 watt sampai di mata. Cahaya 16 jam ini, berfungsi untuk merangksang hormon di hipotalamus supaya bekerja.

 

Selain itu hormone akan mengentak FSH (Folice Stimulang Hormon) bekerja untuk melepaskan sel telur. Sementara itu ruang penyimpanan telur baiknya ditempat yang lembap dan dingin, dan tidak disarankan ditempat yang panas. Nah tempat-tempat yang baik untuk penyimpanan telur jika dikondisikan seperti kolong tempat tidur.

 

 

 

 

Updated: March 14, 2016 — 10:07 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme