tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenal Jenis dan Bentuk Pakan Ayam

Mengenal Jenis dan Bentuk Pakan AyamMengenal Jenis dan Bentuk Pakan Ayam sangat penting untuk diketahui bagi kamu yang ingin membuka peternakan ayam. Nah, untuk itu ada tiga bentuk pakan ayam yang harus diketahui, berikut ini bentuk pakan ayam. Memang sebelum kita membuka peternakan ada baiknya kalau kita mengenal bentuk dan jenisa pakan, sebab pakan adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam sebuah pekernakan, guna menunjang pertumbuhan ayam-ayam tersebut.

Ternyata bentuk pakan ayam pun memiliki fungsi-fungsi tersendiri, sesuai umur dan ukuran ayam tersebut.

  • Butiran Kecil (fine crumble), untuk ukuran ini biasanya para peternak diberikan kepada anak ayam yang kecil hingga berumur 2 minggu.

 

  • Butiran Panjang (Pellet), ukuran pellet ini tergantung dari diameter alias cetaknya di feed mill. Bentuk pellet ini biasanya dikonsumsi oleh ayam yang berusia 3 minggu.

 

  • Butiran atau remahan (crumble), bentuk lebih umum digunakan oleh para peterĀ  nak ayam komersial di Indonesia.Dedak pollard

 

Mengenai masalah jenis-jenis pakan ini juga penting untuk diketahui oleh kita yang ingin membuka peternakan ayam broiler. Berdasarkan urutannya jenis makan ayam terdiri dari empat tahapan yakni; prestarter, starter, grower, dan finisher. Untuk penggunaannya jenis pakan ayam, itu semua tergantung pada kebijakan peternak sendiri. Biasanya mereka menetukan jenis pakan apa saja yang akan digunakan tergantung dari umur dan berat badan ayam yang akan dipanen.

Kita ambil contoh, misalkan perternak tersebut ingin memanen ayamnya berukuran kecil hingga sedang maka mereka akan memberikan pakan menggunakan program dua-tiga jenis pakan. Dan apa bila ingin dipanen berukuran besar atau lebih dari 2 kg biasanya para pekernak akan memberkian pakan dengan program tiga-empat jenis pakan.index

Lalu, jika kita tidak bisa memenuhi program jenis pakan tersebut bagaimana? Nah pada umumnya para peternakan ayam broiler komersil di Indonesia, mereka hanya menggunakan dua jenis pakan. Bahkan ada pula yang hanya memberikan jenis pakan starter saja sampai masuk masa panen. Semua itu tergantung dari kebijakan peternakan itu sendiri.

Berikut ini kami paparkan table pemberian pakan berdasarkan program tiga jenis.

 

Jenis Pakan Rencana Ayam akan Dipanen
Program Dua Program Tiga
Prestarter (1-14 hari) (1-14 hari)
Starter 1-21 hari 1-14 hari
Grower 22 hari-dijual 15-39 hari
Finisher 40 hari jual

 

 

 

Updated: March 6, 2016 — 3:19 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme