tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengenal dan Mengelola Mesin Tetas Telur Manual Sederhana

Mengenal dan Mengelola Mesin Tetas Teluer Manual SederhanaMengenal dan Mengelola Mesin Tetas Telur Manual Sederhana – U  ntuk menggunakan mesin tetas baik yang manual sederhana dan mesin tetas yang otomatis, ada baiknya kalau kita mengetahui terlebih dahulu skala peternakan yang akan kita buka. Jika pun skalanya masih menengah kebawah ada baiknya. Jika modal kita kecil dan hanya ingin bermain bisnis ini dengan skala kecil maka baiknya untuk menggunakan mesin tetas manual sederhana saja, karena menggunakan mesin tetas otomatis akan mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

Maka, sebelum menggunakan mesin tetas sederhana alangkah baiknya jika kita mengetahui dulu, unsur-unsur yang terkandung di dalam mesin tetas sederhana tersebut;Mengenal dan Mengelola Mesin Tetas Teluer Manual Sederhana

Mesin tetas sederhana dapat dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana pula, yang tak memerlukan biaya yang terlalu mahal. Misalkan seperti; Kardus, Styrofoam bekas vaksin, Galon air, dan Tripleks. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola mesin tetas.

  • Sumber Panas, untuk mendapatkan sumber panas dalam mesin tetas sederhana bisa di dapat dari lampu pijar atau elemen kawat nikelin yang dialiri listrik. Arus listrik yang digunakan pun berupa arus listrik bolak-balik yang berkekuatan AC 220 volt atau 110 volt atau pun arus listrik searah (DC 12 volt).
  • Kelembapan, untuk menjaga kelembapan di dalam mesin tetas sederhana bisa didapat dari air yang diletakkan di bawah rak telur.
  • Pengatur Temperatur (Termoregulator), untuk pengukur temperature dalam mesin tetas sederhana maka bisa menggunakan termosat yang bisa dibeli di toko eletronik.Mengenal dan Mengelola Mesin Tetas Teluer Manual Sederhana
  • Operasi, untuk mengetahui mesin tersebut beroperasi atau tidak, maka alangkah baiknya kalau dilakukan pengecekan suhu setelah mesin dinyalakan selama 6 jam. Jika baik dalam waktu tersebut seharusnya suhu mencapai 38o C secara konstan.
  • Ventilasi, di mesin tetas sederhana hal ini mutlak sangat dibutuhkan sebagai pernapasan embrio, sebab itulah mesin tetas sederhana haruslah dilubangi kecil-kecil disetiap sisi.
  • Peletakan Telur, baik mesin tetas manual sederhana serta mesin tetas otomatis, peletakan yang terbaik ialah secara horizontal, dengan pembalikan sebesar 180 derajat.
  • Jika pada telur ayam bebek yang bisa sehari ketika baru masuk incubator berbeda dengan ayam kampong minimum setelah 5 hari di dalam incubator, perbedaan ini disebabkan karena kondisi krabang telur yang berbeda tebal dan tipisnya tidak sama.

Nah, itulah beberapa langkah dalam pengelolaan mesin tetas telur manual sederhana yang perlu untuk kita ketahui bersama, selamat mencoba.

Updated: March 20, 2016 — 7:33 am

1 Comment

Add a Comment
  1. Cukup baik informasi ini untuk pemula. dimanakah saya bisa mendapatkan contoh mesinnya dan berapa harga yang telah jàdi. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme