tokoternak.com

tempatnya beternak

Kiat-kiat Sukses Menetaskan Telur Ayam

  Kiat-kiat Sukses Menetaskan Telur AyamKiat-kiat Sukses Menetaskan Telur Ayam – Pada dasarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar bisa sukses menetaskan telur ayam, langkah ini sebenarnya sangat sedehana hal itu bisa diliahat bagaimana cara peternak bisa mengkondisikan mesin tetas seperti alami induk ayam yang mengerami telur.

Langkah –langkah tersebut terdiri dari beberapa bagian yakni; Kestabilan suhu dan Kelembaban namun kali ini kami tokoternak(.)com hanya akan membahas mengenaik kestabilan suhu. Kesuksesan menetaskan telur bisa ditentukan bagaiaman sikap disiplin dalam memutar telur agar kestabialan posisi kuning telur terjaga dari pengaruh gravitasi bumi.

Kenapa pentingnya menjaga kestabilan itu penting, kalau pun kestabilan tidak terjadi maka telur tidak akan menetas dan kalaupun telur menetas DOC yang dihasilkan akan mengalami cacat.Kiat-kiat Sukses Menetaskan Telur Ayam

Kestabilan Suhu terdiri dari dua prinsip pertama suhu alami Saat pengeraman dan suhu akurat dalam mesin tetas.

  • Suhu Akurat dalam mesin tetas, jika kita ingin suhu kepanasan akurat maka para peternak bisa melakukan sensor panas saat induk ayam sedang mengerami telur. Berdasarkan pengamatan, suhu yang diperlukan saat penetasan selalu meningkat, sesuai masa pengeraman tersebut.

 

Mengenai kapan waktu yang tepat untuk mengontrol (pengecekan ) suhu di mesin tetas sederhana? Yakni pada waktu-waktu ini; pukul 07:00, 11:00, 16:00 dan 21:00. Namun, para peternak harus benar-benar memperhatikan beberapa waktu tertentu seperti pada pukul 11.00 dan pukul 14.00 karena pada waktu tersebut sering terjadi flukulasi suhu hingga 2o C. Kemudian pada pukul 07.00 dan 21.00 peralihan suhu dari dingin kepanas.

 

  • Suhu Alami Saat Pengeraman, biasanya pada proses pengeraman induk ayam akan selalu bergerak pada 5-6 jam pengeraman pertama. Kenapa demikian, ayam akan selalu bergerak dan bergeser setidaknya kurang dari lima jam.Kiat-kiat Sukses Menetaskan Telur Ayam

 

Karena jika masih terlalu panas, telur-telur yang dieram oleh induk ayam akan dibalik oleh kepala dan lehernya, proses pembalikan telur yang dilakukan oleh induk ayam ini bertujuan untuk meratakan suhu dan melawan gaya gravitasi, sehingga posisi embrio tetap terjaga dengan baik, pembalikan biasanya dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

 

Demikianlah mengenai kiat-kiat sukses menetaskan ayam telur, jika para peternak terus-terusan memperhatikan masalah suhu pada saat induk mengerami telur, hal ini dilakukan guna mendapatkan hasil DOC yang terbaik. Selamat mencoba

 

 

Updated: March 11, 2016 — 12:15 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

tokoternak.com © 2015 Frontier Theme