tokoternak.com

tempatnya beternak

Mengatur Formulasi Pakan Ayam

  Mengatur Formulasi Pakan AyamMengatur Formulasi Pakan Ayam – Ayam memiliki kebutuhan pakan yang berbeda-beda, hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan, strain ayam, umur ayam, temperature lingkungan serta yang terakhir adalah konsumsi harian. Kenapa demikan, karena untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan ayam itu sendiri. Ingat! Pakan yang baik ialah pakan yang mengandung semua nutrisi untuk berimbang sesuai dengan kebutuhan ayam. Untuk semua itu perlu kita ketahui bersama ialah komponen-komponen yang harus dipertimbangkan ketika kita hendak membuat nutrisi.

Pertama, Kandungan Nutrisi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, nutrisi pada ayam memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda, dan pada umumnya, semakin bertambah umur seekor ayam maka akan semakin berkurang pula kebutuhan nutrisinya.

Kedua, Perhitungan Biaya. Biaya harus benar-benar diperhatikan disini, agar tak ada dana yang keluar sia-sia. Perlu diketahui, pakan yang ideal ialah pakan yang akan menghasilkan produksi secara maksimal dan tentunya dengan biaya serendah-rendanya. Oleh sebab itulah, biaya yang diperlukan setiap unit produksi harus benar-benar diperhitungkan, berdasarkan bahan-bahan yang akan dipergunakan.Mengatur Formulasi Pakan Ayam

Ini adalah beberapa langkah yang harus diambil sebelum membuat pakan;

  • Seorang peternak harus sesegera mungkin menentukan bahan baku yang akan digunakan serta kandungan nutrisi didalamnya.
  • Seorang pekernak, harus mengetahui ketentuan nutrisi yang diperlukan oleh ayam berdasarkan umur, strain, dan lingkungannya.
  • Seorang Peternak juga harus jitu, sebelum menggunakan pakan ternak, usahakan menggunakan pakan ternak yang paling murah serta kualitas terbaik.
  • Seorang peternak juga harus pandai memenejemen, apabila harus menentukan biaya alternatif bahan baku yang akan digunakan untuk menyusun pakan.

 

Ketiga, Metode Formulasi Pakan Ayam. Masalah penggunaan metode ini, ada beberapa jenis metode yang harus peternak ketahui, dimulai dari metode segiempat, metode coba-coba, metode persamaan simultan, metodek matriks 2×2 serta menggunakan computer.

 

Dalam kesempatan kali ini, kami tokoternak(.)com, hanya akan membahas metode segiempat saja, sebab metode ini ialah metode penyusunan pakan yang paling sederhana. Apalagi, metode ini hanya berdasarkan satu pertimbangan nutrisi saja, yang menjadi patokan, dan biasanya protein, berikut contohnya;Mengatur Formulasi Pakan Ayam

 

Sebelum membuat marilah kita mempersiapkan bahan terlebih dahulu;

  • Bahan pokok yang digunakan ialah jagung dan konsentrat.
  • Protein yang diinginkan dala pakan sebanyak 20%.
  • Jagung mengandung protein sebanyak 9 % sedangkan konsentrat mengandung protein sebanyak 42%.

 

Tahap pengerjan.

  • Awalnya kita menggambar segiempat lalu letakkan angka 20 ditengah kotak, sebagai kandungan protein yang diinginkan.
  • Tulis disudut kiri atas “konsentrat” beserta kandungannya 42. Kemudian tulis juga disudut kiri bawah segiempat “jagung” berikut kandungan proteinnya 9.
  • Tarik garis secara diagonal di dalam segiempat, selanjutnya catat angka di bagian sisi kanan segiempat sebagai berikut. Ujung kanan atas iala angka yang menunjukan jumlah bagian konsentrat, yaitu sebanyak 11 bagian konsentrat dengan satuan berat (angka tersebut diperoleh denganc ara 20-9=11. Ujung kanan bawah menunjukan jumlah bagian jagung yaitu sebanyak 22 jagung dengan satuan berat angka, yang diperoleh dari 42-20= 22.
  • Untuk menghitung persentase jagung dan konsentrat bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini, persentase jagun sama dengan bagian jagung dibagi dengan total bagian bahan pakan dan dikalikan 100%. Pun begitu juga ketika kita ingin menghitung persentase konsentrat.

 

Nah, kira-kira begitulah cara mengatur Formulasi Pakan Ayam, yang sangat penting diketahui oleh semua peternak ayam. Salam, selamat mencoba.

Updated: March 7, 2016 — 3:45 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme