tokoternak.com

tempatnya beternak

Klasifikasi Nutrisi Ayam

Klasifikasi  Nutrisi Ayam Klasifikasi Nutrisi Ayam – untuk mendukung pertumbuhan ayam ternak kita maka, ada hal yang harus diperhatinkan beberapa nutrisi yang terdapat pada pakan ternak. Guna menjaga keseimbangan pertumbuhan ternak ayam. Ada pun nutrisi tersebut sebagai berikut.

  1. Energi

Seperti halnya kita manusia, ayam pun membutuhkan energy untuk semua aktivitasnya misalkan gerakan jantung, transmisi rangsangan saraf, menjaga tekanan darah serta otot, hingga proses produksi telur.

 

Sementara itu untuk menghasilkan energy yang dibutuhkan ayam semua berasal dari pakan yang disediakan. Komponen nutrisi yang terdapat pada pakan ayam terdiri antara lain; lemak, karbohidrat dan protein. Jenis pakan ayam yang banyak mengandung karbohidrat adalah jagung, gandum dan dedak.

 

Apa efek buruknya jika ayam ternak kita mengalami kekurangan energy? Pertama pertumbuhan ayam akan terhambat, kehilangan jaringan tubuh dan terakhir produksi telur dan daging ayam rendah. Factor lainnya yakni stress.

Klasifikasi  Nutrisi Ayam

  1. Lemak

Lemak terdiri dari tiga elemen seperti Karbon, hydrogen, dan oksigen. Dialam komponen lemak yang paling besar ialah kandungan hydrogen dan karbon dibandingkan dengan kandungan karbohidrat. Dengan begitu panas yang dihasilkan dari lemak mencapai 2,25 kali dari karbohidrat. Disetiap pakan ayam lemak memiliki porsi lebih sedikit, fungsi lemak pun sebagai sumber energy dan panas untuk ayam. Selain sumber dari energy dan panas ternyata lemak pun memiliki fungsi sebagai pelarut vitamin A,D,E dan K, disisi lain fungsinya ialah sebagai penambah nafsu makan ternak ayam kita.

 

  1. Mineral

Dalam kebutuhan pakan ternak ayam, mineral sangat dibutuhkan dengan porsi-porsi yang tepat dan berjumlah cukup, sebab ayam tidak bisa menghasilkan mineral sendiri. Ada pun jumlah mineral yang sangat dibutuhkan dalam jumlah besar yakni; fostor, kalsium, kalium, natrium, dan klor. Untuk pembentukan tulang ayam fostor dan kalsium sangat diutamakan. Sementara natrium dan kalium sangat berfungsi sebagai penyeimbang asam basah di tubuh ayam.

 

Disisi lain ayam juga membutuhkan mineral yang sedikit disetiap porsi pakannya, walau sedikit namun sama pentingnya dalam kebutuhan ayam karena berfungsi sebagai enzim dan hormon.

 

  1. Vitamin

Tahukah? Bahwa saat ini vitamin sintentis lebih digemari karena standar kualitas dan stabilitasnya lebih baik dari pada vitamin alami. Akan tetapi vitamin-vitamin tersebut efektifnya sama dengan vitamin yang berasal dari sumber-sumber alami.

Perlu diketahui juga bahwa adanya vitamin dalam bahan pakan ternak ayam bisa menjamin defesiensi suatu vitamin tidak akan muncul disebabkan ada factor lain. Berikut ini beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh ayam berumur 0-21 hari;

 

Vitamin A (IU) 1.500, D3 (IU) 200, E 10, K 0,5 , Tiamin 1,6, Riboflavin 3,6, Asam Pantotenik 10,0 dan lain-lain.

 

  1. Protein

Ayam jantan memerlukan proten lebih banyak dibandingkan dengan ayam betina. Disisi lain, kebutuhan protein akan berkurang sesuai bobot badan ayam serta bertambahnya umur ayam tersebut.

 

Oh ya, apa itu protein? Protein adalah bahan organic yang tersusun secara komplek terdiri dari asam amino yang memiliki sifat berbeda. Sementara kandungan protein itu secara garis besar terdiri dari oksigen, hydrogen, karbo dan nitrogen. Namun, biasanya juga ada unsur fostor dan sulfur.

 

Disetiap penyusunan pakan, protein yang tergambar tersebut merupakan protein kasar yang bisa diidentifikasikan dengan cara mengetahui unsure nitrogen yang terkandung dalam pakan ternak.

 

Selain kelima suplemen nutrisi yang dijelaskan di atas, ayam broiler juga membutuhkan suplemen nutrisi yang lain seperti antibiotic, antioksidan, koksidiostat, xanthophylls, serta rasa buatan. Nah, begitulah sobat tokoternak(.)com, semoga bermanfaat.

Updated: March 5, 2016 — 12:33 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme